Cara Menentukan Anggaran Yang Sesuai Untuk Makan Sehat

Cara Menentukan Anggaran Yang Sesuai Untuk Makan Sehat

Harga pangan tentunya makin meningkat di tahun 2023. Dapatkah kita makan sehat sesuai anggaran yang ketat? Ya, ada caranya!

Jan 30, 2023, 9:46 AM

Penulis: dr. Khaw Hun Wei, Penang Adventist Hospital; http://www.pah.com.my/ 

Kita semua sedang merasakan efek inflasi saat ini. Menurut hasil survei pemantauan harga pada pekan pertama Januari 2023, Bank Indonesia mengamati adanya kenaikan harga pangan sebesar 0,40 persen (Rahayu, 2023). Komoditas pangan yang mengalami peningkatan harga antara lain beras, cabai, bawang merah, telur dan daging (Iman, 2023). Memang makan sehat tidak harus mahal. Namun, jika makanan sehari-hari terkena dampak inflasi, maka pilihan makanan yang sesuai anggaran bisa jadi berkurang dan membuat para anggota rumah tangga harus mengkajinya lebih cermat lagi.

Dalam artikel ini, dr. Khaw Hun Wei dari Rumah Sakit Advent Penang, Malaysia, memberikan tips atau cara-cara untuk mengurangi pengeluaran belanjaan sambil tetap menyajikan makanan bergizi di atas meja.

Rencanakan Makanan Anda

Rencanakan makanan Anda untuk minggu yang akan datang. Kemudian, buatlah daftar belanjaan dari semua yang Anda butuhkan untuk menyiapkan makanan tersebut. Pastikan juga untuk mengecek lemari es dan lemari penyimpanan bahan makanan Anda untuk melihat apa yang sudah Anda miliki. Anda mungkin memiliki makanan tersembunyi di bagian belakang lemari yang dapat digunakan, atau Anda mungkin ingin merencanakan makanan Anda sesuai bahan-bahan yang ada sebelum kedaluwarsa.

Tetap Sesuai Daftar Belanjaan Anda 

Setelah Anda merencanakan makanan dan membuat daftar belanjaan, patuhi itu. Membuat daftar belanjaan membantu Anda menghindari pembelian impulsif yang bertambah.

Beli Belanja Bahan Makanan Sehat
Beli Belanja Bahan Makanan Sehat

Masak di Rumah 

Memasak di rumah bisa lebih murah daripada makan di luar atau memesan pesan antar makanan. Jika Anda memasak di rumah, Anda dapat bereksperimen dan mencoba berbagai resep sehat. Dengan memasak sendiri, Anda juga mendapat manfaat karena mengetahui dengan tepat bahan apa yang ada dalam makanan Anda.

Masak Porsi yang Lebih Besar dan Bungkus untuk Makan Siang Keesokan Harinya 

Memasak makanan dalam jumlah banyak dapat menghemat waktu dan uang Anda. Sering makan di luar itu sangat mahal jika dijumlahkan pada akhirnya. Lebih murah mengemas sisa makanan dari rumah untuk makan siang keesokan harinya daripada makan di luar.

Masak di rumah
Masak di rumah

Hindari Membeli Makanan Olahan 

Kentang goreng, nugget ayam, kerupuk, dan makanan beku siap saji itu mahal, bukan? Bisa jadi Anda pernah kaget melihat uang yang Anda keluarkan untuk membeli jenis-jenis makanan tersebut. Mereka juga biasanya tinggi sodium, lemak trans atau tambahan gula. Dengan melewatkan makanan olahan, Anda dapat membelanjakan lebih banyak anggaran untuk makanan utuh yang kaya nutrisi dan berkualitas lebih tinggi.

Ganti Daging dengan Protein Lain 

Makan lebih sedikit daging mungkin merupakan cara yang baik untuk menghemat uang dan meningkatkan kesehatan Anda. Banyak protein nabati, seperti kacang dan tahu, lebih murah daripada daging. Mencoba satu atau dua makanan tanpa daging dapat membantu Anda menghemat uang.

Sumber Protein Nabati
Sumber Protein Nabati

Carilah Penawaran Khusus 

Jika Anda memiliki makanan pokok yang sering Anda gunakan, Anda harus membelinya saat sedang diobral. Pastikan saja bahan makanan tersebut tidak akan kedaluwarsa terlalu cepat dan dapat bertahan lama.

