Wanita Pekerja di Alkitab: Dalam Pemerintahan

Wanita Pekerja di Alkitab: Dalam Pemerintahan

Wanita yang bekerja di luar rumah merasa dihakimi karena dikira telah kehilangan panggilan keibuan-nya. Wanita yang bekerja di dalam rumah merasa gelisah melihat pencapaian temannya yang bekerja di luar rumah. Jadi, di mana titik idealnya?

Feb 9, 2023, 7:44 AM

Salah satu pertanyaan yang dapat membuat wanita merasa campur aduk: gelisah, malu, bangga, atau dihakimi, adalah “Kamu kerja?.”

Di antara orang Kristen, seharusnya tidak demikian, tetapi sayangnya, banyak yang dapat membuktikannya. Wanita lajang mungkin merasa bahwa mereka kehilangan panggilan keibuannya jika bekerja dan berpikir, “Apa harusnya tidak bekerja saja, ya?.” Wanita lain mungkin dikira senang melupakan suami dan anak-anak, dan, sudah terlalu senang berkarier. Namun, sebenarnya seorang ibu yang bekerja full-time di rumah pun, bisa juga cenderung merasakan penghakiman, apakah itu sebuah kenyataan atau imajinasi saja, oleh para wanita lain yang bekerja. Jadi lebih tepatnya, kedua tipe wanita ini bisa saja merasakan dilema untuk bekerja di rumah atau luar rumah.

Dalam artikel ini, kita akan kembali mengingat kisah dua wanita dalam posisi kepemimpinan dalam pemerintahan dan prinsip-prinsip yang bisa kita terapkan dalam pekerjaan atau rumah tangga kita.

Wanita Pekerja Dalam Pemerintahan

1. Ester

Pelayanan Ester di istana dapat berkenaan dengan tempat kerja saat ini dalam beberapa hal:

  1. Tuhan menggunakan keadaan hidup kita. Posisi Ester memberinya kesempatan unik untuk melayani Tuhan. Posisi Mordekhai memberinya kesempatan berbeda. Kita harus merangkul peluang khusus yang kita miliki. Daripada mengatakan, "Saya akan melakukan sesuatu yang hebat untuk Tuhan, andai saja saya memiliki kesempatan," kita harus mengatakan, "Siapa tahu, mungkin justru untuk saat yang seperti ini [saya] beroleh kedudukan” (Ester 4:14).

  2. Posisi kita dapat membahayakan kerohanian kita. Kita mungkin mengambil nilai dan keberadaan kita dari posisi pekerjaan kita. Semakin tinggi posisi kita, semakin besar bahayanya. Jika menjadi CEO atau mendapatkan posisi permanen atau mempertahankan pekerjaan yang baik menjadi begitu penting sehingga kita melupakan identitas diri kita yang lain, maka kita telah kehilangan diri kita sendiri. 

Terlepas dari posisinya sebagai ratu, Ester diingatkan mengenai identitas asli dirinya sebagai seorang Yahudi oleh pamannya, Mordekhai. Saat itulah kita dapat melihat praktik keimanan Yahudi dalam diri Ester dalam berdoa dan berpuasa ketika menghadapi masalah dan merindukan campur tangan Tuhan dalam kehidupan bangsanya.

Ester 4:13-17. Maka Mordekhai menyuruh menyampaikan jawab ini kepada Ester: ”Jangan kira, karena engkau di dalam istana raja, hanya engkau yang akan terluput dari antara semua orang Yahudi. Sebab sekalipun engkau pada saat ini berdiam diri saja, bagi orang Yahudi akan timbul juga pertolongan dan kelepasan dari pihak lain, dan engkau dengan kaum keluargamu akan binasa. Siapa tahu, mungkin justru untuk saat yang seperti ini engkau beroleh kedudukan sebagai ratu.” Maka Ester menyuruh menyampaikan jawab ini kepada Mordekhai: ”Pergilah, kumpulkanlah semua orang Yahudi yang terdapat di Susan dan berpuasalah untuk aku; janganlah makan dan janganlah minum tiga hari lamanya, baik waktu malam, baik waktu siang. Aku serta dayang-dayangku pun akan berpuasa demikian, dan kemudian aku akan masuk menghadap raja, sungguhpun berlawanan dengan undang-undang; kalau terpaksa aku mati, biarlah aku mati.” Maka pergilah Mordekhai dan diperbuatnyalah tepat seperti yang dipesankan Ester kepadanya.

