Kisah Hana dalam Alkitab - Janji dan Kesetiaan Hana pada Tuhan

Kisah Hana dalam Alkitab - Janji dan Kesetiaan Hana pada Tuhan

Kisah Hana sangat menarik untuk dibahas. Bagaimana dia dibuat gusar oleh Penina karena tidak memiliki anak, bagaimana dia dianggap wanita mabuk oleh imam Eli dan bagaimana Tuhan memberkati dia dengan limpahnya karena dia mengutamakan Tuhan.

1 Samuel 1 & 2Dec 6, 2022, 4:31 AM

Kisah Hana ini diambil dari Alkitab yang terdapat dalam 1 Samuel 1 & 2. Mari kita lihat apa yang terjadi sepanjang pasal ini

Kisah Hana dan pertentangannya bersama Penina

Elkana adalah seorang pria dari Efraim yang memiliki dua istri, Hana dan Penina (walaupun poligami adalah kebiasaan, itu tidak disetujui oleh Tuhan). Dia memiliki beberapa anak dengan Penina, tetapi tidak dengan Hana karena Hana tidak dapat memiliki anak. (1:1-2)

Elkana pergi ke Silo seperti yang dia lakukan setiap tahun untuk beribadah dan berkorban kepada Tuhan. Dia memberikan seluruh persembahan keluarganya untuk diberikan kepada Tuhan. Hana diberikan juga satu bagian oleh Elkana suaminya. (1:3-5)

Penina membuat Hana merasa sengsara karena tidak dapat memiliki anak, dia sengaja membuat hati Hana gusar dan itu terjadi dari tahun ke tahun. (1:6-7)

Suatu hari Hana bersumpah kepada Tuhan mengatakan bahwa jika Tuhan memberikannya seorang anak laki-laki, dia akan mendedikasikannya untuk Tuhan. (1:8-11)

Tuhan menjawab doa
Tuhan menjawab doa

Kisah Hana dan Tuhan menjawab doanya

Imam Eli melihat bibir Hana bergerak saat dia berdoa dalam hatinya, dan dia mengira bahwa Hana sedang mabuk. Setelah imam Eli mengetahui dilemanya, dia memberkatinya. Hana sangat damai dan tidak lagi sedih. (1:12-18)

Tuhan menjawab permintaan Hana dan memberinya seorang putra. Dia menamai putranya Samuel. (1:19-20)

Hana menunggu sampai anak laki-laki itu disapih, dan kemudian kembali bersamanya ke Silo. Hana mempersembahkan Samuel kepada imam Eli sesuai dengan nazar yang dia buat. (1:21-28)

Hana mengucapkan doa pujian yang luar biasa kepada Tuhan dan dia tinggikan Tuhan atas kebaikan-Nya. (2:1-10)

Samuel tetap bersama Eli untuk melayani Tuhan. Hana kembali ke rumah di mana Tuhan memberkatinya dengan lebih banyak anak selama beberapa tahun ke depan. (2:18-21)

Baca juga:

Apa yang Tuhan lakukan dalam kisah Hana?

Allah sedang mengajar Hana untuk berfokus pada kehendak-Nya daripada pendapat dan komentar orang lain.

Tuhan memiliki rencana besar untuk Hana, tetapi Dia ingin Hana tunduk pada kehendak-Nya terlebih dahulu.

Tuhan telah membuka kandungan Hana dan memberinya seorang anak laki-laki yang suatu hari nanti akan menjadi pemimpin besar di Israel.

Samuel akan dibesarkan sebagai seorang Nazarite (artinya “dipersembahkan” atau “dipisahkan” untuk Tuhan). Bilangan 6:2-8 memberikan tiga persyaratan yang menandakan kemurnian dan pemisahan seorang Nazarite untuk pekerjaan Tuhan:

  1. Mereka tidak boleh minum anggur atau jus anggur dalam bentuk apapun.

  2. Mereka tidak bisa memotong rambut mereka.

  3. Mereka tidak boleh menyentuh mayat.

Apa yang harus dipelajari dari kisah Hana?

