Setiap Sabat Beribadah di Alam Terbuka, Beginilah Kisah di Pos Pelayanan Sabu Mesara

Setiap Sabat Beribadah di Alam Terbuka, Beginilah Kisah di Pos Pelayanan Sabu Mesara

MESARA SABU RAIJUA. Hopechannel.id || Dua jemaat dari Sabu Timur lakukan kunjungan ke Pos Pelayanan Mesara. Kegiatan ini disambut dengan kebaktian sabat di alam terbuka. Adapun dua jemaat yang melakukan pelayanan di sana adalah jemaat dari Sabu Timur, Jemaat Lobodei dan Jemaat Huwaga.

Setiap Sabat melakukan ibadah di alam terbuka, alasan Pos Pelayanan Mesara melakukan ini dikarenakan belum adanya tanah yang tersedia untuk membangun gereja.

May 31, 2023, 8:16 AM

Kebaktian Sabat dipimpin oleh Bapak Doni Bunga, dengan judul “Lima Gadis Bodoh dan Lima Gadis Pintar”. Lima gadis pintar dan lima gadis bodoh beribadah bersama-sama. Gadis pintar tidak hanya mau mendengar tapi gadis pintar mempersiapkan diri dengan menyediakan minyak. Minyak melambangkan Roh Kudus. Urapan Roh Kudus menjadi bagian gadis yang pintar, dan Roh Kudus pasti menuntun kehidupan dekat kepada Yesus dan semakin setia dalam pelayanan sehari-hari.

Pada media, Bapak Ferdi Yanuarius Lena menuturkan jika pelayanan di tempat tersebut sudah berlangsung sejak tahun 2018 di salah satu tanah milik bapak Imanuel Manggi. Hal tersebut bermula saat bapak Wilhelmus Lay memiliki kerinduan untuk belajar Alkitab, sehingga saat itu Tuhan mempertemukan dengan salah satu hamba Tuhan Pdt, Titus Mulik dan Bapak Ferdi Yanuarius Lena. Sehingga mulai saat itulah setiap sabat pelayanan bergantian dari dua jemaat Sabu Timur, yaitu Jemaat Lobodei dan Jemaat Huwaga.

“Kalau tentang pelayanan di Pos Mesara berawal saya dengan Pendeta Titus Mulik pergi melihat tempat wisata Kelabba Maja. Tuhan pertemukan kami dengan Bapak Welhelmus Lay tahun 2018 dalam perbincangan singkat tentang Yesus, karena penasaran dengan perbincangan kami sehingga Bapak Lay mengundang kami untuk datang lagi ke rumahnya mengadakan belajar Alkitab” Jelas Bapak Ferdi Yanuarius Lena.

Untuk tempat Ibadah lanjutnya bahwa dilakukan di tanah milik bapak Manuel Manggi hingga akhirnya salah satu tenaga sukarela/ TSPM ditempatkan di tempat tersebut untuk melayani. “Untuk tempat kebaktian Bapak Imanuel Manggi memberikan tanahnya untuk tempat peribadatan setiap sabat. Puji Tuhan jemaat Lobodei dan Jemaat Huwaga menyambut gembira pelayanan ini dan Kantor Gereja Advent Daerah Nusa Tenggara menunjuk saya sebagai TSPM di wilayah Sabu Raijua khususnya wilayah Mesara. Sehingga pelayanan Pos Mesara sampai hari ini masih terus dilayani.” Jelas Ferdi Yanuarius Lena.

Peribadatan setiap Sabat selalu dihadiri 28 orang sampai 30 orang lebih, terdiri dari orang tua dewasa dan juga anak-anak bertumbuh. Sekalipun gereja Advent belum ada di wilayah Mesara, masyarakat senang dilayani oleh anggota gereja Advent maupun pendeta baik itu di acara ulang tahun maupun dukacita. Doa jemaat dan bantuan dari sahabat yang ada di luar Sabu Raijua merupakan kunci suksesnya pelayanan di desa Mesara.

