CARA TERBAIK MENUNJUKKAN ETIKA BEKERJA MENURUT ALKITAB

CARA TERBAIK MENUNJUKKAN ETIKA BEKERJA MENURUT ALKITAB

Pekerjaan adalah aspek yang menonjol dari kehidupan kita sebagai manusia. Orang dewasa menghabiskan, rata-rata, 30 persen hidup mereka di tempat kerja, dan bercita-cita untuk karir yang mereka sukai. Etika kerja didefinisikan sebagai seperangkat nilai seperti integritas, tanggung jawab, dan ketekunan dalam pekerjaan seseorang. Seseorang dikatakan memiliki etos kerja yang kuat jika disiplin dan terlibat dalam pekerjaan mereka.

Jan 25, 2022, 3:30 AM

Pekerjaan adalah aspek yang menonjol dari kehidupan kita sebagai manusia. Orang dewasa menghabiskan, rata-rata, 30 persen hidup mereka di tempat kerja, dan bercita-cita untuk karir yang mereka sukai. Etika kerja didefinisikan sebagai seperangkat nilai seperti integritas, tanggung jawab, dan ketekunan dalam pekerjaan seseorang. Seseorang dikatakan memiliki etos kerja yang kuat jika disiplin dan terlibat dalam pekerjaan mereka.

Namun demikian, banyak orang memandang pekerjaan sebagai kebutuhan jahat. Mengapa begitu? Lagi yang penting, apa yang Alkitab katakan tentang pekerjaan? Apa yang Alkitabiah? Prinsip-prinsip yang dapat membimbing orang percaya Kristen mengenai pekerjaan? Inilah pertanyaan-pertanyaan yang akan dibahas dalam artikel ini.

NILAI DAN TEMPAT KERJA DALAM KEHIDUPAN MANUSIA

Alkitab menyebutkan pekerjaan dari awal keberadaan manusia. Segera setelah Tuhan menciptakan Adam dan Hawa, Dia mempekerjakan mereka di Taman Eden (Kej. 2:15). Pekerjaan adalah bagian dari apa yang Tuhan memenuhi syarat sebagai "sangat baik" (Kejadian 1:31).

Tuhan memberi pria dan wanita pekerjaan untuk dilakukan berkontribusi pada kebahagiaan mereka. “Untuk Adam diberi pekerjaan merawat taman. Sang Pencipta tahu bahwa Adam bisa tidak bahagia tanpa pekerjaan. . . . Dia yang menciptakan manusia tahu apa yang akan untuk kebahagiaannya, dan tidak lama kemudian Dia menciptakan dia daripada Dia memberikan pekerjaan yang telah ditentukan-Nya.”¹ Dengan melakukan itu, Tuhan menunjukkan pekerjaan itu—hadiah dari Tuhan—harus dihargai oleh umat manusia.

Setelah Adam berdosa, Tuhan tidak menghapus pekerjaan darinya, tetapi merancangnya itu akan membutuhkan lebih banyak usaha untuk melihatnya hasil jerih payah seseorang (Kej. 3:17). Ini tindakan Tuhan, meskipun mungkin tampak keras, sebenarnya untuk kepentingan umat manusia. “Kejatuhan Adam mengubah urutan hal; bumi dikutuk: tetapi keputusan yang harus diperoleh manusia rotinya dengan keringat di keningnya adalah tidak diberikan sebagai kutukan.”² Sebaliknya, itu adalah bagian dari rencana penebusan, yang efektif cara untuk membantu umat manusia mendapatkan kembali apa yang dulu hilang karena dosa. Dengan bekerja keras, seseorang mendisiplinkan pikiran dan tubuh seseorang. "Dia adalah bagian dari rencana besar Tuhan bagi manusia pemulihan dari kehancuran dan degradasi dari dosa.

Karena dosa dan akibatnya menyebar ke mana-mana bumi, manusia menolak Tuhan dan otoritas-Nya. Mereka mengabaikan kebenaran bahwa Tuhan menetapkan pekerjaan, dan bertindak seolah-olah pekerjaan adalah penemuan mereka sendiri. Tanpa rasa pertanggungjawaban kepada Tuhan, mereka mengatur kondisi kerja yang tidak manusiawi. Perbudakan dilembagakan. Penindasan dan kekejaman dirasakan bahkan di antara mereka yang dianggap anak-anak Allah (Mal. 3:5; Yer. 22:13). Penerima upah dan budak membenci kondisi mereka. Jadi, sesuatu itu dimaksudkan untuk kebahagiaan manusia pada Penciptaan berubah menjadi pengalaman pahit dan dianggap sebagai kutukan. Pada sisi lain, ketika Tuhan dianggap pemilik pekerjaan yang sah, Yang Mahakuasa Majikan, majikan manusia akan menganggap diri mereka sebagai agen dan tindakan-Nya menurut hukum Allah, yaitu hukum cinta. Agen semacam itu bertindak dalam ketakutan akan Tuhan, sebagai contoh Boas (Rut 2:3, 4, 14) menunjukkan.

