Bakti Wanita Advent Junior GMAHK Daerah Nusa Tenggara Gelar Seminar Reproduksi Bagi Remaja Wanita

Bakti Wanita Advent Junior GMAHK Daerah Nusa Tenggara Gelar Seminar Reproduksi Bagi Remaja Wanita

KUPANG. Hopechannel.id |I Bakti Wanita Advent Junior Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh Daerah Nusa Tenggara, menggelar workshop mengenai sistem reproduksi pada remaja wanita.

BWA Junior GMAHK Daerah Nusa Tenggara menggelar seminar mengenai pentingnya menjaga alat reproduksi bagi kaum wanita, khususnya para remaja. Dimana jika tidak menjaga dengan baik akan berdampak negatif kedepannya.

May 30, 2023, 8:34 AM

Kegiatan itu diikuti 258 remaja wanita dari umur 12 tahun hingga 21 tahun dan belum menikah. Workshop tersebut berlangsung di Kampus Sekolah Lanjut Advent Nusra. Sebagai narasumber pada kegiatan itu, Pdt. Deni Kana Djo, dr. Kathleen Matheus dan dr. Isne Adelaide Barus.
Demikian disampaikan Direktur Bakti Wanita Advent, Ellen Ataupah, kepada media ini pada Minggu, 28 Mei 2023.
"Pesertanya dari usia 12 tahun hingga 21 tahun, dimana kita menjaga anak-anak remaja kita di masa pubertas mereka. Sehingga menjadi bekal untuk menjaga diri dari pergaulan, supaya bisa membenahi diri serta menjaga kesehatan tubuh mereka," jelas Ellen.

Ia menerangkan, apabila remaja tidak diberikan bekal ilmu untuk menjaga alat reproduksi mereka, maka akan sangat berdampak negatif kedepannya. "Ini telah kita lihat saat ini diusia dini sudah memiliki anak atau hamil di luar nikah. Jadi kita dari gereja menjaga anak-anak remaja wanita kita agar mereka bisa menjaga diri," terangnya. Selain itu, kegiatan tersebut guna membantu pemerintah dalam mengurangi angka tengkes (stunting) di Provinsi NTT.

Pada kesempatan itu juga, dr. Kathleen Matheus, kepada media ini menyampaikan materi yang akan diberikannya terkait infeksi menular seksual, sedangkan materi yang dibawakan oleh dr. Isne Adelaide Barus, terkait sistem reproduksi wanita serta masalah pernikahan dini.
"Alasan kita membawa materi seperti ini karena data di NTT banyak anak remaja dari umur 12 hingga 21 yang sudah punya anak. Kejadian inipun untuk mengurus kesehatan mereka sendiri tentu susah, sehingga lahirlah anak-anak stunting, anak kekurangan gizi, jadi penting untuk memberikan informasi ini kepada remaja wanita," jelas dr. Kathleen.

Dengan menerima workshop tersebut, dr. Kathleen, mengharapkan remaja wanita yang mengikuti kegiatan ini mereka semakin mengerti tentang kesehatan.
"Setelah ini kita berharap remaja lebih paham tentang normanya sebagai perempuan dan kapan waktu tepat untuk menikah, terus harus berumah tangga. Jadi siap itu bukan secara fisik tetapi secara mental, psikis, selain itu juga dampak dari apa yang mereka perbuat bila melanggar yang normal," harapnya.

Kesempatan yang sama disampaikan, Pdt. Deni Kana Djo, menyampaikan dilihat dari sudut pandang Alkitab ternyata apa yang disampaikan ini telah ada sejak zaman Alkitab. "Oleh karena itu kami para pendeta melihat bahwa ini adalah hal yang sangat penting dan belum ada kata terlambat untuk memberikan edukasi kepada anak-anak remaja dari usia 12 hingga 21 tahun," ucapnya.