  1. Melayani Tuhan membutuhkan pertaruhan posisi. Kasus Esther sangat ekstrim. Dia mungkin dibunuh jika dia mempertaruhkan posisinya dengan ikut campur, dan dia akan dibunuh jika dia tidak ikut campur. Apakah posisi kita benar-benar lebih aman daripada Ester? Jangan sampai kita kehilangan hal yang kekal demi mempertaruhkan sesuatu yang tidak dapat Anda pertahankan. Percayalah bahwa pekerjaan yang dilakukan dalam pelayanan Tuhan tidak akan sia-sia.

Ester
Ester

2. Ratu Syeba

Wanita berikutnya juga terkenal, tetapi detail dalam Alkitab sebenarnya agak sedikit. Ratu Syeba adalah wanita paling eksotis dan penuh teka-teki; sangat berbeda dari wanita pada zamannya. Dia adalah penguasa wanita dari negeri yang jauh, dia kaya, dan dia tampaknya benar-benar independen dari siapa pun. Tetapi yang benar-benar membedakannya adalah dia mengadakan sebuah perjalan untuk memenuhi rasa keingintahuan intelektual. Dia adalah wanita yang mencintai kebijaksanaan dan rela berkeliling dunia untuk mencarinya.

2 Tawarikh 9:1. Ketika ratu negeri Syeba mendengar kabar tentang Salomo, maka dengan pasukan pengiring yang sangat besar dan dengan unta-unta yang membawa rempah-rempah, banyak emas dan batu permata yang mahal-mahal datanglah ia ke Yerusalem hendak menguji Salomo dengan teka-teki. Setelah ia sampai kepada Salomo, dipercakapkannyalah segala yang ada dalam hatinya dengan dia. 

1 Raja-raja 10:3. Dan Salomo menjawab segala pertanyaan ratu itu; bagi raja tidak ada yang tersembunyi, yang tidak dapat dijawabnya untuk ratu itu.

Sang Ratu memiliki beberapa keraguan, namun dia bersedia mencari kebenaran. Dia mencari kebenaran dari Allah Israel. Kita perlu datang kepada Tuhan dan firman-Nya ketika kita juga ragu.

Kapan terakhir kali Anda memiliki pertanyaan atau keragu-raguan yang sulit untuk dijawab? Lalu Kapan terakhir kali rasa keingintahuan Anda mendorong Anda untuk belajar dan belajar terus? Kapan terakhir kali Anda datang kepada Tuhan untuk mencari pencerahan yang didapatkan dalam firman Tuhan?

1 Tesalonika 5:21. Ujilah segala sesuatu dan peganglah yang baik.

Kisah Para Rasul 17:11. Orang-orang Yahudi di kota itu lebih baik hatinya dari pada orang-orang Yahudi di Tesalonika, karena mereka menerima firman itu dengan segala kerelaan hati dan setiap hari mereka menyelidiki Kitab Suci untuk mengetahui, apakah semuanya itu benar demikian.

Ratu Syeba terkesan dengan kecerdasan, kebijaksanaan, dan kekayaan Salomo dan ini membuatnya berbalik untuk memuji Tuhan dari semua yang dia lihat:

1 Raja-raja 10:9. Terpujilah Tuhan, Allahmu, yang telah berkenan kepadamu sedemikian, hingga Ia mendudukkan engkau di atas takhta kerajaan Israel! Karena Tuhan mengasihi orang Israel untuk selama-lamanya, maka Ia telah mengangkat engkau menjadi raja untuk melakukan keadilan dan kebenaran.

Ratu Syeba
Ratu Syeba

Kehidupan sehari-hari wanita Kristen tidak akan terlihat sama. Namun hati kita sebenarnya berusaha untuk dengan setia menjalani kehidupan yang Tuhan telah berikan kepada kita, bukan kehidupan yang kita harapkan atau inginkan.

