Kemakmuran Ditinjau Kembali

Kemakmuran Ditinjau Kembali

Secara historis, Kekristenan memiliki hubungan paradoks dengan uang dan kekayaan. Di satu sisi, Alkitab secara eksplisit menyatakan bahwa kemakmuran adalah salah satu pahala dari kehidupan yang benar (banyak bagian dalam Ulangan dan Amsal, misalnya).

Feb 1, 2022, 5:41 AM

Secara historis, Kekristenan memiliki hubungan paradoks dengan uang dan kekayaan. Di satu sisi, Alkitab secara eksplisit menyatakan bahwa kemakmuran adalah salah satu pahala dari kehidupan yang benar (banyak bagian dalam Ulangan dan Amsal, misalnya). Di sisi lain tangan, kita dapat menemukan banyak bagian yang tahan kesopanan dan pengorbanan diri sebagai cita-cita. Untuk mendukung ini, kami menemukan Sabda Bahagia (berbahagialah orang miskin, dll.) atau peser janda (Lukas 21:1-4; Markus 12:41-44).

Bahkan dalam Perjanjian Lama kita menemukan banyak contoh orang-orang sederhana yang diangkat ke posisi tinggi, baik dalam hal spiritual maupun duniawi, sebagai akibat dari kerendahan hati dan kesetiaan Kami akan selalu berjuang untuk mengerti hubungan antara Raja Daud dan Keturunannya dari Nazaret, Yesus. Bahkan Perjanjian Lama memberikan penekanan yang berbeda pada kemakmuran daripada Perjanjian Baru Perjanjian; yang pertama menunjuk pada penaklukan Tuhan; yang terakhir menunjuk ke pengorbanan cinta yang Dia tunjukkan kepada kita. Pada akhirnya, paradoks ini memiliki asalnya di antarmuka antara materi dan rohani. Bagaimana mereka tumpang tindih? kenyataan hidup kita? Mahkota berarti kemenangan dalam konteks materi; tapi salib, awalnya dipahami hanya sebagai sarana kematian yang memalukan dan menyakitkan, telah datang berarti hal yang sama secara rohani. Dinding di sekitar kota dapat menandakan ketidakpedulian sikap terhadap dunia luar atau bahkan semacam kesombongan, atau itu bisa melambangkan perlindungan Allah yang penuh perhatian. Jika Tuhan peduli, ini harus tercermin dalam persepsi kita realitas materi. Namun tetap sulit bagi kita sebagai manusia untuk menentukan di mana satu realitas dimulai dan yang lainnya berakhir.

Inilah sebabnya mengapa Yesus sering disalahpahami ketika Dia mencoba mendekat tumpang tindih yang tampaknya paradoks ini realitas. Yohanes 6 adalah contoh yang bagus. Yesus menggambar analogi material dengan kebenaran spiritual. Orang-orang Yahudi hanya mengerti sisi bahan; mereka gagal untuk memahami pelajaran rohani. Akibatnya banyak yang memilih untuk tidak mengikuti-Nya (Yohanes 6:66).

Mari kita mendekati paradoks ini sekali sekali lagi, memahami kenyataan yang tumpang tindih ini dan mencoba memahaminya

MENGAPA UANG PENTING?

Manusia diciptakan untuk hubungan. Keberadaan kita tergantung pada mutualitas dan pertukaran di banyak tingkatan. Uang adalah salah satu cara kita berhubungan satu sama lain. Ini adalah sistem perantara yang mengatur dan memfasilitasi transfer kami. Lebih mudah dan lebih cepat untuk mengubah catatan kertas daripada seember garam. “Uang adalah media dari pertukaran,”¹ kata definisi klasik.

Jadi itu tidak jahat atau baik itu sendiri. Tergantung cara kita menyikapinya. Oleh karena itu, yang penting adalah bagaimana kita melihat dan menggunakan uang. Visi kami adalah jauh lebih penting daripada uang itu sendiri.

Pandangan dunia kita menentukan apa itu uang kepada kami, dan fungsi apa yang akan dilayaninya hidup kita dan hubungan kita dengan orang lain. Pandangan dunia apa yang dimiliki Kekristenan? membawa semua ini? Paulus menulis uang itu penggunaan yang tepat adalah untuk “mendukung yang lemah.

Dan ingat firman Tuhan Yesus, bahwa Dia berkata, 'Lebih diberkati untuk memberi daripada menerima'” (Kisah Para Rasul 20:35, NKJV).

