Setiap Sabat Beribadah di Alam Terbuka, Beginilah Kisah di Pos Pelayanan Sabu Mesara

Setiap Sabat Beribadah di Alam Terbuka, Beginilah Kisah di Pos Pelayanan Sabu Mesara

MESARA SABU RAIJUA. Hopechannel.id || Dua jemaat dari Sabu Timur lakukan kunjungan ke Pos Pelayanan Mesara. Kegiatan ini disambut dengan kebaktian sabat di alam terbuka. Adapun dua jemaat yang melakukan pelayanan di sana adalah jemaat dari Sabu Timur, Jemaat Lobodei dan Jemaat Huwaga.

Setiap Sabat melakukan ibadah di alam terbuka, alasan Pos Pelayanan Mesara melakukan ini dikarenakan belum adanya tanah yang tersedia untuk membangun gereja.

May 31, 2023, 8:16 AM

Kebaktian Sabat dipimpin oleh Bapak Doni Bunga, dengan judul “Lima Gadis Bodoh dan Lima Gadis Pintar”. Lima gadis pintar dan lima gadis bodoh beribadah bersama-sama. Gadis pintar tidak hanya mau mendengar tapi gadis pintar mempersiapkan diri dengan menyediakan minyak. Minyak melambangkan Roh Kudus. Urapan Roh Kudus menjadi bagian gadis yang pintar, dan Roh Kudus pasti menuntun kehidupan dekat kepada Yesus dan semakin setia dalam pelayanan sehari-hari.

Pada media, Bapak Ferdi Yanuarius Lena menuturkan jika pelayanan di tempat tersebut sudah berlangsung sejak tahun 2018 di salah satu tanah milik bapak Imanuel Manggi. Hal tersebut bermula saat bapak Wilhelmus Lay memiliki kerinduan untuk belajar Alkitab, sehingga saat itu Tuhan mempertemukan dengan salah satu hamba Tuhan Pdt, Titus Mulik dan Bapak Ferdi Yanuarius Lena. Sehingga mulai saat itulah setiap sabat pelayanan bergantian dari dua jemaat Sabu Timur, yaitu Jemaat Lobodei dan Jemaat Huwaga.

“Kalau tentang pelayanan di Pos Mesara berawal saya dengan Pendeta Titus Mulik pergi melihat tempat wisata Kelabba Maja. Tuhan pertemukan kami dengan Bapak Welhelmus Lay tahun 2018 dalam perbincangan singkat tentang Yesus, karena penasaran dengan perbincangan kami sehingga Bapak Lay mengundang kami untuk datang lagi ke rumahnya mengadakan belajar Alkitab” Jelas Bapak Ferdi Yanuarius Lena.

Untuk tempat Ibadah lanjutnya bahwa dilakukan di tanah milik bapak Manuel Manggi hingga akhirnya salah satu tenaga sukarela/ TSPM ditempatkan di tempat tersebut untuk melayani. “Untuk tempat kebaktian Bapak Imanuel Manggi memberikan tanahnya untuk tempat peribadatan setiap sabat. Puji Tuhan jemaat Lobodei dan Jemaat Huwaga menyambut gembira pelayanan ini dan Kantor Gereja Advent Daerah Nusa Tenggara menunjuk saya sebagai TSPM di wilayah Sabu Raijua khususnya wilayah Mesara. Sehingga pelayanan Pos Mesara sampai hari ini masih terus dilayani.” Jelas Ferdi Yanuarius Lena.

Peribadatan setiap Sabat selalu dihadiri 28 orang sampai 30 orang lebih, terdiri dari orang tua dewasa dan juga anak-anak bertumbuh. Sekalipun gereja Advent belum ada di wilayah Mesara, masyarakat senang dilayani oleh anggota gereja Advent maupun pendeta baik itu di acara ulang tahun maupun dukacita. Doa jemaat dan bantuan dari sahabat yang ada di luar Sabu Raijua merupakan kunci suksesnya pelayanan di desa Mesara.

