Wow... UNAI Terapkan Proses Pembelajaran “Hybrid Learning” Apa Itu? Cek di Sini

Wow... UNAI Terapkan Proses Pembelajaran “Hybrid Learning” Apa Itu? Cek di Sini

Jul 28, 2021, 5:36 AM

BANDUNG. Hopechannel.id || Universitas Advent Indonesia (UNAI) Bandung akan menerapkan proses pembelajaran berbasis “Hybrid Learning” untuk kegiatan pembelajaran pada semester ganjil Tahun Ajaran 2021/2022. hal ini diungkapkan oleh Dekan Fakultas Teknologi Informasi Universitas Advent Indonesia Dr. Andrew F. Pakpahan, M.T pada media. (28/07/2021).

Melalui sambungan telepon Dekan Fakultas Teknologi Informasi Universitas Advent Indonesia Dr. Andrew F. Pakpahan, M.T mengungkapkan bahwa rencana pembelajaran berbasis “Hybrid Learning” adalah sebuah rencana yang telah direncanakan beberapa bulan yang lalu hal ini dikarenakan banyaknya permintaan dari calon mahasiswa dimana mereka banyak yang mengatakan bahwa telah bosan dengan pembelajaran berbasis Online.
“Jadi ini sebenarnya rencana sudah dari beberapa bulan yang lalu karena ada permintaan juga dari calon-calon mahasiswa dimana mereka sudah bosan dan tidak suka dengan pembelajaran online karena capek juga dari rumah saja dan juga tidak bisa ketemu juga dengan teman-temannya”. Jelasnya

Lanjutnya, dari keluhan-keluhan yang diterima, baik itu dari mahasiswa yang meminta untuk mereka boleh tinggal kembali di asrama dan tetap melakukan protokol kesehatan yang ketat, serta melakukan pembelajaran dengan tatap muka dengan dosen yang tinggal di komplek Universitas.
“Nahh jadi dengan perkembangan yang ada mereka minta boleh tidak kami tinggal di asrama dengan protokol yang ketat dan kalau memang dosen dengan mahasiswanya tinggal satu kampus yaaa sudah kita boleh bertemu di satu ruangan saja pembelajarannya langsung tatap muka secara fisik” Jelasnya

Namun melihat dimana semua mahasiswa tidak dapat berinteraksi secara total, dimana ada yang harus berinteraksi secara online karena pandemi dan keterbatasan akses bepergian, maka Melalui pertimbangan-pertimbangan yang ada, akhirnya pihak kampus akan segera menerapkan konsep pembelajaran “Hybrid Learning” dimana konsep ini adalah sebuah konsep yang menggabungkan perkuliahan secara fisik dan perkuliahan secara online
“Jadi konsep dari “Hybrid Learning” ini sebenarnya adalah adalah kita menggabungkan perkuliahan secara fisik dan perkuliahan itu secara online”. Ungkap Andrew F. Pakpahan

Konsep pembelajaran ini dilakukan agar mahasiswa yang online maupun offline dapat berinteraksi dengan baik. Dan juga tetap dilakukan protokol kesehatan yang ketat, serta jumlah mahasiswa akan tetap dibatasi.
“Nanti memang ada protokol kesehatan yang ketat juga dan kemudian jumlah mahasiswanya juga dibatasi” Lanjutnya

Untuk keefektifan proses pembelajaran di Universitas Advent Indonesia telah mempersiapkan peralatan yang baik sehingga proses interaksi dengan mahasiswa dapat berjalan lancar baik itu online maupun offline.

Dikatakan pula bahwa mengenai peralatan yang digunakan, pihak kampus telah menyediakan peralatan seperti Smart Board yang dapat diakses oleh Dosen dan akan dapat dilihat langsung oleh seluruh mahasiswa, kemudian menggunakan kamera yang kualitasnya baik sehingga dapat dengan bagus merekam situasi ruangan pada saat pembelajaran dan akan dapat dilihat oleh mahasiswa, dan juga menyediakan televisi yang besar untuk dapat menampilkan video-video mahasiswa yang sedang online.
“Jadi mahasiswa-mahasiswa yang online ini bisa berinteraksi dengan mahasiswa, maupun dengan dosennya juga, jadi seolah-olah mahasiswa sedang berada di ruang kelas yang sama walaupun sebenarnya mereka melalui video.
nah itulah konsep “Hybrid Learning” yang ada di UNAI.