Hana dapat menerima kata-kata kejam dari Penina tanpa bereaksi dengan cara yang akan merusak kesaksiannya. Ini karena fokusnya adalah menyenangkan Tuhan, bukan manusia. Orang mungkin memberikan pendapat mereka tentang bagaimana seharusnya kita, tetapi jika kita tetap fokus hanya untuk menyenangkan Tuhan (bukan manusia), kita akan menghilangkan banyak drama dari hidup kita.

Hana menemukan kedamaian dan sukacita hanya setelah dia menaruh kekhawatirannya di tangan Tuhan. Kekhawatiran apa yang mengganggu Anda yang perlu Anda serahkan kepada Tuhan dan biarkan Dia yang menangani

Hana memenuhi sumpahnya dengan mendedikasikan Samuel kepada Tuhan. Hana menerapkan kata-katanya dan dengan demikian membuktikan kasih sejatinya kepada Tuhan. Apakah engkau hanya berbicara seperti seorang Kristen, atau apakah imanmu menghasilkan tindakan saleh yang menunjukkan hati yang tulus kepada Tuhan?

Hana mengungkapkan rasa syukur dan terima kasihnya kepada Tuhan dalam doa yang tulus. Apakah Anda mengenali berkat sebagai hadiah dari Tuhan? Apakah Anda meluangkan waktu untuk mengungkapkan rasa terima kasih Anda kepada Tuhan ketika Dia melakukan hal-hal yang baik untuk Anda? Hal apa yang dapat Anda syukuri kepada Tuhan untuk hari ini?

Continue
Apa Saja Yang Bisa Didoakan?

Apa saja yang bisa kita doakan? Apakah semua bisa kita doakan kepada Tuhan atau hanya hal-hal yang kecil saja?

Apa Itu Doa Yang Sebenarnya?

Buat anda yang belum tahu DOA ITU APA, BAGAIMANA DOA YANG BENAR. Ikuti penjelasan berikut ini

Wanita Pekerja di Alkitab: Dalam Pemerintahan

Wanita yang bekerja di luar rumah merasa dihakimi karena dikira telah kehilangan panggilan keibuan-nya. Wanita yang bekerja di dalam rumah merasa gelisah melihat pencapaian temannya yang bekerja di luar rumah. Jadi, di mana titik idealnya?

Cara Meningkatkan Kesehatan Usus Anda

Sebagian besar dari 40 triliun bakteri di tubuh berada di dalam usus. Dan, mereka sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan.

Wanita Pekerja di Alkitab: Masa Hakim-Hakim

Bagaimana menyeimbangkan hidup sebagai wanita Kristiani yang memiliki keluarga dan bekerja? Mari cari inspirasi dari beberapa tokoh wanita pekerja dalam Alkitab berikut ini.

Cara Menentukan Anggaran Yang Sesuai Untuk Makan Sehat

Harga pangan tentunya makin meningkat di tahun 2023. Dapatkah kita makan sehat sesuai anggaran yang ketat? Ya, ada caranya!

Gambaran Keluarga Bahagia

Keluarga menghadapi rasa sakit yang tak terhindarkan di dalam dunia yang berdosa ini. Bagaimana bisa bahagia jika semua keluarga terdiri dari orang-orang berdosa? Tentu saja ini bukanlah maksud awal dan akhir Tuhan.

Lemak Perut Tanda Bahaya

Kelebihan lemak perut merupakan hal yang tidak baik. Bukan saja mengganggu penampilan kita akan tetapi juga mengganggu akan kesehatan bagi tubuh kita.

Yesus dan Pelayanan-Nya di Perkotaan

Apakah Yesus selalu melayani di pedesaan? Bagaimana Ia menjangkau perkotaan? Apa metodenya masih relevan bagi kita sekrang ini? Semuanya dikupas dari firman Tuhan di dalam Alkitab.

Apa Jenis Beras Yang Paling Sehat?

Nasi adalah makanan pokok di banyak negara yang memberi kita sumber energi. Ada banyak varietas beras yang berbeda dalam warna, rasa, dan nilai gizi.