Diskusi Sekolah Sabat

Sekolah Sabat Dewasa | Pendamaian Horizontal: Salib dan Gereja - Pel 5 Kuartal III 2023

Dalam Efesus 2: 11-12, Paulus melihat salib Kristus sebagai perbedaan, menghancurkan penghalang dan tembok seperti itu. Secara vertikal, salib menghilangkan keterasingan, mendamaikan manusia dengan Tuhan. Secara horizontal, itu mendamaikan oang satu sama lain. Salib menghilangkan permusuhan dan membawa perdamaian antara orang Yahudi dan bukan Yahudi, menjadikan mereka "satu manusia baru" (Ef. 2: 15). Bersama, mereka menjadi Bait Suci baru, "tempat kediaman Allah, di dalam Roh" (Ef. 2: 22). Apakah arti kebenaran ini bagi kita hari ini? Saksikan PELAJARAN SEKOLAH SABAT KE-5 dengan judul "Pendamaian Horizontal: Salib dan Gereja".

Online since
07/28/2023, 9:10 AM
Categories
Adventists, Bible, Documentary, Education, Faith, Sermon

Related Episodes

Sekolah Sabat Dewasa | Mengobarkan Perdamaian - Pel 13 Kuartal III 2023

Tulisan Bunyan pada tahun 1678 mengenang sebuah dokumen yang ditulis sekitar 1.600 tahun sebelumnya oleh Rasul Paulus, Surat kepada jemaat di Efesus, yang juga disusun di penjara. Di dalamnya Rasul Paulus membayangkan pasukan besar, gereja, mengunjungi gudang senjata Tuhan dan menyesuaikan diri dengan panoplia Ilahi, istilah Yunani untuk baju besi yang menutupi penuh dari ujung kepala sampai ujung kaki. Gudang senjata Tuhan memiliki cukup persenjataan terbaik bagi setiap pasukan-Nya untuk "dibalut dengan baja dari atas sampai ujung kaki," saat mereka berangkat untuk mengobarkan kedamaian dalam nama-Nya. Saksikan PELAJARAN SEKOLAH SABAT KE-13 dengan judul "MENGOBARKAN PERDAMAIAN"

Sekolah Sabat Dewasa | Suami dan Istri: Bersama di Salib - Pel 10 Kuartal III 2023

Dalam Efesus 5: 21-33, Paulus membangun gagasan tentang saling merendahkan diri antara sesama orang percaya (Ef. 5:21) ; dia kemudian menawarkan nasihat kepada istri-istri Kristen (Ef. 5: 22-24) dan para suami (Ef. 5: 25-32); dan dia mengakhiri dengan inti sari dari instruksi kepada keduanya ( Ef. 5: 33). Saksikan PELAJARAN SEKOLAH SABAT KE-10 dengan judul "SUAMI DAN ISTRI: BERSAMA DI SALIB"

Sekolah Sabat Dewasa | Bagaimana Tuhan Menyelamatkan Kita - Pel 4 Kuartal III 2023

Tidak ada yang lebih mencekam seperti kisah penyelamatan yang bagus, dan Paulus, dalam Efesus 2: 1-10, memberikan kita pandangan yang dekat dan pribadi tentang misi penyelamatan yang paling agung dan terluas sepanjang masa -- upaya Tuhan untuk menebus umat manusia. Drama ini memuncak dengan mengetahui bahwa kita bukan hanya penonton dari penyelamatan orang lain tetapi saksi dari penyelamatan kita sendiri. Saksikan PELAJARAN SEKOLAH SABAT KE-4 dengan judul "Bagaimana Tuhan Menyelamatkan Kita".

Sekolah Sabat Dewasa | Paulus dan Jemaat Efesus - Pel 1 Kuartal III 2023

Paulus memiliki tujuan besar yang memotivasi suratnya. Sebagian karena dia sedang di dalam penjara (Ef. 3:13; Ef. 6:20), dan sebagian karena pencobaan dan penganiayaan yang sedang berlangsung, Jemaat Efesus tergoda untuk berkecil hati. Paulus mengingatkan mereka terhadap apa yang terjadi pada saat mereka bertobat, saat menerima Kristus sebagai Juruselamat dan menjadi bagian dari gereja. Mereka menjadi tubuh Kristus (Ef. 1: 19-23; Ef. 4: 1-16), menjadi bahan-bahan dalam membangun sebuah Bait Suci (Ef. 2: 19-22), pengantin Kristus (Ef. 5: 21-33), dan prajurit yang diperlengkapi dengan baik (Ef. 6: 10-20). Mereka memegang peranan penting dalam memenuhi rencana besar Allah, untuk mempersatukan segala sesuatu di dala Kristus (Ef. 1: 9, 10). Paulus menulis untuk membangunkan umat percaya di Efesus kepada identitas mereka yang sepenuhnya dan kesempatan-kesempatan istimewa yang mereka miliki sebagai pengikut Kristus.