Lanjutnya, sebagai tokoh agama serta para penatua jemaat, memandang persoalan ini sangat serius.
"Sehingga kami akhirnya berkolaborasi dengan Bakti Wanita Advent untuk mencetuskan acara ini. Karena itu kita mau mencegah para wanita remaja untuk menjaga diri dan menggunakan anatomi tubuh mereka dengan sebaik-baiknya supaya jangan menyimpang," jelasnya.

Diungkapnya, dari pandangan Alkitab kita meminta agar para remaja wanita dapat mengetahui bahwa Allah sangat mengasihi mereka. "Karena Allah telah menciptakan sehingga harus menjaga tubuh dan hidup di masa muda. Dengan demikian bisa betul-betul mempersembahkan tubuh mereka menjadi persembahan yang berkenan kepada Tuhan," ucap Pdt. Deni Kana Djo. (**/red/tim/NT-SN

Bagikan berita ini...

Pemeriksaan Kesehatan Gratis Oleh Mahasiswa Akper Surya Nusantara

Masa libur segera tiba bagi para mahasiswa dan pelayanan kesehatan gratis yang disediakan untuk masyarakat akan berhenti sementara. Selama semester ini, telah diadakan beberapa kegiatan pelayanan kesehatan, termasuk cek tensi, gula darah, dan kolesterol bagi warga Pematangsiantar, yang dilaksanakan di Taman Bunga Pematangsiantar.

Seminar Kesehatan Gratis Bagi Masyarakat Kota Pematang Siantar

Selama tiga hari dari tanggal 15 Mei hingga 17 Mei 2024, seminar kesehatan gratis diselenggarakan di Gedung GMAHK Jemaat Sion setiap malam mulai pukul 19:15 WIB hingga selesai, dengan kapasitas penuh sebanyak 300 orang. Seminar ini menghadirkan Dr. Jose Rizal Tambunan dan Dr. Yane Andreas Hutabarat sebagai narasumber yang memberikan pengetahuan dan informasi kesehatan, bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya pola hidup sehat di kalangan masyarakat.

Upacara Pemasangan Topi Dan Pin Akper Surya Nusantara Angkatan Ke-22

Pada hari Kamis, tanggal 16 Mei 2024, pukul 15:00 WIB, telah dilaksanakan acara pemasangan topi dan pin kepada 37 mahasiswa dan mahasiswi perawat tingkat I Akper Surya Nusantara di gedung Chapel SLA PTASN. Acara ini dihadiri oleh orang tua, beberapa undangan dari RS Advent Medan yang terdiri dari empat orang, RS Vita Insani dengan dua orang perwakilan, serta beberapa alumni Akper Surya Nusantara, dengan tema "Mengasihi Tuhan dan Sesama."

Pimpinan dan Pengurus Konferens Jakarta-Banten Terpilih

Konferensi I Konferens Jakarta-Banten yang diadakan pada Senin, 20 Mei 2024 Menghasilkan pengurus GMAHK Konferens Jakarta-Banten

Acara Angkat Janji Jurusan Farmasi SMK Surya Nusantara

Pada Kamis, 16 Mei 2024, sembilan siswa SMK Farmasi Surya Nusantara mengikuti upacara angkat janji di Gedung PAPAS. Acara yang dimulai pukul 09:00 WIB ini dihadiri oleh perwakilan dari Cabang Dinas Wilayah VI, Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara, seperti Bapak Sumar SPd, MSi, dan Bapak Darwin Purba SSi, MSi, serta Ibu Hanna Manullang MKM dari Dinas Kesehatan. Menurut Bapak Sumar, kegiatan serupa rutin diadakan di berbagai SMK Farmasi dan Keperawatan di Indonesia untuk memperkuat komitmen pelayanan tanpa membedakan suku dan budaya. Setiap pelajar menyematkan bunga sebagai simbol penghargaan kepada orang tua dan wali yang hadir. Kepala Sekolah SMK Surya Nusantara, Ibu Dr. Lisye Nanjar, menekankan pentingnya pembangunan karakter untuk sukses di masa depan, berharap siswa-siswi dapat mempersiapkan diri lebih baik untuk berguna bagi masyarakat dan menjadi kebanggaan almamater. Acara ini juga dimeriahkan oleh penampilan lagu dan tarian daerah dari mahasiswa Perguruan Tinggi Surya Nusantara (PTASN) serta lagu pujian oleh koor Bakti Wanita Advent (BWA).

