Tahun Baru 'Mindfulness' Baru

Tahun Baru 'Mindfulness' Baru

Pada dasarnya ketika tahun baru, kita akan memiliki banyak resolusi salah satunya Mindfulness. Pada artikel ini akan membahas bagaimana manfaat Mindfulness di tahun yang baru.

Jan 9, 2023, 10:26 AM

Siapa yang sudah menetapkan resolusi tahun baru? Atau, siapa yang sudah lama menyerah dalam membuat resolusi tahun baru karena cenderung gagal? 

Resolusi tahun baru biasanya berpusat pada kesehatan fisik — berolahraga lebih banyak, makan lebih baik, minum lebih banyak air dan lain-lain. Dan, hal-hal tersebut masih merupakan tujuan yang bagus untuk tahun 2023! Namun, mengingat tantangan-tantangan yang kita lewati tahun lalu dan fokus dunia yang meningkat pada kesehatan mental, mungkin ini saat yang tepat untuk akhirnya memberikan ruang bagi mindfulness (kesadaran; kewaspadaan; kehati-hatian). Penelitian menunjukkan bahwa selain manfaat mindfulness bagi individu, organisasi yang mendorong praktik mindfulness di antara karyawannya juga menuai manfaat.

Manfaat Mindfulness

Mindfulness, atau meditasi, adalah memperhatikan dengan saksama apa yang terjadi pada saat ini dan hadir dalam momen tersebut. Mindfulness memaksa otak kita untuk tenang serta membuat otak kita istirahat. Ada begitu banyak daftar hal-hal yang harus dilakukan di kepala kita dan kita juga mencatat hal-hal yang tidak boleh dilupakan di sana. Jadi, ketika kita melatih mindfulness, kita memberi otak kita sedikit “liburan”, meski hanya sesaat.

Selain manfaat mental untuk mengurangi stres dan mengurangi kecemasan, mindfulness juga memiliki manfaat fisik. Studi menunjukkan bahwa mindfulness dapat mengurangi gejala sindrom iritasi usus besar dan migrain. Latihan mindfulness juga dikaitkan dengan penurunan tekanan darah, gula darah, kesehatan jantung yang lebih baik, dan bahkan dapat meningkatkan kualitas tidur.

Manfaat Mindfulness
Manfaat Mindfulness

Mengapa Upaya Mindfulness Kita Sering Gagal? 

Dalam masyarakat kita sekarang ini, kita tertarik pada kepuasan instan. Saat kita berolahraga secara fisik, kita merasa lelah dan otot kita terasa sakit, lalu kita melihat hal-hal ini sebagai tanda langsung bahwa kita semakin kuat. Mindfulness, bagaimanapun, membutuhkan waktu dan komitmen berkelanjutan untuk melihat hasil dalam jangka panjang. Orang mungkin menyerah karena mereka tidak langsung melihat dampak positifnya.

Pada awalnya, mungkin sulit untuk duduk diam dan tidak terganggu oleh pikiran yang mengalir di kepala Anda atau kebisingan di sekitar Anda. Namun, para ahli mengatakan ini menunjukkan bahwa Anda berada di jalur yang benar dan pikiran Anda sedang dalam proses mempelajari cara menenangkan diri.

Dalam artikel Ulasan Bisnis Harvard, pakar mindfulness Matthias Birk menyarankan : “Anda harus melakukannya. Dan Anda harus melakukannya secara teratur, termasuk saat Anda sedang tidak ingin melakukannya, sehingga seiring waktu pikiran Anda yang mudah teralihkan belajar untuk beristirahat dalam kesadaran terbuka, tanpa terus-menerus terikat pada pemikiran berikutnya yang muncul.”

Kiat-kiat untuk Membuat Kebiasaan Mindfulness Melekat:

1. Kenali Alasan Anda

Penting untuk menanyakan “mengapa” Anda ingin melatih mindfulness. Hal ini membantu untuk menentukan satu alasan mengapa Anda memilih untuk berhati-hati. Mungkin Anda ingin merasa lebih bahagia, lebih tenang, lebih fokus, atau tidak stres. Ingkatkan diri Anda “mengapa” mindfulness dapat membantu Anda dan alasan itu akan menjaga komitmen tetap berjalan.

2. Sisihkan dan Tentukan Waktu

Seperti kebanyakan kebiasaan baru, kita perlu berkomitmen pada waktu tertentu untuk terlibat dalam latihan ini. Sama seperti kebugaran fisik, ada baiknya memblokir waktu Anda di kalender. 

3. Tidak Perlu Sempurna

Sekali lagi, menjadi lebih sadar tidak terjadi dalam semalam. Saat pertama kali memulai, Anda harus menduga pikiran Anda akan sibuk dan mudah teralihkan. Pikiran itu akan berkurang seiring waktu.