“Saya selaku TSPM yang didukung oleh dua jemaat juga pendampingan bapak Pendeta Hendrik Radja bersyukur berterima kasih untuk doa-doanya. Ada sekitar 28 sampai 30 orang yang datang beribadah dengan kami terdiri dari orang tua dan anak-anak bertumbuh. Melalui doa dalam pelayanan ini sekalipun dana pas-pasan, masyarakat Mesara senang dengan pelayanan yang kami lakukan ada yang minta didoakan saat anggota keluarganya sakit, bahkan mereka tidak segan-segan meminta pendeta Advent atau anggota Advent yang memimpin ibadah syukuran ulang tahun. Bahkan kalau ada dukacita anggota masyarakat Mesara memanggil kami untuk memimpin ibadah penghiburan sampai ibadah pemakaman dan syukuran setelah pemakaman diserahkan sepenuhnya dalam pelayanan dari gereja Advent. Kami sangat butuh dukungan dana untuk pembelian tanah untuk rumah doa sebelum gereja ada, juga untuk dana hal lainnya untuk pelayanan di Mesara”. Tutur Bapak Ferdi Yanuarius Lena.

Mari dukung pelayanan Bapak Ferdi Yanuarius Lena melalui doa, donasi. Bagi saudara yang tergerak hatinya untuk menyokong pelayanan Bapak Ferdi Yanuarius Lena silahkan di narahubung Whatsapp 0822-3629-9436, Bapak Pendeta Hendrik S. Radja 0822-5937-1590. Kabar baik pada semua orang selagi ada waktu. Bagikanlah berkat kepada saudara yang membutuhkan. (**/red/ Walkhot Silalahi-Wartawan HCI

Bagikan berita ini...

Pemeriksaan Kesehatan Gratis Oleh Mahasiswa Akper Surya Nusantara

Masa libur segera tiba bagi para mahasiswa dan pelayanan kesehatan gratis yang disediakan untuk masyarakat akan berhenti sementara. Selama semester ini, telah diadakan beberapa kegiatan pelayanan kesehatan, termasuk cek tensi, gula darah, dan kolesterol bagi warga Pematangsiantar, yang dilaksanakan di Taman Bunga Pematangsiantar.

Seminar Kesehatan Gratis Bagi Masyarakat Kota Pematang Siantar

Selama tiga hari dari tanggal 15 Mei hingga 17 Mei 2024, seminar kesehatan gratis diselenggarakan di Gedung GMAHK Jemaat Sion setiap malam mulai pukul 19:15 WIB hingga selesai, dengan kapasitas penuh sebanyak 300 orang. Seminar ini menghadirkan Dr. Jose Rizal Tambunan dan Dr. Yane Andreas Hutabarat sebagai narasumber yang memberikan pengetahuan dan informasi kesehatan, bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya pola hidup sehat di kalangan masyarakat.

Upacara Pemasangan Topi Dan Pin Akper Surya Nusantara Angkatan Ke-22

Pada hari Kamis, tanggal 16 Mei 2024, pukul 15:00 WIB, telah dilaksanakan acara pemasangan topi dan pin kepada 37 mahasiswa dan mahasiswi perawat tingkat I Akper Surya Nusantara di gedung Chapel SLA PTASN. Acara ini dihadiri oleh orang tua, beberapa undangan dari RS Advent Medan yang terdiri dari empat orang, RS Vita Insani dengan dua orang perwakilan, serta beberapa alumni Akper Surya Nusantara, dengan tema "Mengasihi Tuhan dan Sesama."

Pimpinan dan Pengurus Konferens Jakarta-Banten Terpilih

Konferensi I Konferens Jakarta-Banten yang diadakan pada Senin, 20 Mei 2024 Menghasilkan pengurus GMAHK Konferens Jakarta-Banten

