Diskusi Sekolah Sabat

Roh Tuhan Allah ada padaku, oleh karena Tuhan telah mengurapi aku. Ia telah mengutus aku untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang sengsara, dan merawat orang-orang yang remuk hati. Ikuti pembahasan Kepahlawanan Hamba dalam program Diskusi Sekolah Sabat.

Diskusi Sekolah Sabat

Videos

Sekolah Sabat Dewasa | Efesus Dalam Hati - Pel 14 Kuartal III 2023

Pengunjung di London menaiki London Eye, seperti sebuah atraksi putaran kincir. Dari ketinggian 450 kaki di atas Sungai Thames, Anda dapat melihat semuanya: Big Ben, Gedung Parlemen, dan banyak istana dan katedral bersejarah. Bagi sarjana Perjanjian Baru Nicholas Thomas "Tom" Wright, "surat kepada jemaat di Efesus memiliki kaitan dengan surat-surat Paulus yang lain seperti London Eye. Surat ini bukan yang terpanjang atau terlengkap dari semua tulisannya, tetapi menawarkan pemandangan yang menakjubkan. Dari sini, saat roda berputar, Anda mendapatkan pandangan dari atas terhadap satu tema ke tema lainnya"-- Paul for Everyone: The Prison Letters (London: S.P.C.K. [Society for Promoting Christian Knowledge Publishing], 2004), hlm. 3. Di Efesus, Paulus tidak berfokus pada isu-isu yang menjadi perhatian lokal. Surat itu berbunyi seolah-olah Paulus berbicara kepada orang percaya di mana saja dan gereja-gereja Kristen di mana pun mereka berada. Nuansa abadi surat itu memungkinkan "pemandangan menakjubkan" yang Paulus tawarkan untuk menguasai dunia dan pemikiran kita sendiri. Saat kita meninjau setiap bab, mari kita ingat pertanyaan ini: Kebenaran penting apakah yang tertanam dalam Efesus yang harus terus membentuk kehidupan kita sebagai orang percaya? Saksikan PELAJARAN SEKOLAH SABAT KE-14 dengan judul "EFESUS DALAM HATI"

Sekolah Sabat Dewasa | Mengobarkan Perdamaian - Pel 13 Kuartal III 2023

Tulisan Bunyan pada tahun 1678 mengenang sebuah dokumen yang ditulis sekitar 1.600 tahun sebelumnya oleh Rasul Paulus, Surat kepada jemaat di Efesus, yang juga disusun di penjara. Di dalamnya Rasul Paulus membayangkan pasukan besar, gereja, mengunjungi gudang senjata Tuhan dan menyesuaikan diri dengan panoplia Ilahi, istilah Yunani untuk baju besi yang menutupi penuh dari ujung kepala sampai ujung kaki. Gudang senjata Tuhan memiliki cukup persenjataan terbaik bagi setiap pasukan-Nya untuk "dibalut dengan baja dari atas sampai ujung kaki," saat mereka berangkat untuk mengobarkan kedamaian dalam nama-Nya. Saksikan PELAJARAN SEKOLAH SABAT KE-13 dengan judul "MENGOBARKAN PERDAMAIAN"

Sekolah Sabat Dewasa | Panggilan Untuk Berdiri - Pel 12 Kuartal III 2023

Dalam menyusun Efesus 6: 10- 20, Paulus berdoa untuk visi yang ditingkatkan bagi orang percaya sehingga mereka akan dapat melihat kenyataan penuh dari pertentangan besar dan untuk menarik harapan dari apa yang diungkapkannya kepada mereka. Saksikan PELAJARAN SEKOLAH SABAT KE-12 dengan judul "PANGGILAN UNTUK BERDIRI"

Sekolah Sabat Dewasa | Mempraktikkan Kesetiaan Tertinggi Kepada Kristus - Pel 11 Kuartal III 2023

Saat ini, di zaman dan budaya kita, tantangan penting kita adalah membaca Efesus 6: 1- 9 dalam konteks kisah keselamatan yang utuh, seperti yang diungkapkan dalam Alkitab secara lengkap. Apakah yang dapat kita pelajari sewaktu kita melihat Paulus menerapkan nilai-nilai Injil pada struktur sosial yang cacat pada zamannya? Saksikan PELAJARAN SEKOLAH SABAT KE-11 dengan judul "MEMPRAKTIKAN KESETIAAN TERTINGGI KEPADA KRISTUS"