Cafe Music Ministry

Setiap Jumat, mahasiswa program Filsafat di PTASN mengadakan Cafe Music Ministry di berbagai rumah makan di Pematangsiantar. Kegiatan ini, yang melibatkan pembagian buku rohani dan penampilan musik religi, merupakan upaya mereka untuk melayani masyarakat secara menyeluruh. David Pasaribu, koordinator kelompok, mengungkapkan kegembiraannya dalam menghibur masyarakat sambil memperkenalkan Sekolah SLA PTASN. Musik religi yang mereka bawakan menjadi medium universal yang menarik bagi semua golongan, mempererat hubungan antara mahasiswa dan masyarakat sekitar sambil mempromosikan nilai-nilai pendidikan dari SLA PTASN.

Pelantikan Kelas Kemajuan Adventurer dan Pathfinder Club SLA PTASN

Sebanyak 121 peserta dari kelas kemajuan Adventurer dan Pathfinder dilantik dalam acara di Chapel SLA PTASN, Pematangsiantar, pada hari Sabtu pukul 15.00. Acara ini menandai penyelesaian pelatihan yang bertujuan mempersiapkan generasi muda menghadapi masa depan. Direktur Pathfinder, Shanty Manik, menjelaskan fokus pelatihan Adventurer pada kemandirian keluarga, sementara Pathfinder untuk pelayanan masyarakat. Peserta memperlihatkan keterampilan seperti cerita dalam bahasa Inggris, P3K, dan pemasangan tenda. Ini adalah upaya jemaat dalam mendukung pengembangan praktis dan kepemimpinan generasi muda.

GMAHK Daerah Misi Maluku Melaksanakan Bulan Peduli Narkoba Sedunia

Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh (GMAHK) di wilayah misi Maluku menginisiasi Bulan Peduli Narkoba selama bulan Mei dengan dukungan dari Departemen Kesehatan daerah. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kesadaran dan melindungi generasi muda serta keluarga dari bahaya narkoba, dilaksanakan setiap Sabtu sore dengan seminar bagi orang muda dan anggota jemaat. Ibu Verra Maramis, salah satu penyelenggara, menekankan pentingnya kegiatan ini untuk menjaga iman dan rohani dari pengaruh buruk narkoba, membangun pagar moral dan spiritual yang kuat melawan penyalahgunaan narkotika.

Direktur Hope Channel Indonesia Terpilih

Dalam pertemuan Board Hope Channel Indonesia pada Kamis 2 Mei 2024, Pengurus memutuskan untuk menunjuk Pendeta Raymond Lohonauman sebagai Direktur baru menggantikan posisi Pendeta Michael Palar yang telah dipilih sebagai Hope Channel Coordinator SSD. Pendeta Raymond sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Eksekutif GMAHK Konferensi Jawa Kawasan Timur, diakui memiliki kompetensi dan dedikasi yang diperlukan untuk memimpin lembaga ini ke depan.

Care Group Sion GMAHK Jemaat Bawoleu di Distrik Tagulandang Utara Berbagi Sembako

Care Group Sion di GMAHK Jemaat Bawoleu, Distrik Tagulandang Utara, DMNU, UKIKT, gelar aksi sosial peduli kasih terhadap warga terdampak erupsi Gunung Ruang. Pendeta Donald Goni: "Puji Tuhan, kami dari Care Group Sion mendistribusikan paket bantuan ke 13 lokasi terdampak, hari Minggu, 28 April 2024.