Beli dalam Jumlah Besar 

Membeli beberapa makanan dalam jumlah banyak dapat menghemat banyak uang. Padi-padian seperti beras merah, jelai, dan gandum, semuanya tersedia dalam jumlah besar. Ini juga berlaku untuk kacang, lentil, dan biji-bijian. Jika Anda menyimpannya dalam wadah kedap udara, mereka bisa bertahan lama. Ini semua adalah makanan pokok yang relatif murah dan dapat digunakan dalam berbagai makanan bergizi.

Beli dari Penjual Online yang Lebih Murah 

Ada beberapa penjual online yang menawarkan makanan bergizi dengan harga jauh lebih murah daripada toko bahan makanan. Beberapa toko berfokus secara eksklusif pada makanan bergizi dan tidak diproses seperti kacang campuran.

Pesan Bahan Makanan Sehat Secara Online
Pesan Bahan Makanan Sehat Secara Online

Tumbuhkan Produk Anda Sendiri 

Lakukan hal ini jika memungkinkan. Benih tumbuhan sangat murah untuk dibeli. Dengan sedikit waktu dan usaha, Anda mungkin bisa menanam rempah-rempah, sayuran, dan buah-buahan sendiri. Memiliki persediaan terus menerus di rumah membantu menghemat uang.

Sudah dapat ide mau masak apa, bagaimana belanja bahan makanan dan berbelanja di mana? Intinya, Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk makan enak dan sehat karena ada banyak cara untuk makan makanan kaya nutrisi meski dengan budget terbatas. Ingat untuk merencanakan makanan Anda, memasak di rumah, dan membuat pilihan cerdas di toko bahan makanan.

Referensi:

Iman, I. (2023, January 4). Harga Pangan Naik Awal Tahun 2023, Ini Penyebabnya. Rri.co.id. Retrieved from https://rri.co.id/bisnis/127796/pro3-pedagang-pasar-harga-pangan-alami-kenaikan-di-awal-2023. 

Rahayu, I. (2023, January 7). Harga Bahan Pangan Naik, Bi Perkirakan Inflasi Januari 2023 Capai 0,40 Persen. Kompas.com. Retrieved from https://money.kompas.com/read/2023/01/07/130000426/harga-bahan-pangan-naik-bi-perkirakan-inflasi-januari-2023-capai-0-40-persen. 

Continue
Apa Saja Yang Bisa Didoakan?

Apa saja yang bisa kita doakan? Apakah semua bisa kita doakan kepada Tuhan atau hanya hal-hal yang kecil saja?

Apa Itu Doa Yang Sebenarnya?

Buat anda yang belum tahu DOA ITU APA, BAGAIMANA DOA YANG BENAR. Ikuti penjelasan berikut ini

Wanita Pekerja di Alkitab: Dalam Pemerintahan

Wanita yang bekerja di luar rumah merasa dihakimi karena dikira telah kehilangan panggilan keibuan-nya. Wanita yang bekerja di dalam rumah merasa gelisah melihat pencapaian temannya yang bekerja di luar rumah. Jadi, di mana titik idealnya?

Cara Meningkatkan Kesehatan Usus Anda

Sebagian besar dari 40 triliun bakteri di tubuh berada di dalam usus. Dan, mereka sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan.

Wanita Pekerja di Alkitab: Masa Hakim-Hakim

Bagaimana menyeimbangkan hidup sebagai wanita Kristiani yang memiliki keluarga dan bekerja? Mari cari inspirasi dari beberapa tokoh wanita pekerja dalam Alkitab berikut ini.

Cara Menentukan Anggaran Yang Sesuai Untuk Makan Sehat

Harga pangan tentunya makin meningkat di tahun 2023. Dapatkah kita makan sehat sesuai anggaran yang ketat? Ya, ada caranya!

Gambaran Keluarga Bahagia

Keluarga menghadapi rasa sakit yang tak terhindarkan di dalam dunia yang berdosa ini. Bagaimana bisa bahagia jika semua keluarga terdiri dari orang-orang berdosa? Tentu saja ini bukanlah maksud awal dan akhir Tuhan.

Lemak Perut Tanda Bahaya

Kelebihan lemak perut merupakan hal yang tidak baik. Bukan saja mengganggu penampilan kita akan tetapi juga mengganggu akan kesehatan bagi tubuh kita.

Yesus dan Pelayanan-Nya di Perkotaan

Apakah Yesus selalu melayani di pedesaan? Bagaimana Ia menjangkau perkotaan? Apa metodenya masih relevan bagi kita sekrang ini? Semuanya dikupas dari firman Tuhan di dalam Alkitab.

Apa Jenis Beras Yang Paling Sehat?

Nasi adalah makanan pokok di banyak negara yang memberi kita sumber energi. Ada banyak varietas beras yang berbeda dalam warna, rasa, dan nilai gizi.