Terburu-buru adalah sifat yang bertentangan dengan Tuhan

Terburu-buru adalah sifat yang bertentangan dengan Tuhan

Apa benar terburu-buru adalah hal yang tidak disukai oleh Tuhan? Ya benar. Karena terburu-buru melangkahi Tuhan. Tuhan memiliki rencana baik untuk kita. Jadi dengarkan pimpinan Tuhan dengan bersabar

Pdt. Michael palarDec 7, 2022, 4:37 AM

Sifat terburu-buru dan pemimpin sejati yang menunggu saatnya tiba.  Contohnya Abraham Lincoln dia adalah salah satu presiden Amerika Serikat yang paling berjasa.  Tahukah anda dalam proses kehidupannya dia menghadapi banyak sekali kegagalan.  Tetapi Lincoln mempunyai sikap yang mengagumkan.  Dia katakan:

I will study and study.  I will prepare myself.  Because someday my chance will come."

"Saya  akan belajar dan belajar, saya akan siapkan diri saya, karena satu kali kelak kesempatan bagi saya akan tiba.

Artinya bukan hanya sabar menunggu  saja, tetapi terus sabar, tangguh, dan terus melakukan hal-hal terbaik, hingga rencana Tuhan terwujud. 

Daud diurapi menjadi raja
Daud diurapi menjadi raja
www.freebibleimages.org

Belajar tidak terburu-buru dari Daud 

Daud juga adalah seorang raja yang besar.  Tetapi, itu tidak dicapainya dengan mudah.  Ketika berusia 15 tahun,  dia sudah diurapi nabi Samuel dan telah ditentukan untuk menjadi raja Israel.  Tetapi hanya setelah dia berusia 30 tahun, barulah Daud menjadi raja. 

Walaupun Daud sudah sangat membantu raja Saul, tetapi raja Saul justru hendak membunuh dia.  Selama bertahun-tahun Daud harus hidup di gua-gua, di padang pasir, padang belantara, untuk menghindari raja Saul.

Hebatnya, Daud tidak melakukan apa pun untuk mempercepat rencana yang telah ditentukan Allah.  Daud tidak mau terburu-buru.  Dia tidak mau bertindak sembrono. 

Bahkan ketika nampaknya ada kesempatan besar bagi dia untuk merebut kekuasaan dari Saul, raja yang jahat, yang memusuhinya, yaitu dia dapat membunuh Raja Saul yang sedang mengejar dia, tetapi tertidur bersama seluruh tentaranya di suatu tempat terbuka. 

Dia datang mendekat dan hanya memotong punca jubah raja Saul, itupun Daud sudah merasa bersalah.

Tidak heran Kisah Para Rasul 13:36  katakan: "Sebab Daud melakukan kehendak Allah pada zamannya."

Kisah Elia yang terburu-buru

Berbeda dengan Daud, Elia adalah orang yang terburu-buru.   Dia sebenarnya adalah pahlawan Tuhan di Gunung Karmel.  Yaitu ketika doanya secara dahsyat membawa api turun dari surga dan memakan habis seluruh korban bakaran yang basah kuyup.  Itu menjadi pembuktian bahwa hanya ada satu Tuhan Allah yang hidup yaitu Yahweh.  Dan dia mengalaminya.

Tetapi ketika Elia mendengar bahwa ratu Izebel hendak membunuh dia, Elia sangat ketakutan.  Elia melarikan diri dan pergi sejauh-jauhnya. 

1 Raja-raja 19:9 ceritakan bahwa di dalam gua persembunyiannya, firman TUHAN datang kepadanya: "Apakah kerjamu di sini, hai Elia?"   Artinya, keresahan membuat Elia bertindak sembrono, dan dia menjauh dari kehendak Tuhan. Terlalu terburu-buru mengambil keputusan tanpa perintah Tuhan.

Terburu-buru menyebabkan kita gelap mata

Menyerahkan diri untuk tenggelam dalam kebingungan akan membuat kita kacau, dan itu hanya akan menyebabkan kita bertindak terburu-buru.  Keresahan dan kebingungan biasanya muncul bersama ambisi, kemarahan, hasrat keinginan, kemauan pribadi, serta kurangnya iman.  Itu semua akan menyebabkan kita gelap mata dan terarah ke tempat yang salah.

Tidak ada orang yang kebal terhadap bahaya sikap sembrono. Kita semua bisa saja berada dalam situasi tersebut tapi kita bisa menghindari sikap terburu-buru. Kuncinya adalah tumbuhkanlah iman yang percaya sepenuhnya kepada kebaikan dan belas kasihan Allah. 

Tuhan sangat mengasihi dan menginginkan yang terbaik bagi kita dan tunggu arahan-Nya. Iman adalah suatu anugerah, tetapi itu adalah anugerah yang perlu dipupuk, dipelihara, dikembangkan dan dijaga dengan penuh kesabaran.

Janganterburu-buru! Jangan sembrono! Jangan gelap mata! Sabarlah!

Saksikan video #itukeren:

Continue
Apa Saja Yang Bisa Didoakan?

Apa saja yang bisa kita doakan? Apakah semua bisa kita doakan kepada Tuhan atau hanya hal-hal yang kecil saja?

Apa Itu Doa Yang Sebenarnya?

Buat anda yang belum tahu DOA ITU APA, BAGAIMANA DOA YANG BENAR. Ikuti penjelasan berikut ini

Wanita Pekerja di Alkitab: Dalam Pemerintahan

Wanita yang bekerja di luar rumah merasa dihakimi karena dikira telah kehilangan panggilan keibuan-nya. Wanita yang bekerja di dalam rumah merasa gelisah melihat pencapaian temannya yang bekerja di luar rumah. Jadi, di mana titik idealnya?

Cara Meningkatkan Kesehatan Usus Anda

Sebagian besar dari 40 triliun bakteri di tubuh berada di dalam usus. Dan, mereka sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan.

Wanita Pekerja di Alkitab: Masa Hakim-Hakim

Bagaimana menyeimbangkan hidup sebagai wanita Kristiani yang memiliki keluarga dan bekerja? Mari cari inspirasi dari beberapa tokoh wanita pekerja dalam Alkitab berikut ini.

Cara Menentukan Anggaran Yang Sesuai Untuk Makan Sehat

Harga pangan tentunya makin meningkat di tahun 2023. Dapatkah kita makan sehat sesuai anggaran yang ketat? Ya, ada caranya!

Gambaran Keluarga Bahagia

Keluarga menghadapi rasa sakit yang tak terhindarkan di dalam dunia yang berdosa ini. Bagaimana bisa bahagia jika semua keluarga terdiri dari orang-orang berdosa? Tentu saja ini bukanlah maksud awal dan akhir Tuhan.

Lemak Perut Tanda Bahaya

Kelebihan lemak perut merupakan hal yang tidak baik. Bukan saja mengganggu penampilan kita akan tetapi juga mengganggu akan kesehatan bagi tubuh kita.

Yesus dan Pelayanan-Nya di Perkotaan

Apakah Yesus selalu melayani di pedesaan? Bagaimana Ia menjangkau perkotaan? Apa metodenya masih relevan bagi kita sekrang ini? Semuanya dikupas dari firman Tuhan di dalam Alkitab.

Apa Jenis Beras Yang Paling Sehat?

Nasi adalah makanan pokok di banyak negara yang memberi kita sumber energi. Ada banyak varietas beras yang berbeda dalam warna, rasa, dan nilai gizi.