Sekolah Sabat Dewasa | Suami dan Istri: Bersama di Salib - Pel 10 Kuartal III 2023

Dalam Efesus 5: 21-33, Paulus membangun gagasan tentang saling merendahkan diri antara sesama orang percaya (Ef. 5:21) ; dia kemudian menawarkan nasihat kepada istri-istri Kristen (Ef. 5: 22-24) dan para suami (Ef. 5: 25-32); dan dia mengakhiri dengan inti sari dari instruksi kepada keduanya ( Ef. 5: 33). Saksikan PELAJARAN SEKOLAH SABAT KE-10 dengan judul "SUAMI DAN ISTRI: BERSAMA DI SALIB"

Sekolah Sabat Dewasa | Hidup Bijaksana - Pel 9 Kuartal III 2023

Dalam Efesus 5:1-20, Paulus membandingkan apa yang dihargai oleh orang kafir dan orang percaya. Orang-orang kafir menghargai cerita cabul (Ef. 5:4), pesta mabuk-mabukan (Ef. 5:18), dan seks yang tidak senonoh (Ef. 5:3, 5) sebagai harta terbesar kehidupan. Akan tetapi, orang-orang percaya tahu bahwa hari penghakiman terakhir akan datang, ketika nilai yang sesungguhnya dan segala sesuatu akan menjadi nyata (Ef. 5:5, 6). Alih-alih menawarkan pesta dan mabuk-mabukan, mereka menghargai, antara lain, “semua yang baik dan adil dan benar” (Ef. 5:9) di dalam Kristus. Oleh karena itu, Paulus mendesak mereka untuk mengambil penawaran yang ditemukan dalam Kristus ketika mereka hidup (seperti yang kita semua lakukan) di ambang kekekalan (Ef. 5:15-17). Saksikan PELAJARAN SEKOLAH SABAT KE-9 dengan judul "HIDUP BIJAKSANA"

Sekolah Sabat Dewasa | Kehidupan Yang Dibentuk Kristus Dan Perkataan Yang Diinspirasikan Roh - Pel 8 Kuartal III 2023

Dalam Efesus 4: 17-32, Paulus memperlihatkan bahwa orang percaya mengalami transformasi total. Mereka telah melepas diri mereka yang lama dan telah menerima identitas mereka yang baru. Meskipun agak mirip dengan perubahan Jose, ini bukan hanya transformasi eksternal. Ini termasuk "diperbarui di dalam roh dan pikiranmu" (Ef. 4: 23), membawa ke dalam kehidupan "kebenaran dan kekudusan yang sesungguhnya" (Ef. 4: 24). Ini adalah perubahan yang paling akhir. Saksikan PELAJARAN SEKOLAH SABAT KE-8 dengan judul "KEHIDUPAN YANG DIBENTUK KRISTUS DAN PERKATAAN YANG DIINSPIRASIKAN ROH"

Sekolah Sabat Dewasa | Kesatuan Tubuh Kristus - Pel 7 Kuartal III 2023

Paulus, bagaimanapun, menggunakan tubuh manusia untuk membuat maksud rohani. Bagi Paulus, tubuh manusia - dan gereja sebagai tubuh Kristus - terdiri dari berbagai bagian dengan kemampuan yang berbeda, yang semuanya harus bekerja sama agar tubuh menjadi sehat. Gambaran Paulus tentang tubuh yang sehat dan bersatu membantu kita memahami tujuan Allah bagi kita: untuk menjadi bagian dari gereja yang berbuah yang dipersatukan dalam Kristus. Saksikan PELAJARAN SEKOLAH SABAT KE-7 dengan judul "KESATUAN TUBUH KRISUS"

Sekolah Sabat Dewasa | Misteri Injil - Pel 6 Kuartal III 2023

Dalam Efesus 3, Paulus memulaikan dengan tema yang dia telah singgung sebelumnya: "bahwa orang-orang bukan Yahudi, karena Berita Injil, turut menjadi ahli-ahli waris dan anggota-angggota tubuh dan peserta dalam janji yang diberikan dalam Kristus Yesus" (Ef. 3: 6). Dan meskipun itu mungkin tidak terlalu mengejutkan bagi gereja saat ini, yang sebagian besar terdiri dari orang bukan Yahudi, itu adalah sesuatu yang tampaknya baru bagi banyak pembacanya pada waktu itu. Saksikan PELAJARAN SEKOLAH SABAT KE-6 dengan judul "MISTERI INJIL".