4. Cobalah untuk Tidak Menghakimi

Tidak ada meditasi yang baik atau buruk, berhasil atau gagal. Bahkan sesi yang Anda rasa "tidak berjalan dengan baik" pun sedang membantu Anda menuju tujuan.

5. Sabar

Meditasi adalah sebuah perjalanan, bukan sprint (lari cepat). Manfaatnya akan terwujud secara bertahap seiring berjalannya waktu.

Bagaimana Organisasi dapat Memperoleh Manfaat dari Mindfulness?

Organisasi yang dimaksud bisa berarti tempat di mana Anda bekerja, kelompok ibadah, keluarga atau komunitas lainnya. Menurut studi, saat karyawan mempraktikkan mindfulness, diamati bahwa terdapat:

  • Kepemimpinan yang lebih empatik 

Dalam ulasan yang berjudul “Mengapa Pemimpin Membutuhkan Meditasi Sekarang Lebih Dari Sebelumnya,” Matthias Birk beralasan bahwa “salah satu keuntungan terpenting dari meditasi adalah memungkinkan kita untuk keluar dari pemikiran sentris demi kelangsungan hidup kita sendiri dan terhubung dengan orang lain secara empatik.” Ini sangat penting bagi para pemimpin saat ini.

  • Kesehatan mental yang lebih baik 

Lebih dari separuh populasi dunia melaporkan bahwa mereka sedang berjuang dengan kesehatan mental. Terutama saat ini. Jadi. apa pun yang dapat kita lakukan untuk mendukung kesehatan mental karyawan adalah sebuah kemenangan atau keuntungan bagi organisasi.

  • Peningkatan produktivitas dan kreativitas 

Mindfulness meningkatkan fokus, yang mengarah pada produktivitas yang lebih besar dan bahkan mungkin menginspirasi kreativitas.

  • Keterlibatan yang lebih besar

Mindfulness dikenal dapat menciptakan perasaan bahagia, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kepuasan yang lebih besar pada pekerjaan dan keterlibatan secara keseluruhan.

Continue
Apa Saja Yang Bisa Didoakan?

Apa saja yang bisa kita doakan? Apakah semua bisa kita doakan kepada Tuhan atau hanya hal-hal yang kecil saja?

Apa Itu Doa Yang Sebenarnya?

Buat anda yang belum tahu DOA ITU APA, BAGAIMANA DOA YANG BENAR. Ikuti penjelasan berikut ini

Wanita Pekerja di Alkitab: Dalam Pemerintahan

Wanita yang bekerja di luar rumah merasa dihakimi karena dikira telah kehilangan panggilan keibuan-nya. Wanita yang bekerja di dalam rumah merasa gelisah melihat pencapaian temannya yang bekerja di luar rumah. Jadi, di mana titik idealnya?

Cara Meningkatkan Kesehatan Usus Anda

Sebagian besar dari 40 triliun bakteri di tubuh berada di dalam usus. Dan, mereka sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan.

Wanita Pekerja di Alkitab: Masa Hakim-Hakim

Bagaimana menyeimbangkan hidup sebagai wanita Kristiani yang memiliki keluarga dan bekerja? Mari cari inspirasi dari beberapa tokoh wanita pekerja dalam Alkitab berikut ini.

Cara Menentukan Anggaran Yang Sesuai Untuk Makan Sehat

Harga pangan tentunya makin meningkat di tahun 2023. Dapatkah kita makan sehat sesuai anggaran yang ketat? Ya, ada caranya!

Gambaran Keluarga Bahagia

Keluarga menghadapi rasa sakit yang tak terhindarkan di dalam dunia yang berdosa ini. Bagaimana bisa bahagia jika semua keluarga terdiri dari orang-orang berdosa? Tentu saja ini bukanlah maksud awal dan akhir Tuhan.

Lemak Perut Tanda Bahaya

Kelebihan lemak perut merupakan hal yang tidak baik. Bukan saja mengganggu penampilan kita akan tetapi juga mengganggu akan kesehatan bagi tubuh kita.

Yesus dan Pelayanan-Nya di Perkotaan

Apakah Yesus selalu melayani di pedesaan? Bagaimana Ia menjangkau perkotaan? Apa metodenya masih relevan bagi kita sekrang ini? Semuanya dikupas dari firman Tuhan di dalam Alkitab.

Apa Jenis Beras Yang Paling Sehat?

Nasi adalah makanan pokok di banyak negara yang memberi kita sumber energi. Ada banyak varietas beras yang berbeda dalam warna, rasa, dan nilai gizi.