Acara Angkat Janji Jurusan Farmasi SMK Surya Nusantara

Pada Kamis, 16 Mei 2024, sembilan siswa SMK Farmasi Surya Nusantara mengikuti upacara angkat janji di Gedung PAPAS. Acara yang dimulai pukul 09:00 WIB ini dihadiri oleh perwakilan dari Cabang Dinas Wilayah VI, Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara, seperti Bapak Sumar SPd, MSi, dan Bapak Darwin Purba SSi, MSi, serta Ibu Hanna Manullang MKM dari Dinas Kesehatan. Menurut Bapak Sumar, kegiatan serupa rutin diadakan di berbagai SMK Farmasi dan Keperawatan di Indonesia untuk memperkuat komitmen pelayanan tanpa membedakan suku dan budaya. Setiap pelajar menyematkan bunga sebagai simbol penghargaan kepada orang tua dan wali yang hadir. Kepala Sekolah SMK Surya Nusantara, Ibu Dr. Lisye Nanjar, menekankan pentingnya pembangunan karakter untuk sukses di masa depan, berharap siswa-siswi dapat mempersiapkan diri lebih baik untuk berguna bagi masyarakat dan menjadi kebanggaan almamater. Acara ini juga dimeriahkan oleh penampilan lagu dan tarian daerah dari mahasiswa Perguruan Tinggi Surya Nusantara (PTASN) serta lagu pujian oleh koor Bakti Wanita Advent (BWA).

Cafe Music Ministry

Setiap Jumat, mahasiswa program Filsafat di PTASN mengadakan Cafe Music Ministry di berbagai rumah makan di Pematangsiantar. Kegiatan ini, yang melibatkan pembagian buku rohani dan penampilan musik religi, merupakan upaya mereka untuk melayani masyarakat secara menyeluruh. David Pasaribu, koordinator kelompok, mengungkapkan kegembiraannya dalam menghibur masyarakat sambil memperkenalkan Sekolah SLA PTASN. Musik religi yang mereka bawakan menjadi medium universal yang menarik bagi semua golongan, mempererat hubungan antara mahasiswa dan masyarakat sekitar sambil mempromosikan nilai-nilai pendidikan dari SLA PTASN.

Pelantikan Kelas Kemajuan Adventurer dan Pathfinder Club SLA PTASN

Sebanyak 121 peserta dari kelas kemajuan Adventurer dan Pathfinder dilantik dalam acara di Chapel SLA PTASN, Pematangsiantar, pada hari Sabtu pukul 15.00. Acara ini menandai penyelesaian pelatihan yang bertujuan mempersiapkan generasi muda menghadapi masa depan. Direktur Pathfinder, Shanty Manik, menjelaskan fokus pelatihan Adventurer pada kemandirian keluarga, sementara Pathfinder untuk pelayanan masyarakat. Peserta memperlihatkan keterampilan seperti cerita dalam bahasa Inggris, P3K, dan pemasangan tenda. Ini adalah upaya jemaat dalam mendukung pengembangan praktis dan kepemimpinan generasi muda.

GMAHK Daerah Misi Maluku Melaksanakan Bulan Peduli Narkoba Sedunia

Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh (GMAHK) di wilayah misi Maluku menginisiasi Bulan Peduli Narkoba selama bulan Mei dengan dukungan dari Departemen Kesehatan daerah. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kesadaran dan melindungi generasi muda serta keluarga dari bahaya narkoba, dilaksanakan setiap Sabtu sore dengan seminar bagi orang muda dan anggota jemaat. Ibu Verra Maramis, salah satu penyelenggara, menekankan pentingnya kegiatan ini untuk menjaga iman dan rohani dari pengaruh buruk narkoba, membangun pagar moral dan spiritual yang kuat melawan penyalahgunaan narkotika.

Direktur Hope Channel Indonesia Terpilih

Dalam pertemuan Board Hope Channel Indonesia pada Kamis 2 Mei 2024, Pengurus memutuskan untuk menunjuk Pendeta Raymond Lohonauman sebagai Direktur baru menggantikan posisi Pendeta Michael Palar yang telah dipilih sebagai Hope Channel Coordinator SSD. Pendeta Raymond sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Eksekutif GMAHK Konferensi Jawa Kawasan Timur, diakui memiliki kompetensi dan dedikasi yang diperlukan untuk memimpin lembaga ini ke depan.

Care Group Sion GMAHK Jemaat Bawoleu di Distrik Tagulandang Utara Berbagi Sembako

Care Group Sion di GMAHK Jemaat Bawoleu, Distrik Tagulandang Utara, DMNU, UKIKT, gelar aksi sosial peduli kasih terhadap warga terdampak erupsi Gunung Ruang. Pendeta Donald Goni: "Puji Tuhan, kami dari Care Group Sion mendistribusikan paket bantuan ke 13 lokasi terdampak, hari Minggu, 28 April 2024.