Sekolah Sabat Dewasa | Pendamaian Horizontal: Salib dan Gereja - Pel 5 Kuartal III 2023

Dalam Efesus 2: 11-12, Paulus melihat salib Kristus sebagai perbedaan, menghancurkan penghalang dan tembok seperti itu. Secara vertikal, salib menghilangkan keterasingan, mendamaikan manusia dengan Tuhan. Secara horizontal, itu mendamaikan oang satu sama lain. Salib menghilangkan permusuhan dan membawa perdamaian antara orang Yahudi dan bukan Yahudi, menjadikan mereka "satu manusia baru" (Ef. 2: 15). Bersama, mereka menjadi Bait Suci baru, "tempat kediaman Allah, di dalam Roh" (Ef. 2: 22). Apakah arti kebenaran ini bagi kita hari ini? Saksikan PELAJARAN SEKOLAH SABAT KE-5 dengan judul "Pendamaian Horizontal: Salib dan Gereja".

Sekolah Sabat Dewasa | Bagaimana Tuhan Menyelamatkan Kita - Pel 4 Kuartal III 2023

Tidak ada yang lebih mencekam seperti kisah penyelamatan yang bagus, dan Paulus, dalam Efesus 2: 1-10, memberikan kita pandangan yang dekat dan pribadi tentang misi penyelamatan yang paling agung dan terluas sepanjang masa -- upaya Tuhan untuk menebus umat manusia. Drama ini memuncak dengan mengetahui bahwa kita bukan hanya penonton dari penyelamatan orang lain tetapi saksi dari penyelamatan kita sendiri. Saksikan PELAJARAN SEKOLAH SABAT KE-4 dengan judul "Bagaimana Tuhan Menyelamatkan Kita".

Sekolah Sabat Dewasa | Kuasa Yesus Yang Ditinggikan - Pel 3 Kuartal III 2023

Paulus berdoa agar orang-orang percaya di Efesus, yang di bawah godaan untuk mengagumi berbagai kekuatan dan dewa budaya mereka akan mengalami, melalui Roh Kudus, besarnya kuasa yang Allah sediakan bagi mereka di dalam Kristus. Kuasa Ilahi ini tidak diukur dalam tenaga kuda, atau sihir, tetapi terlihat dalam empat peristiwa sejarah keselamatan yang mengubah alam semesta: (1) kebangkitan Yesus; (2) Kristus dimuliakan di takhta Allah; (3) segala sesuatu ditempatkan dalam ketaatan kepada Kristus; (4) Kristus diberikan kepada jemaat sebagai Kepalanya (Ef. 1:19-23). Dalam mempertimbangkan empat peristiwa ini, orang percaya mungkin mulai memahami—dan mengalami—luasnya cakupan kuasa yang Tuhan lakukan atas nama mereka. Saksikan PELAJARAN SEKOLAH SABAT KE-3 dengan judul "Kuasa Yesus Yang Ditinggikan".

Hosts

Yola Tanara

Diskusi Sekolah Sabat
Hosts
Yola Tanara
Categories
Adventists, Bible, Faith, Youth
Seasons
10
Episodes
199
Donate to Hope Channel

You might also like

Harapan Kota Kasih

Renungan Firman Tuhan yang dibawakan oleh para hamba-hamba Tuhan dari daerah Nusa Tenggara

Jangan Bingung

Pembahasan Alkitab yang memovitasi kehidupan agar semakin lebih baik lagi dengan pertolongan Tuhan.

Mari Berdoa

Program interaktif yang mengajak untuk lebih tekun berdoa dan menawarkan topangan doa bagi pemirsa yang membutuhkan.