Gambaran Keluarga Bahagia

Gambaran Keluarga Bahagia

Keluarga menghadapi rasa sakit yang tak terhindarkan di dalam dunia yang berdosa ini. Bagaimana bisa bahagia jika semua keluarga terdiri dari orang-orang berdosa? Tentu saja ini bukanlah maksud awal dan akhir Tuhan.

Jan 17, 2023, 9:26 AM

Seperti apa sih gambaran keluarga yang bahagia itu? Bagaimana bisa bahagia jika semua keluarga terdiri dari orang-orang berdosa?

Akhir-akhir ini bermunculan berita di mana anggota keluarga tertangkap berbuat yang tidak senonoh setelah digerebek warga. Bagaimana dengan nasib keluarga yang ditinggalkan oleh anak ABG yang menghadang truk demi konten? Bagaimana juga dengan nasib keluarga sopir truk tersebut yang ditahan polisi?

Benar. Keluarga menghadapi rasa sakit yang tak terhindarkan di dalam dunia yang berdosa ini. Tetapi, keadaan buruk ini bukanlah maksud awal Tuhan. Dan, tentu saja bukan maksud akhir-Nya. Mari kita kupas dari firman Tuhan di dalam Alkitab. 

Gambaran Keluarga tidak bahagia
Gambaran Keluarga tidak bahagia

Pemulihan Keluarga

Di tengah hal-hal terburuk dari dunia yang jatuh ini, apakah itu kemalangan, kecelakaan, maupun kematian, Tuhan ingin keluarga mengalami hal-hal terbaik dari-Nya.

Kitab Suci mengajarkan kepada kita bagaimana kita dapat mulai menikmati pemulihan-Nya.

1. Orang tua didorong untuk membesarkan anak-anak dalam lingkungan kebenaran dan integritas (Ulangan 6:2-9).

Ulangan 6:2-3. …supaya seumur hidupmu engkau dan anak cucumu takut akan Tuhan, Allahmu, dan berpegang pada segala ketetapan dan perintah-Nya yang kusampaikan kepadamu, dan supaya lanjut umurmu. Maka dengarlah, hai orang Israel! Lakukanlah itu dengan setia, supaya baik keadaanmu, dan supaya kamu menjadi sangat banyak, seperti yang dijanjikan Tuhan, Allah nenek moyangmu, kepadamu di suatu negeri yang berlimpah-limpah susu dan madunya.

2. Keluarga yang hancur karena kematian dan prospek kemiskinan diangkat dari kesulitan (Kitab Rut).

Rut 4:14,15. Sebab itu perempuan-perempuan berkata kepada Naomi: ”Terpujilah Tuhan, yang telah rela menolong engkau pada hari ini dengan seorang penebus. Termasyhurlah kiranya nama anak itu di Israel. Dan dialah yang akan menyegarkan jiwamu dan memelihara engkau pada waktu rambutmu telah putih; sebab menantumu yang mengasihi engkau telah melahirkannya, perempuan yang lebih berharga bagimu dari tujuh anak laki-laki.”

3. Keluarga yang dihancurkan oleh kejahatan dipulihkan dua kali lipat oleh Tuhan yang setia (Ayub 1:13-21; 2:9; 42:10-17).

Ayub 42:10. Lalu Tuhan memulihkan keadaan Ayub, setelah ia meminta doa untuk sahabat-sahabatnya, dan Tuhan memberikan kepada Ayub dua kali lipat dari segala kepunyaannya dahulu.

4. Keindahan cinta seksual dalam pernikahan merayakan gairah, kesetiaan, dan integritas (Kitab Kidung Agung).

Kidung Agung 1:15, 16. Lihatlah, cantik engkau, manisku, sungguh cantik engkau, bagaikan merpati matamu. Lihatlah, tampan engkau, kekasihku, sungguh menarik; sungguh sejuk petiduran kita.

5. Hubungan yang rusak dipulihkan, sama seperti Tuhan dengan rajin membangun kembali hubungan-Nya dengan umat-Nya (Hosea 1:2 - 2:23).

Hosea 2:18, 19. Aku akan menjadikan engkau isteri-Ku untuk selama-lamanya dan Aku akan menjadikan engkau isteri-Ku dalam keadilan dan kebenaran, dalam kasih setia dan kasih sayang. Aku akan menjadikan engkau isteri-Ku dalam kesetiaan, sehingga engkau akan mengenal Tuhan.