“Saya selaku TSPM yang didukung oleh dua jemaat juga pendampingan bapak Pendeta Hendrik Radja bersyukur berterima kasih untuk doa-doanya. Ada sekitar 28 sampai 30 orang yang datang beribadah dengan kami terdiri dari orang tua dan anak-anak bertumbuh. Melalui doa dalam pelayanan ini sekalipun dana pas-pasan, masyarakat Mesara senang dengan pelayanan yang kami lakukan ada yang minta didoakan saat anggota keluarganya sakit, bahkan mereka tidak segan-segan meminta pendeta Advent atau anggota Advent yang memimpin ibadah syukuran ulang tahun. Bahkan kalau ada dukacita anggota masyarakat Mesara memanggil kami untuk memimpin ibadah penghiburan sampai ibadah pemakaman dan syukuran setelah pemakaman diserahkan sepenuhnya dalam pelayanan dari gereja Advent. Kami sangat butuh dukungan dana untuk pembelian tanah untuk rumah doa sebelum gereja ada, juga untuk dana hal lainnya untuk pelayanan di Mesara”. Tutur Bapak Ferdi Yanuarius Lena.

Mari dukung pelayanan Bapak Ferdi Yanuarius Lena melalui doa, donasi. Bagi saudara yang tergerak hatinya untuk menyokong pelayanan Bapak Ferdi Yanuarius Lena silahkan di narahubung Whatsapp 0822-3629-9436, Bapak Pendeta Hendrik S. Radja 0822-5937-1590. Kabar baik pada semua orang selagi ada waktu. Bagikanlah berkat kepada saudara yang membutuhkan. (**/red/ Walkhot Silalahi-Wartawan HCI

Bagikan berita ini...

Puluhan Paket Bantuan Beras Dibagikan GMAHK Jemaat Pulau Gangga Bersama Dengan FOG Ministry

Sebagai ekspresi kepedulian terhadap sesama, GMAHK Jemaat Pulau Gangga bekerja sama dengan Family of God (FOG) Ministry dalam memberikan bantuan kepada masyarakat Pulau Gangga, Kecamatan Likupang Barat, Kabupaten Minahasa Utara (Minut). Bantuan yang diberikan berupa paket beras 2 kg yang disalurkan langsung kepada warga. Pdt. Frengky Lampeang menyatakan, 'Sejalan dengan program sosial FOG Ministry, kami telah memberikan bantuan berupa paket beras (2 kilogram) kepada warga dan juga menyelenggarakan pemeriksaan kesehatan gratis,' pada Rabu (17/4/2024) siang.

Pdt. Michael Palar Diangkat Menjadi Koordinator Hope Channel SSD

Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh Divisi Asia-Pasifik Selatan mengumumkan penunjukan pemimpin baru. Salah satu dari 7 pemimpin baru ini adalah Pdt. Michael Palar, yang sebelumnya menjabat sebagai direktur Hope Channel Indonesia dan sekarang ditunjuk sebagai Koordinator Hope Channel SSD. Dengan pengalaman luas dalam bidang media dan komunikasi, Pdt. Palar dianggap sebagai pemimpin yang sangat cocok untuk membawa divisi ini ke arah yang lebih maju.

Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh Divisi Asia-Pasifik Selatan Mengumumkan Pengangkatan Pemimpin Baru

Komite Eksekutif Divisi Asia-Pasifik Selatan (SSD) baru-baru ini mengumumkan penunjukan beberapa pemimpin untuk mengemban tanggung jawab penting dalam divisi ini sebagai langkah strategis untuk meningkatkan efisiensi organisasi dan memajukan misi mereka. Penunjukan ini menandai babak baru dalam perjalanan SSD menuju keunggulan dan inovasi dalam pelayanan.

Kegiatan Peduli Kasih Pasca Erupsi Gunung Ruang, Kel. Salindeho Lule Bersama GMAHK Lumbo Salurkan Bantuan 1.000 Liter Minyak Tanah Gratis Kepada Warga Terdampak

Erupsi gunung Ruang di Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Siau, Tagulandang, Biaro (Sitaro) telah menimbulkan trauma bagi ribuan warga. Kel. Salindeho-Lule bekerja sama dengan GMAHK Jemaat Lumbo di Daerah Misi Nusa Utara (DMNU), UKIKT, menggelar kegiatan 'Peduli Kasih' dengan penyaluran minyak tanah gratis kepada pengungsi, menggunakan kupon.