Pekerjaan kita bukanlah tentang kita; bukan tentang membuat nama untuk diri kita sendiri dengan karier yang luar biasa atau menjadi superior karena segalanya berjalan baik, dilakukan dengan “benar” atau mencoba "memiliki semuanya". Kita harus ingat bahwa kita melayani Dia yang nama-Nya di atas segalanya. Dan jauh lebih baik daripada membuat nama untuk diri kita sendiri, Dia menuliskan nama kita di buku-Nya, bukan karena kita memiliki pekerjaan yang bagus, tetapi karena kita adalah anak-anak-Nya.

Jadi, bekerjalah sangat keras. Lakukan pekerjaan yang luar biasa bagus. Dukung satu sama lain karena wanita bukanlah pesaing satu sama lain. Wanita Kristen yang bersatu akan lebih hebat daripada kumpulan eksklusif wanita mana pun karena kemelekatan kita bersama kepada Kristus.

Faithbook : Ester
Faithbook : Ester

Referensi:

Dodds, Abigail. “Every Woman's Call to Work.” Desiring God, 13 Sept. 2016, https://www.desiringgod.org/articles/every-womans-call-to-work. 

Hayns, Clare. “The Queen of Sheba.” Consider the Lilies - Clare Hayns, 30 Mar. 2020, https://clarehayns.co.uk/2020/03/30/the-queen-of-sheba/. 

Roberts, Mark. “Esther and Work.” Theology of Work, Theology of Work Project, 29 Sept. 2010, https://www.theologyofwork.org/old-testament/ezra-nehemiah-esther/esther. 

Continue
Apa Saja Yang Bisa Didoakan?

Apa saja yang bisa kita doakan? Apakah semua bisa kita doakan kepada Tuhan atau hanya hal-hal yang kecil saja?

Apa Itu Doa Yang Sebenarnya?

Buat anda yang belum tahu DOA ITU APA, BAGAIMANA DOA YANG BENAR. Ikuti penjelasan berikut ini

Wanita Pekerja di Alkitab: Dalam Pemerintahan

Wanita yang bekerja di luar rumah merasa dihakimi karena dikira telah kehilangan panggilan keibuan-nya. Wanita yang bekerja di dalam rumah merasa gelisah melihat pencapaian temannya yang bekerja di luar rumah. Jadi, di mana titik idealnya?

Cara Meningkatkan Kesehatan Usus Anda

Sebagian besar dari 40 triliun bakteri di tubuh berada di dalam usus. Dan, mereka sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan.

Wanita Pekerja di Alkitab: Masa Hakim-Hakim

Bagaimana menyeimbangkan hidup sebagai wanita Kristiani yang memiliki keluarga dan bekerja? Mari cari inspirasi dari beberapa tokoh wanita pekerja dalam Alkitab berikut ini.

Cara Menentukan Anggaran Yang Sesuai Untuk Makan Sehat

Harga pangan tentunya makin meningkat di tahun 2023. Dapatkah kita makan sehat sesuai anggaran yang ketat? Ya, ada caranya!

Gambaran Keluarga Bahagia

Keluarga menghadapi rasa sakit yang tak terhindarkan di dalam dunia yang berdosa ini. Bagaimana bisa bahagia jika semua keluarga terdiri dari orang-orang berdosa? Tentu saja ini bukanlah maksud awal dan akhir Tuhan.

Lemak Perut Tanda Bahaya

Kelebihan lemak perut merupakan hal yang tidak baik. Bukan saja mengganggu penampilan kita akan tetapi juga mengganggu akan kesehatan bagi tubuh kita.

Yesus dan Pelayanan-Nya di Perkotaan

Apakah Yesus selalu melayani di pedesaan? Bagaimana Ia menjangkau perkotaan? Apa metodenya masih relevan bagi kita sekrang ini? Semuanya dikupas dari firman Tuhan di dalam Alkitab.

Apa Jenis Beras Yang Paling Sehat?

Nasi adalah makanan pokok di banyak negara yang memberi kita sumber energi. Ada banyak varietas beras yang berbeda dalam warna, rasa, dan nilai gizi.