Yesus mengajarkan bahwa memberi adalah esensi dari kerajaan-Nya. "Tuhan . . . memberikan Anak-Nya yang tunggal” (Yohanes 3:16, NKJV), Yesus memberikan nyawa-Nya, dan semua yang mengikuti-Nya adalah diundang untuk memberi, bukan untuk mengumpulkan (Lukas 9:23-25, NKJV). Lagi pula, “tidak ada yang harus mencari kebaikan mereka sendiri, tetapi kebaikan yang lain” (1 Kor. 10:24, NIV). Kita tidak penerima, tapi pemberi Ketika Paulus berbicara tentang kekayaan, dia jelas melawan yang dominan

pandangan dunia, dulu dan sekarang: “Perintah mereka yang kaya di dunia sekarang ini untuk tidak sombong dan tidak menaruh harapan dalam kekayaan, yang sangat tidak pasti, tetapi untuk menaruh harapan mereka pada Tuhan, yang dengan limpah menyediakan segala sesuatu untuk kesenangan kita. Perintahkan mereka untuk berbuat baik, menjadi kaya dalam perbuatan baik, dan untuk menjadi murah hati dan mau berbagi” (1 Tim. 6:17, 18, NIV).

Kesombongan, harapan, kebaikan, kemurahan hati, dan berbagi adalah bukti dari pandangan dunia. Paulus tidak menyerang perilaku, tapi pola pikir yang mendasari perilaku tertentu. Wawasan Kristen lainnya adalah: Yesus akan datang, dan kami adalah orang asing dalam hal ini tanah. Tidak ada yang abadi di sini. Ini konsep yang membuat C. S. Lewis menciptakan ungkapan "Semua yang tidak abadi adalah kedaluwarsa selamanya,"² dan ini mengubah segalanya. Pertimbangkan ini: Karena Yesus pengorbanan, orang adalah satu-satunya dalam hal ini dunia berhak atas keabadian, dan dengan demikian satu-satunya hal yang layak untuk diinvestasikan.

Ellen White mengungkapkannya seperti ini:

“Kemakmuran spiritual sangat erat terikat dengan kebebasan Kristen. Para pengikut Kristus harus bersukacita dalam hak istimewa untuk mengungkapkan kebajikan dalam hidup mereka dari Penebus mereka. . . . Biarkan mereka berusaha untuk mempertahankan harta mereka untuk tujuan egois, dan itu akan menjadi untuk kehilangan abadi mereka. Tapi biarkan mereka harta diberikan kepada Tuhan, dan sejak saat itu memuat tulisan-Nya. Itu disegel dengan kekekalan-Nya.

Kita seharusnya tidak ragu tentang itu: uang adalah sumber daya untuk melayani orang lain, untuk mengulurkan tangan Tuhan di dunia ini, untuk membantu yang lemah, untuk berbagi, untuk berbuat baik. Jika uang adalah alat tukar, kita harus menggunakannya untuk menukar karakter lama kita dengan karakter baru yang diinginkan Yesus kita. Uang seharusnya hanya satu cara lagi untuk mengungkapkan siapa kita karena Yesus.

LALU BAGAIMANA HARUS KITA PENDEKATAN UANG?

“Dan Tuhan berkata, ‘Kalau begitu, siapakah itu? Pelayan yang setia dan bijaksana, yang akan diangkat tuannya menjadi penguasa atas rumah tangganya, untuk beri mereka porsi makanan mereka pada waktunya musim? Berbahagialah hamba yang tuannya akan menemukan hal itu ketika dia datang'” (Lukas 12:42, 43, NKJV).

Tuhan mencari "setia" dan pengurus yang “bijaksana”. Orang yang setia dalam berbagi sambil bijak mengelola Nya sumber daya. Tuhan ingin kita menjadi saluran belas kasih-Nya yang bijaksana. Orang yang berusaha untuk menjadi seperti Dia, setia dalam mengikuti Dia. Orang Kristen yang setia memandang uang sebagai sarana untuk melayani dan berbagi. Tanpa ini pemahaman, orang mungkin berpikir kemakmuran adalah keuntungan, dan tidak memberi.

Penatalayan yang bijak mengelola uang baiklah agar Tuhan melipatgandakannya, memberi bahkan lebih kepada “pengurus setia dan bijaksana”-Nya sehingga seseorang dapat berbagi dengan milik Tuhan rumah tangga. Penatalayan yang bijaksana akan memiliki anggaran, seperti yang Yesus ajarkan (Lukas 14:28-31), dan akan tahu bagaimana menginvestasikan sumber daya Tuhan (seperti dalam perumpamaan tentang talenta).

Seorang penatalayan Kristen tidak akan menaruh kepercayaan pada uang selain dari Tuhan (seperti yang disebutkan oleh Paulus), tetapi akan mengutamakan kerajaan, seperti yang Yesus ajarkan dalam Khotbah di Bukit.