Jemaat Waipia, Mizpa, dan Agape, Mengadakan Kegiatan Perkemahan Pahtfinder

Kegiatan perkemahan Pathfinder dengan tema 'Mata I Urue Lantetakule' (Berpetualang Bersama Allah) mendapat dukungan dari beberapa instruktur Master Guide dari berbagai jemaat. Mereka antara lain berasal dari jemaat Elshama, Jefry Tauran; jemaat Mangga, Dua Ronald Paliama; jemaat Passo, Piet Noya; dan jemaat Agape, Yusuf Lumangkun. Meskipun cuaca hujan dan meluapnya sungai akibat banjir, semangat para peserta tetap berkobar. Kebersamaan, persatuan, dan pertumbuhan iman menjadi pengalaman yang dirasakan oleh semua peserta dalam rangkaian acara ini.

Kegiatan Health Expo Jemaat Sentrum Tobelo Dan Getsemani Pale

Kegiatan Health Expo kolaborasi antara jemaat Sentrum Tobelo dan Getsemani Pale dilaksanakan pada hari Senin, tanggal 15 April 2024. Acara ini bertempat di Desa Igo, Kecamatan Loloda Utara, dimulai pukul delapan pagi dan berlangsung hingga selesai. Selain melibatkan jemaat Sentrum Tobelo dan Getsemani Pale, kegiatan ini juga melibatkan dokter dan tenaga medis dari Rumah Sakit Umum Daerah Tobelo serta pendeta yang mendoakan masyarakat yang datang saat melakukan pemeriksaan secara gratis.

SLA PTASN Menjadi Tuan Rumah 1st Children Festival se-Daerah Sumatera Kawasan Utara

Festival ini bertujuan membina generasi muda menjadi pemimpin masa depan. Acara ini menampilkan berbagai perlombaan, termasuk fashion show, penampilan lagu-lagu dan tarian daerah. Dihadiri oleh sekitar 700 peserta, acara ini juga menarik sejumlah tamu, meningkatkan jumlah hadirin hingga sekitar 1000 orang pada hari Sabtu. Harapannya, anak-anak ini akan tumbuh menjadi generasi muda yang siap melayani dengan berbagai talenta di masa mendatang.

Alumni SLA Martoba Sukses Masuk PTN

Pada Sabtu tanggal 6 April 2024, SLA Martoba mengalami momen Sabat terakhir bagi para senior kelas XII. Dari sejumlah siswa senior yang akan menamatkan masa sekolahnya pada bulan April ini, empat di antaranya berhasil masuk perguruan tinggi negeri (PTN) melalui jalur undangan. Keberhasilan ini menjadi bukti konkret bahwa SLA Martoba memberikan pendidikan terbaik dan dapat bersaing dengan baik di antara sekolah menengah lainnya.

Hope Channel Indonesia Membagikan Takjil Gratis

Hope Channel Indonesia mengadakan pembagian takjil gratis di Gedung MT Haryono, Jakarta Selatan, dalam semangat Ramadan yang penuh berkah. Pada Kamis (04/04/2024), 200 paket takjil dan 31 kotak nasi dibagikan mulai pukul 16:30 hingga 18:30 WIB. Kegiatan dihadiri oleh seluruh karyawan dan staf, yang dengan antusias menyiapkan takjil berupa makanan dan minuman buka puasa. Acara ini mendapat sambutan hangat dari masyarakat dan pengguna jalan yang turut berpartisipasi.

Jemaat Efrata Mekarwangi Berbagi Takjil

Kegiatan ini disponsori oleh Pemuda Advent Efrata Mekarwangi. Menurut Ibu Corina Gloria, salah seorang mahasiswi STFT Surya Nusantara, kegiatan ini juga merupakan persiapan KKR Fieldschool yang akan diadakan pada tanggal 24-27 April 2024. Meskipun merasa lelah, jemaat merasa puas karena dapat melayani masyarakat dan berbuat baik kepada sesama.