Mengenai persiapan lainnya, Dekan Fakultas Teknologi Informasi Universitas Advent Indonesia Dr. Andrew F. Pakpahan, M.T mengungkapkan bahwa telah dilakukan persiapan ruang-ruang kelas serta peralatan-peralatan, dan juga sedang dilakukan pengadaan peralatan lainnya. Dan untuk saat ini beberapa ruangan telah menggunakan peralatan yang ada.
“Nahh.. kedepan ini kita lagi dalam proses untuk pengadaan sedekat ini sebelum perkuliahan kita sudah siap alat-alatnya” Ungkapnya pada media.

Untuk harapan, dirinya mengungkapkan bahwa dengan adanya perkembangan pembelajaran seperti ini maka mahasiswa baik yang offline maupun online dapat merasakan bahwa mereka benar-benar seperti dengan berinteraksi di dalam kelas.
“Harapannya itu mahasiswa-mahasiswa ini baik mahasiswa yang offline maupun online bisa merasakan bahwa merak benar-benar mahasiswa bukan mahasiswa yang berada di rumah saja”. Ungkapnya.

Lanjutnya bahwa untuk konsep pembelajaran seperti ini awalnya akan diterapkan kepada mahasiswa tingkat satu dan dua sedangkan untuk tingkat tiga dan empat akan seluruhnya dilakukan secara online.
“Khusus untuk tingkat satu dan dua karena mereka ini belum pernah merasakan tinggal di kampus Jadi karena UNAI sendiri kampus yang menekankan kepada karakter dan juga bagaimana supaya bisa sosialnya itu juga baik dan pengalaman-pengalamannya juga lebih makanya kita dorong mereka untuk datang ke kampus namun dengan syarat protokol kesehatannya memang harus ketat” Ungkapnya

Dan untuk pemberlakuan pembelajaran “Hybrid Learning” tersebut dirinya mengungkapkan akan diadakan mulai tanggal 23 Agustus 2021, dengan mempertimbangkan perkembangan yang ada.
“Dengan perkembangan-perkembangan yang ada diharapkan kondisi akan kondusif untuk nanti kita akan memulai perkuliahan di tanggal 23 agustus kita akan mulai perkuliahan dan yaa ini akan diterapkan” Tutupnya. (**red

Bagikan berita ini...

Pelantikan Kelas Kemajuan Adventurer dan Pathfinder Club SLA PTASN

Sebanyak 121 peserta dari kelas kemajuan Adventurer dan Pathfinder dilantik dalam acara di Chapel SLA PTASN, Pematangsiantar, pada hari Sabtu pukul 15.00. Acara ini menandai penyelesaian pelatihan yang bertujuan mempersiapkan generasi muda menghadapi masa depan. Direktur Pathfinder, Shanty Manik, menjelaskan fokus pelatihan Adventurer pada kemandirian keluarga, sementara Pathfinder untuk pelayanan masyarakat. Peserta memperlihatkan keterampilan seperti cerita dalam bahasa Inggris, P3K, dan pemasangan tenda. Ini adalah upaya jemaat dalam mendukung pengembangan praktis dan kepemimpinan generasi muda.

GMAHK Daerah Misi Maluku Melaksanakan Bulan Peduli Narkoba Sedunia

Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh (GMAHK) di wilayah misi Maluku menginisiasi Bulan Peduli Narkoba selama bulan Mei dengan dukungan dari Departemen Kesehatan daerah. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kesadaran dan melindungi generasi muda serta keluarga dari bahaya narkoba, dilaksanakan setiap Sabtu sore dengan seminar bagi orang muda dan anggota jemaat. Ibu Verra Maramis, salah satu penyelenggara, menekankan pentingnya kegiatan ini untuk menjaga iman dan rohani dari pengaruh buruk narkoba, membangun pagar moral dan spiritual yang kuat melawan penyalahgunaan narkotika.

Direktur Hope Channel Indonesia Terpilih

Dalam pertemuan Board Hope Channel Indonesia pada Kamis 2 Mei 2024, Pengurus memutuskan untuk menunjuk Pendeta Raymond Lohonauman sebagai Direktur baru menggantikan posisi Pendeta Michael Palar yang telah dipilih sebagai Hope Channel Coordinator SSD. Pendeta Raymond sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Eksekutif GMAHK Konferensi Jawa Kawasan Timur, diakui memiliki kompetensi dan dedikasi yang diperlukan untuk memimpin lembaga ini ke depan.

