Gempa Cianjur. 268 Warga Meninggal Dunia. GMAHK Melalui ADRA Lakukan Langkah Ini

Gempa Cianjur. 268 Warga Meninggal Dunia. GMAHK Melalui ADRA Lakukan Langkah Ini

JAKARTA. hopechannel.id || 268 warga meninggal dunia dan lebih dari 58.362 lainnya mengungsi akibat gempa berkekuatan magnitudo 5,6 yang mengguncang Kota Cianjur Jawa Barat.

ADRA Indonesia mempersiapkan diri untuk untuk membantu mareka yang terkena dampak akan Gempa di Cianjur

CIANJURNov 23, 2022, 7:12 AM

Kepala BNPB Suhayanto dikutip dari rilis yang diterima hopechannel.id mengungkapkan jika korban yang meninggal dunia berjumlah 268 jiwa dan yang sudah teridentifikasi sebanyak 122 jenazah  dan yang belum ditemukan berjumlah 151 orang.  "Korban meninggal dunia 268 jiwa, yang sudah teridentifikasi sebanyak 122 jenazah, masih ada korban hilang sejumlah 151 orang, kita akan berusaha semaksimal mungkin agar seluruh korban ditemukan," ucap Suharyanto. 

Kemudian data masyarakat yang mengungsi sejumlah 58.362 orang, luka-luka 1.083 orang, kerusakan infrastruktur seperti rumah rusak total berjumlah 22.198 unit. 

Jumlah korban tewas meningkat dari waktu ke waktu seiring dengan berlangsungnya kegiatan pencarian dan penyelamatan, menurut pengamatan langsung terhadap situasi tersebut oleh ADRA Indonesia, Kota-kota di Jawa Barat dengan tingkat kematian tertinggi yang dilaporkan terletak di kecamatan Cilau, Cianjur, dan Cugenang.

Untuk diketahui bahwa Indonesia adalah negara yang terletak di sepanjang Cincin Api Pasifik, di mana banyak gempa bumi dan gunung berapi sering diakibatkan oleh tumbukan beberapa lempeng kerak bumi.

Sejumlah lokasi mengalami longsor, memutus sebagian akses ke Cianjur. Jumlah rumah yang rusak berat, sedang, dan sedikit masih diverifikasi oleh otoritas setempat. Beberapa gedung pemerintahan, tempat ibadah, dan sekolah mengalami kerusakan akibat musibah alam ini. Karena listrik dan koneksi komunikasi yang terputus, upaya komunikasi saat ini sulit dan tidak dapat diakses.

Data dikumpulkan ADRA dari gereja-gereja lokal, LSM, grup WhatsApp yang dikelola pemerintah, dan pertemuan online, termasuk yang berkerumun dengan klaster logistik yang dikepalai oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana. Personel ADRA dari Jakarta diberangkatkan untuk memeriksa situasi dan mengidentifikasi rumah tangga yang paling terdampak yang paling berisiko. ADRA Indonesia siap mendistribusikan shelter kit sebagai respons awal ke kabupaten yang terkena dampak.

"ADRA sudah ada di lapangan, bekerja sama dengan pemerintah daerah, mitra terpercaya lainnya, dan gereja-gereja untuk segera menilai situasi. Tim tanggap darurat ADRA dikerahkan ke daerah-daerah yang paling terpukul untuk mengidentifikasi dan membantu keluarga dan individu yang rentan. ADRA juga berencana untuk meluncurkan kampanye pendidikan keselamatan dan keamanan untuk memberi tahu keluarga tentang risiko gempa susulan dan tanah longsor," kata Elizabeth Tomenko, manajer program darurat untuk ADRA International.

Desa Rancagoong di kecamatan Cilau, desa Limbagansari di kecamatan Cianjur, dan desa Cijedil di kecamatan Cugenang menjadi tempat yang paling terdampak. Karena gempa susulan yang signifikan ini, orang-orang ragu-ragu untuk tetap berada di rumah mereka yang rusak.

ADRA Indonesia sedang mempersiapkan diri untuk menyediakan kit untuk membantu rumah tangga yang terkena dampak membangun atau meningkatkan tenda darurat yang saat ini mereka miliki dekat dengan rumah mereka. Penilaian menunjukkan bahwa keluarga yang mengungsi segera membutuhkan perlengkapan penampungan untuk tenda keluarga, tenda, perlengkapan tempat tidur, dapur umum, genset, fasilitas kesehatan, dan dokter.

Untuk informasi lebih lanjut tentang bagaimana Anda dapat memberikan bantuan kepada keluarga yang mengungsi dalam bencana ini, Anda dapat mengunjungi adraindonesia.org (**/red/Tim

Bagikan berita ini...

Berserulah Kepada Allah Bukan Kepada Manusia

Terlalu sering kita berbagi dengan teman atau orang tua, tapi kita lupakan hubungan dengan Allah, pencipta dan penebus kita. Renungan Jublina Saefeto menyoroti kerinduannya kepada Allah dan ajakan untuk berseru kepada-Nya. Meskipun masih siswa, cara Jublina menyampaikan Firman Tuhan menunjukkan kedewasaannya dalam iman kepada Yesus. Pdt. Ishak Mnahonin mengapresiasi renungan tersebut.