KEMAKMURAN DIPERLUKAN.

Jika orang Kristen memahami bahwa sumber daya adalah milik Tuhan dan merupakan sarana Tuhan untuk ulurkan tangan Yesus kepada yang lemah, jika mereka tidak mementingkan diri sendiri, bukan? diberkati dengan kemakmuran? Jangan ini kata-kata menggemakan panggilan Abraham: “Dan melalui keturunanmu semua bangsa di bumi akan diberkati." (Kej. 22:18, NIV).

Kemakmuran yang dijanjikan Tuhan adalah untuk berbagi, bukan menimbun. Tuhan ingin memberkati kita, dan Dia akan melakukannya. Tapi ini bukan tawar-menawar; ini bukan untuk mempromosikan keegoisan. Ini untuk demi kekekalan bahwa Dia akan memberkati kita. Keselamatan adalah tujuan tertinggi Tuhan untuk hidup kita:

Beberapa akan memiliki seratus kali lipat dalam kehidupan ini, dan di dunia untuk datanglah hidup yang kekal. Tapi semua tidak akan menerima seratus kali lipat mereka dalam hal ini hidup, karena mereka tidak tahan. Jika dipercayakan dengan banyak, mereka akan menjadi pelayan yang tidak bijaksana. Tuhan menahannya demi kebaikan mereka.

Masalahnya tidak pernah dengan kemakmuran; kami dibuat untuk ini. Masalah selalu menjadi hati kami. Dan disinilah bahan dan realitas spiritual tumpang tindih. Kristus mengarahkan kita untuk menjadi pemberi melalui Roh Kudus-Nya. Itulah sebabnya kita akan menerima kemakmuran: untuk meneladani Allah dalam menjalankan kasih dan kemurahan hati. Kita akan diberkati ketika kita memberkati yang lain. Saat itulah kita menjadi "setia" dan pelayan yang bijaksana.”

Oleh: Diego Barreto, seorang pendeta yang ditahbiskan dari Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh, memiliki

latar belakang sebagai seorang profesional investor dengan pengalaman internasional, sertifikasi bidang ekonomi, dan perencanaan keuangan.

Continue
Apa Saja Yang Bisa Didoakan?

Apa saja yang bisa kita doakan? Apakah semua bisa kita doakan kepada Tuhan atau hanya hal-hal yang kecil saja?

Apa Itu Doa Yang Sebenarnya?

Buat anda yang belum tahu DOA ITU APA, BAGAIMANA DOA YANG BENAR. Ikuti penjelasan berikut ini

Wanita Pekerja di Alkitab: Dalam Pemerintahan

Wanita yang bekerja di luar rumah merasa dihakimi karena dikira telah kehilangan panggilan keibuan-nya. Wanita yang bekerja di dalam rumah merasa gelisah melihat pencapaian temannya yang bekerja di luar rumah. Jadi, di mana titik idealnya?

Cara Meningkatkan Kesehatan Usus Anda

Sebagian besar dari 40 triliun bakteri di tubuh berada di dalam usus. Dan, mereka sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan.

Wanita Pekerja di Alkitab: Masa Hakim-Hakim

Bagaimana menyeimbangkan hidup sebagai wanita Kristiani yang memiliki keluarga dan bekerja? Mari cari inspirasi dari beberapa tokoh wanita pekerja dalam Alkitab berikut ini.

Cara Menentukan Anggaran Yang Sesuai Untuk Makan Sehat

Harga pangan tentunya makin meningkat di tahun 2023. Dapatkah kita makan sehat sesuai anggaran yang ketat? Ya, ada caranya!

Gambaran Keluarga Bahagia

Keluarga menghadapi rasa sakit yang tak terhindarkan di dalam dunia yang berdosa ini. Bagaimana bisa bahagia jika semua keluarga terdiri dari orang-orang berdosa? Tentu saja ini bukanlah maksud awal dan akhir Tuhan.

Lemak Perut Tanda Bahaya

Kelebihan lemak perut merupakan hal yang tidak baik. Bukan saja mengganggu penampilan kita akan tetapi juga mengganggu akan kesehatan bagi tubuh kita.

Yesus dan Pelayanan-Nya di Perkotaan

Apakah Yesus selalu melayani di pedesaan? Bagaimana Ia menjangkau perkotaan? Apa metodenya masih relevan bagi kita sekrang ini? Semuanya dikupas dari firman Tuhan di dalam Alkitab.

Apa Jenis Beras Yang Paling Sehat?

Nasi adalah makanan pokok di banyak negara yang memberi kita sumber energi. Ada banyak varietas beras yang berbeda dalam warna, rasa, dan nilai gizi.