Manusia bekerja untuk mencari nafkah. Itu Tuhan memberikan instruksi yang tepat kepada anak-anak Israel tentang hak pekerja atas upah mereka (Im. 19:13). Dia tidak dalam rencana-Nya bahwa setiap pekerja, termasuk orang asing, pekerja upahan, dan miskin, harus dirampas dari yang esensial kenyamanan hidup saat mereka bekerja dan mengharapkan imbalan dari kerja keras mereka. Allah dengan jelas menjelaskan kewajiban majikan vis-à-vis karyawan mereka (Ul. 24:14, 15).

Ketika manusia berangkat dari rasa takut Tuhan, kepemilikan uang dianggap sebagai ukuran nilai manusia yang sebenarnya. Akibatnya, manusia menganggap pekerjaan sebagai satu-satunya cara untuk menghasilkan uang dan tidak anggap itu terhormat dan sarana untuk memuliakan Tuhan. Beberapa pekerjaan dibenci karena memberikan gaji yang kecil. Lainnya pekerjaan dianggap bernilai tinggi karena memberikan banyak kompensasi, dan orang-orang mencarinya bahkan jika mereka bakat tidak sesuai dengan profesi yang mereka cita-citakan. Alkitab menunjukkan bahwa Tuhan menyediakan sarana untuk kekayaan, dan Dia memberi semua orang sesuatu yang berguna berbuat menurut kesanggupan (Mat. 25:15). Keyakinan bahwa pekerjaan berasal dari Tuhan yang peduli bahkan burung pipit kecil (Lukas 12:6, 7) membebaskan pekerja manusia dari kecemasan terus-menerus karena tidak menghasilkan cukup untuk memenuhi kebutuhan mereka (Mat. 6:34).

BAGAIMANA CARA KERJANYA?

Cara seseorang bekerja juga merupakan pertimbangan penting. Sehubungan dengan itu, kesalahpahaman tentang pekerjaan menghasilkan dua ekstrem: kemalasan/kemalasan dan terlalu banyak bekerja. Alkitab mengutuk kedua kecenderungan tersebut. Itu anak Tuhan dipanggil untuk bekerja dengan semangat syukur, melayani Tuhan dengan antusias (Rm. 12:11) daripada bermalas-malasan. Tuhan menunjukkan nilai pekerjaan dengan menempatkan di antara Sepuluh Memerintahkan hukum tentang tenaga kerja (Kel. 20:9). Perintah dipatuhi karena kasih seseorang kepada Tuhan (Yohanes 14:15). Ketika Yesus merangkumnya menjadi penguasa muda, Dia menyebutkan bahwa laki-laki harus mengasihi Tuhan Allah dengan hati, jiwa, dan pikirannya (Lukas 10:27). Ketika "hati" dan jiwa harus dimasukkan ke dalam pekerjaan apa pun baik,” kami memberikan bukti kepada Tuhan bahwa kami menghargai karunia-Nya dalam kekuatan fisik, dan juga kemampuan mental.

Pekerjaan membawa martabat sebagai pekerja mendapatkan simpanannya. Rasul Paulus menasihati bahwa orang yang tidak mau kerja jangan makan (2 Tes. 3:10-12). Dia memberi contoh, dan bekerja dengan tangannya sendiri untuk menghindari ketergantungan pada orang-orang yang kepadanya dia memberitakan Injil (Kisah Para Rasul 18:13; 20:34). Yesus, teladan sempurna kita, menunjukkan nilai kerja ketika Dia mengabdikan diri dalam jumlah besar bagian dari hidup-Nya di bumi untuk bekerja sebagai tukang kayu (Markus 6:3). “Dia tidak rela menjadi cacat, bahkan dalam menangani alat.

Dia sempurna sebagai pekerja, karena Dia adalah sempurna dalam karakter. Dengan contoh Dia mengajarkan bahwa pekerjaan harus dilakukan dengan ketelitian dan ketelitian dan bahwa pekerjaan itu terhormat.”