Ketua GMAHK DMMUB Pdt Larry Raranta Hadiri KKR BWA dan MSA Jemaat Dimembe dan Orion Tetey

Sebagai wujud dukungan terhadap kegiatan "THE GOODNESS OF GOD" yang diselenggarakan oleh KKR Bakti Wanita Advent (BWA) dan Ministerial Spouses Association (MSA) Jemaat Dimembe dan Orion Tetey, Ketua Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh (GMAHK) Daerah Misi Minahasa Utara dan Bitung (DMMUB), Pdt Larry Raranta, turut hadir secara langsung dalam acara tersebut yang berlangsung di GMAHK Jemaat Orion Tetey pada hari Selasa (26/3/2024).

Panitia KKR “Pengharapan yang Hidup” di Wilayah 7 Bagi-bagi Bantuan Sosial

Sebelas jemaat di wilayah 7 Kota Manado, Daerah Konferensi Manado dan Maluku Utara (DKMMU), mengadakan Kebaktian Kebangunan Rohani (KKR) dengan tema "The Living Hope" (Pengharapan yang Hidup) pada tanggal 25-30 Maret 2024. KKR ini dipusatkan di gedung GMAHK jemaat Batusaiki dan dihadiri oleh para Ketua Jemaat sebagai pembicara utama.

Cabang Sekolah Sabat Anugerah Kutacane Bagikan Sabun Cuci Piring Gratis

Cabang Sekolah Sabat Anugerah Kutacane kembali memberikan pelayanan kepada masyarakat Desa Lawe Ponggas, Aceh Tenggara dengan membagikan sabun cuci piring secara gratis. Ini merupakan langkah kedua dalam upaya mereka untuk lebih mengenal masyarakat setempat dan memberikan bantuan sesama. Sebelumnya, Minggu lalu, BWA Agara A juga telah melakukan pelayanan serupa di desa yang sama. Kegiatan dimulai dengan ibadah singkat yang dipimpin oleh Pdtm. Benyamin Situmorang, di mana masyarakat diajak untuk bersama-sama bernyanyi, berdoa, dan mendengarkan firman Tuhan yang disampaikan oleh Pdtm. Olwan Tamba.

Pelayanan Promosi SLA PTASN

Untuk memperkenalkan tahun ajaran baru 2024/2025, tim promosi SLA PTASN telah mulai melakukan kunjungan promosi ke berbagai daerah, termasuk pulau Nias, Sibolga, Sidikalang, Kalimantan, dan wilayah lainnya.

Mahasiswa PTASN dan UNIKA Olahraga Bersama

Pada 25 Maret 2024, pukul 15.00 WIB, kampus Perguruan Tinggi Advent Surya Nusantara di Pematang Siantar menyambut rombongan sekitar 60 mahasiswa dari Universitas Katolik Santo Thomas Medan. Kedatangan mereka adalah dalam rangka kegiatan olahraga bersama dengan mahasiswa PTASN. Tiga cabang olahraga yang dipertandingkan adalah sepak bola, voli putra, dan badminton putra.

Komunitas Master Guide Independent Gelar Kegiatan di Kantor GMAHK Daerah Misi Minut Bitung

Berlangsung di bawah arahan langsung para instruktur Master Guide (MG), acara ini turut dihadiri oleh Direktur PA dan Pathfinder DMMUB, MG Pdt Pierson Doringin. Acara ini mencakup berbagai kegiatan yang dipimpin oleh instruktur MG terkemuka seperti kelas Christian Grooming and Manner oleh Instruktur MG Femmy Runturambi, Cooking oleh Instruktur MG Rini Tamuju, hingga Knot Tying atau tali-temali oleh Instruktur MG Tomi Luas. Selain itu, terdapat kelas-kelas lain seperti Electricity atau kelistrikan yang dipimpin oleh Instruktur MG Tony Suatan, serta pembelajaran ilmu perbintangan STARS yang diajarkan oleh Instruktur MG Merson Simbolon dan MG Joppy Sahetapi.

Global Youth Day di GMAHK SLA PTASN

Pada tanggal 22 Maret 2024, PA Senior Jemaat SLA PTASN menerima tantangan untuk memberikan pelayanan kepada perkotaan dengan membagikan brosur SLA PTASN dan buku rohani. Mereka memilih lokasi di depan Balai Kota Pematangsiantar, tepatnya di taman bunga kota tersebut, dan mengunjungi orang-orang yang berada di taman untuk membagikan brosur dan buku rohani.

Penutupan Pekan Doa Pemuda GMAHK Bukit Zaitun Latdalam

GMAHK Bukit Zaitun Latdalam mengalami pelayanan yang istimewa melalui acara Pekan Doa Pemuda se-Daerah Misi Maluku, yang berlangsung di gedung gereja dari tanggal 17 hingga 23 Maret 2024. Acara tersebut berjalan lancar, dengan pemuda dan pemudi gereja setempat menjadi pembicara utama. Partisipasi dalam acara ini melibatkan seluruh anggota jemaat, dari anak-anak hingga orang tua, serta tamu yang diundang oleh pemuda Advent jemaat Bukit Zaitun Latdalam.

Pelayanan Mahasiswi STFT Surya Nusantara di Malang

Judul KKR "Perjalanan Menuju Kemenangan" menyoroti perjalanan spiritual mahasiswi STFT Surya Nusantara, Dwi Ayu Puspita Sari, yang diwisuda pada tahun 2025 mendatang. KKR Field School ini berlangsung dari tanggal 20 hingga 23 Maret 2024 di GMAHK TS58 Malang, dihadiri oleh banyak anggota jemaat dan tamu setiap malamnya. Salah satu mahasiswa, Sdr. Soleman, merasa lega karena akhirnya mendapatkan penjelasan yang rinci mengenai kebenaran firman Tuhan setelah mencarinya lama.