Care Group Sion GMAHK Jemaat Bawoleu di Distrik Tagulandang Utara Berbagi Sembako

Care Group Sion di GMAHK Jemaat Bawoleu, Distrik Tagulandang Utara, DMNU, UKIKT, gelar aksi sosial peduli kasih terhadap warga terdampak erupsi Gunung Ruang. Pendeta Donald Goni: "Puji Tuhan, kami dari Care Group Sion mendistribusikan paket bantuan ke 13 lokasi terdampak, hari Minggu, 28 April 2024.

Distrik Talaud Utara Kumpul Persembahan Khusus Untuk Didonasikan Buat Warga Terdampak Erupsi Gunung Ruang

Warga gereja Distrik Talaud Utara di Daerah Misi Nusa Utara (DMNU) menyelenggarakan aksi peduli kasih dengan mengumpulkan persembahan khusus sebagai bentuk kepedulian dan implementasi kasih kepada sesama. Menurut Pdt. Sulivan Harimisa, persembahan khusus dikumpulkan secara serentak selama ibadah Sabat, kemudian disalurkan kepada warga yang terdampak bencana erupsi Gunung Ruang.

Pelayanan Pangkas Rambut Gratis GMAHK Jemaat Bahtera Pulau Gangga Disambut Antusias Warga

Salah satu program unik yang diadakan oleh GMAHK Jemaat Bahtera Pulau Gangga, di Daerah Misi Minahasa Utara dan Kota Bitung (DMMUB), adalah kegiatan pangkas rambut gratis yang dipimpin langsung oleh Pdt Frengky Lampeang. Melalui program ini, jemaat memberikan layanan pangkas rambut tanpa memungut biaya sepeser pun. "Kita menyadari bahwa Jemaat Bahtera Pulau Gangga terisolasi dari daratan besar (Kabupaten Minahasa Utara), dan untuk memotong rambut, penduduk di sini harus menyeberangi lautan.

Puluhan Paket Bantuan Beras Dibagikan GMAHK Jemaat Pulau Gangga Bersama Dengan FOG Ministry

Sebagai ekspresi kepedulian terhadap sesama, GMAHK Jemaat Pulau Gangga bekerja sama dengan Family of God (FOG) Ministry dalam memberikan bantuan kepada masyarakat Pulau Gangga, Kecamatan Likupang Barat, Kabupaten Minahasa Utara (Minut). Bantuan yang diberikan berupa paket beras 2 kg yang disalurkan langsung kepada warga. Pdt. Frengky Lampeang menyatakan, 'Sejalan dengan program sosial FOG Ministry, kami telah memberikan bantuan berupa paket beras (2 kilogram) kepada warga dan juga menyelenggarakan pemeriksaan kesehatan gratis,' pada Rabu (17/4/2024) siang.

Pdt. Michael Palar Diangkat Menjadi Koordinator Hope Channel SSD

Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh Divisi Asia-Pasifik Selatan mengumumkan penunjukan pemimpin baru. Salah satu dari 7 pemimpin baru ini adalah Pdt. Michael Palar, yang sebelumnya menjabat sebagai direktur Hope Channel Indonesia dan sekarang ditunjuk sebagai Koordinator Hope Channel SSD. Dengan pengalaman luas dalam bidang media dan komunikasi, Pdt. Palar dianggap sebagai pemimpin yang sangat cocok untuk membawa divisi ini ke arah yang lebih maju.

Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh Divisi Asia-Pasifik Selatan Mengumumkan Pengangkatan Pemimpin Baru

Komite Eksekutif Divisi Asia-Pasifik Selatan (SSD) baru-baru ini mengumumkan penunjukan beberapa pemimpin untuk mengemban tanggung jawab penting dalam divisi ini sebagai langkah strategis untuk meningkatkan efisiensi organisasi dan memajukan misi mereka. Penunjukan ini menandai babak baru dalam perjalanan SSD menuju keunggulan dan inovasi dalam pelayanan.

Kegiatan Peduli Kasih Pasca Erupsi Gunung Ruang, Kel. Salindeho Lule Bersama GMAHK Lumbo Salurkan Bantuan 1.000 Liter Minyak Tanah Gratis Kepada Warga Terdampak

Erupsi gunung Ruang di Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Siau, Tagulandang, Biaro (Sitaro) telah menimbulkan trauma bagi ribuan warga. Kel. Salindeho-Lule bekerja sama dengan GMAHK Jemaat Lumbo di Daerah Misi Nusa Utara (DMNU), UKIKT, menggelar kegiatan 'Peduli Kasih' dengan penyaluran minyak tanah gratis kepada pengungsi, menggunakan kupon.