Ekstrem lainnya adalah terlalu banyak bekerja. Itu keselarasan semua bagian (tubuh, pikiran, dan) semangat) harus dijaga dalam keseimbangan yang halus. “Bukan bekerja tetapi terlalu banyak bekerja, tanpa periode istirahat, yang menghancurkan orang turun, membahayakan kekuatan hidup.”⁶ Ketabahan dalam segala hal ditentukan, termasuk pekerjaan (Gal. 5:23). Salomo menasihati untuk menahan diri dalam bekerja (Ams. 23:4). Tuhan dalam Sepuluh Perintah memerintahkan istirahat untuk keduanya manusia dan hewan (Kel. 20:10). Dia juga menginstruksikan orang Israel untuk menjaga keseimbangan antara bekerja dan beristirahat. Orang Israel mengadakan beberapa hari raya sepanjang tahun dan dipanggil untuk meninggalkan pekerjaan sehari-hari mereka dan mengalihkan pikiran mereka ke masalah agama dan persekutuan (Im. 23; Bil. 28; 29; Ul. 16). Instruksi berlaku untuk kami masyarakat kontemporer juga. "Itu WHO . . . terus bekerja ketika penilaian mereka memberi tahu mereka bahwa mereka harus beristirahat tidak pernah pemenang. Mereka hidup dengan modal pinjaman.”⁷ Dengan sengaja menyisihkan waktu untuk membuat kembali dan fokus pada hal-hal lain selain bekerja, manusia memproklamirkan kebebasannya dari tirani kerja.

KESIMPULAN

Artikel ini berfokus pada bagaimana Tuhan menetapkan dan menghargai bekerja dan bagaimana, karena

dosa, karunia ini telah disalahgunakan. Juga menyoroti prinsip-prinsip alkitabiah yang menunjukkan bahwa Tuhan memanggil anak-anak-Nya untuk menghormati pekerjaan yang Dia berikan kepada mereka dengan melakukan pekerjaan mereka terbaik, sehingga memuliakan Pencipta mereka.

Marie-Anne Razafiarivony adalah seorang profesor di Bisnis Departemen Advent Universitas Afrika. Saat ini dia adalah direktur program MBA dari institusi. Minat penelitiannya termasuk karir manajemen, isu-isu manajemen berbasis iman institusi, dan integrasi iman Kristen dan kehidupan sehari-hari. Dia adalah istri pendeta yang aktif berpartisipasi dalam kegiatan gereja. Tujuannya adalah untuk memelihara iman orang percaya.

Continue
Apa Saja Yang Bisa Didoakan?

Apa saja yang bisa kita doakan? Apakah semua bisa kita doakan kepada Tuhan atau hanya hal-hal yang kecil saja?

Apa Itu Doa Yang Sebenarnya?

Buat anda yang belum tahu DOA ITU APA, BAGAIMANA DOA YANG BENAR. Ikuti penjelasan berikut ini

Wanita Pekerja di Alkitab: Dalam Pemerintahan

Wanita yang bekerja di luar rumah merasa dihakimi karena dikira telah kehilangan panggilan keibuan-nya. Wanita yang bekerja di dalam rumah merasa gelisah melihat pencapaian temannya yang bekerja di luar rumah. Jadi, di mana titik idealnya?

Cara Meningkatkan Kesehatan Usus Anda

Sebagian besar dari 40 triliun bakteri di tubuh berada di dalam usus. Dan, mereka sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan.

Wanita Pekerja di Alkitab: Masa Hakim-Hakim

Bagaimana menyeimbangkan hidup sebagai wanita Kristiani yang memiliki keluarga dan bekerja? Mari cari inspirasi dari beberapa tokoh wanita pekerja dalam Alkitab berikut ini.

Cara Menentukan Anggaran Yang Sesuai Untuk Makan Sehat

Harga pangan tentunya makin meningkat di tahun 2023. Dapatkah kita makan sehat sesuai anggaran yang ketat? Ya, ada caranya!

Gambaran Keluarga Bahagia

Keluarga menghadapi rasa sakit yang tak terhindarkan di dalam dunia yang berdosa ini. Bagaimana bisa bahagia jika semua keluarga terdiri dari orang-orang berdosa? Tentu saja ini bukanlah maksud awal dan akhir Tuhan.

Lemak Perut Tanda Bahaya

Kelebihan lemak perut merupakan hal yang tidak baik. Bukan saja mengganggu penampilan kita akan tetapi juga mengganggu akan kesehatan bagi tubuh kita.

Yesus dan Pelayanan-Nya di Perkotaan

Apakah Yesus selalu melayani di pedesaan? Bagaimana Ia menjangkau perkotaan? Apa metodenya masih relevan bagi kita sekrang ini? Semuanya dikupas dari firman Tuhan di dalam Alkitab.

Apa Jenis Beras Yang Paling Sehat?

Nasi adalah makanan pokok di banyak negara yang memberi kita sumber energi. Ada banyak varietas beras yang berbeda dalam warna, rasa, dan nilai gizi.