Apa Jenis Beras Yang Paling Sehat?

Apa Jenis Beras Yang Paling Sehat?

Nasi adalah makanan pokok di banyak negara yang memberi kita sumber energi. Ada banyak varietas beras yang berbeda dalam warna, rasa, dan nilai gizi.

Jan 10, 2023, 10:11 AM

Menurut pemerintah, orang Indonesia makan terlalu banyak nasi. Hal ini dapat berdampak buruk bagi ekonomi dan gizi masyarakat. Rata-rata konsumsi beras per orang Indonesia lebih tinggi dibandingkan orang-orang dari negara penghasil beras utama lainnya, seperti Cina dan India. Dan, ironisnya, walaupun konsumsi nasi terbilang tinggi, 30 persen anak-anak Indonesia mengalami pertumbuhan yang terhambat karena malnutrisi (Normala, 2018).

Mari kita pelajari varietas beras yang bermacam-macam dalam warna, rasa, dan nilai gizi dalam artikel ini. Semoga nasi sebagai makanan pokok di banyak negara, termasuk Indonesia, tidak hanya memberi sumber energi tetapi juga membantu menjaga nutrisi yang sesuai.

Ragam Beras Yang Sehat

1. Beras Cokelat (Brown Rice)

Beras cokelat adalah beras gandum yang masih mengandung lapisan kulit padi (dedak) dan benih (embryo/germ). Kedua bagian ini mengandung sejumlah besar nutrisi seperti flavonoid dan antioksidan. Senyawa-senyawa ini berperan penting dalam pencegahan penyakit. Konsumsi makanan kaya flavonoid secara teratur telah dikaitkan dengan penurunan risiko kondisi kronis, seperti penyakit jantung dan kanker tertentu.

Beras cokelat memberikan jumlah kalori yang sama dengan beras putih, yang kulit dan benihnya telah dihilangkan. Namun, beras cokelat memiliki serat sekitar tiga kali lebih banyak dan protein yang lebih tinggi. Serat dan protein meningkatkan perasaan kenyang dan dapat membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat.

Memilih beras cokelat daripada beras putih dapat membantu mengatur gula darah dan insulin.

Beras Coklat
Beras Coklat

Beras Hitam (Black Rice) dan Beras Merah (Red Rice)

Ragam beras hitam, seperti beras hitam Indonesia dan beras hitam melati Thailand (Thai jasmine black rice); Ragam beras merah, seperti beras merah Himalaya dan beras kargo merah Thailand, menjadi berwarna merah atau ungu saat dimasak.

Beras hitam atau merah sangat kaya akan anthocyanin, sekelompok pigmen tumbuhan flavonoid yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang kuat.

Anthocyanin telah terbukti memiliki sifat antikanker yang kuat juga. Antioksidan adalah senyawa yang melindungi sel dari kerusakan.

Beras Hitam
Beras Hitam
Beras Merah
Beras Merah

Ragam Beras yang Kurang Bergizi 

  • Beras Putih (White Rice)

Beras putih telah dihilangkan sekam, dedak, dan embryonya. Nutrisi dan senyawa tanaman yang bermanfaat yang ditemukan dalam dedak dan embryo hilang selama pemrosesan. Akibatnya, beras putih mengandung lebih sedikit serat, protein, antioksidan, serta vitamin dan mineral tertentu daripada beras cokelat. Karena beras putih lebih rendah serat dan proteinnya, maka beras putih juga kurang mengenyangkan dan lebih berdampak pada gula darah dibanding beras cokelat.

Beras Putih
Beras Putih
  • Basmati Putih (White Basmati)

Basmati adalah beras panjang, tersedia dalam varietas putih atau cokelat. Basmati cokelat adalah biji-bijian utuh (whole grain) tetapi basmati putih adalah biji-bijian olahan, artinya banyak nutrisi berharga telah dihilangkan selama pemrosesan. Biji-bijian olahan dikaitkan dengan efek kesehatan yang negatif.

Basmati Putih
Basmati Putih

Jenis Mana yang Harus Anda Pilih?

Mengkonsumsi biji-bijian utuh (gandum) daripada biji-bijian olahan lebih baik untuk kesehatan karena kaya akan antioksidan dan serat. Biji-bijian utuh juga dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung, obesitas, dan kanker tertentu. Oleh karena itu, memilih basmati cokelat, beras merah, hitam, atau cokelat utuh adalah pilihan yang lebih baik. Meski beras putih atau basmati putih boleh dimakan secukupnya, namun menggantinya dengan varietas gandum akan memberikan manfaat lebih.

Reference:

Normala, Adinda. “Indonesia Must Diversify Its Staple Food to Ensure Food Security for All: UN.” Jakarta Globe, 15 June 2018, https://jakartaglobe.id/context/indonesia-must-diversify-staple-food-ensure-food-security-un/. Accessed 6 Jan. 2023. 

Continue
Gambaran Keluarga Bahagia

Keluarga menghadapi rasa sakit yang tak terhindarkan di dalam dunia yang berdosa ini. Bagaimana bisa bahagia jika semua keluarga terdiri dari orang-orang berdosa? Tentu saja ini bukanlah maksud awal dan akhir Tuhan.

Lemak Perut Tanda Bahaya

Kelebihan lemak perut merupakan hal yang tidak baik. Bukan saja mengganggu penampilan kita akan tetapi juga mengganggu akan kesehatan bagi tubuh kita.

Yesus dan Pelayanan-Nya di Perkotaan

Apakah Yesus selalu melayani di pedesaan? Bagaimana Ia menjangkau perkotaan? Apa metodenya masih relevan bagi kita sekrang ini? Semuanya dikupas dari firman Tuhan di dalam Alkitab.

Apa Jenis Beras Yang Paling Sehat?

Nasi adalah makanan pokok di banyak negara yang memberi kita sumber energi. Ada banyak varietas beras yang berbeda dalam warna, rasa, dan nilai gizi.

Tahun Baru 'Mindfulness' Baru

Pada dasarnya ketika tahun baru, kita akan memiliki banyak resolusi salah satunya Mindfulness. Pada artikel ini akan membahas bagaimana manfaat Mindfulness di tahun yang baru.

Perayaan Tahun Baru Yang Alkitabiah

Selain mengadakan ibadah buka tahun, biasanya kita merayakan perayaan tahun baru. Pada artikel ini, kita akan membahas bagaimana perayaan tahun secara Alkitabiah.

Hadiah Natal: Asal-Usul, Penerima dan Cara Memberi

Ketika Hari Natal tiba, seringkali kita bertanya, pemberian hadiah natal, penerima dan cara memberinya itu seperti apa. Berikut ini kami bagikan artikel mengenai Hadiah Natal.

Iri hati berbahaya? Berikut ini tips agar anda bisa menghindari iri hati

Semua kita pasti pernah merasakan iri hati. Tapi tidak tahukah anda bahwa iri hati sangatlah berbahaya. Berikut ini kami bagikan tips menghindari iri hati.

Bahasa roh seperti apa? Penjelasan Alkitabiah Bahasa Roh

Bahasa Roh menjadi perbincangan di kalangan Kristen. Pro dan Kontra terjadi dalam hal ini. Tapi Alkitab dengan jelas menerangkan seperti berikut ini.

Terburu-buru adalah sifat yang bertentangan dengan Tuhan

Apa benar terburu-buru adalah hal yang tidak disukai oleh Tuhan? Ya benar. Karena terburu-buru melangkahi Tuhan. Tuhan memiliki rencana baik untuk kita. Jadi dengarkan pimpinan Tuhan dengan bersabar