6. Pernikahan yang menampilkan penyerahan timbal balik, kesetiaan, cinta, dan disiplin dicontohkan dengan hubungan Kristus dengan gereja, mempelai wanita-Nya (Efesus 5:21 - 6:4).

Efesus 5:24, 25. Karena itu sebagaimana jemaat tunduk kepada Kristus, demikian jugalah isteri kepada suami dalam segala sesuatu. Hai suami, kasihilah isterimu sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya

Gambaran Keluarga Bahagia
Gambaran Keluarga Bahagia

Rancangan Allah bagi Keluarga

Untuk saat ini, kita menanggung rasa sakit dari hubungan manusia yang tidak sempurna atau bahkan keluarga yang terpecah-pecah.

Tetapi, kenyataan bahwa penglihatan Yohanes berakhir dengan pernikahan antara Kristus, Anak Domba, dan gereja, mempelai wanita-Nya, seharusnya menawarkan harapan bagi keluarga modern (Wahyu 19:6-10).

 

Wahyu 19:7-9. Marilah kita bersukacita dan bersorak-sorai, dan memuliakan Dia! Karena hari perkawinan Anak Domba telah tiba, dan pengantin-Nya telah siap sedia. Dan kepadanya dikaruniakan supaya memakai kain lenan halus yang berkilau-kilauan dan yang putih bersih!” [Lenan halus itu adalah perbuatan-perbuatan yang benar dari orang-orang kudus.] Lalu ia berkata kepadaku: ”Tuliskanlah: Berbahagialah mereka yang diundang ke perjamuan kawin Anak Domba.” Katanya lagi kepadaku: ”Perkataan ini adalah benar, perkataan-perkataan dari Allah.”


Rancangan asli Tuhan bagi keluarga tidak dapat dihancurkan. Keluarga yang berbahagia bukanlah keluarga yang sempurna, tetapi keluarga yang dipulihkan oleh Tuhan. Tetaplah teguh dalam iman dan pengharapan sampai pada akhirnya “sebab Ia, yang menjanjikannya, setia” (Ibrani 10:23).

Program Obsesi Hati
Program Obsesi Hati

Continue
Gambaran Keluarga Bahagia

Keluarga menghadapi rasa sakit yang tak terhindarkan di dalam dunia yang berdosa ini. Bagaimana bisa bahagia jika semua keluarga terdiri dari orang-orang berdosa? Tentu saja ini bukanlah maksud awal dan akhir Tuhan.

Lemak Perut Tanda Bahaya

Kelebihan lemak perut merupakan hal yang tidak baik. Bukan saja mengganggu penampilan kita akan tetapi juga mengganggu akan kesehatan bagi tubuh kita.

Yesus dan Pelayanan-Nya di Perkotaan

Apakah Yesus selalu melayani di pedesaan? Bagaimana Ia menjangkau perkotaan? Apa metodenya masih relevan bagi kita sekrang ini? Semuanya dikupas dari firman Tuhan di dalam Alkitab.

Apa Jenis Beras Yang Paling Sehat?

Nasi adalah makanan pokok di banyak negara yang memberi kita sumber energi. Ada banyak varietas beras yang berbeda dalam warna, rasa, dan nilai gizi.

Tahun Baru 'Mindfulness' Baru

Pada dasarnya ketika tahun baru, kita akan memiliki banyak resolusi salah satunya Mindfulness. Pada artikel ini akan membahas bagaimana manfaat Mindfulness di tahun yang baru.

Perayaan Tahun Baru Yang Alkitabiah

Selain mengadakan ibadah buka tahun, biasanya kita merayakan perayaan tahun baru. Pada artikel ini, kita akan membahas bagaimana perayaan tahun secara Alkitabiah.

Hadiah Natal: Asal-Usul, Penerima dan Cara Memberi

Ketika Hari Natal tiba, seringkali kita bertanya, pemberian hadiah natal, penerima dan cara memberinya itu seperti apa. Berikut ini kami bagikan artikel mengenai Hadiah Natal.

Iri hati berbahaya? Berikut ini tips agar anda bisa menghindari iri hati

Semua kita pasti pernah merasakan iri hati. Tapi tidak tahukah anda bahwa iri hati sangatlah berbahaya. Berikut ini kami bagikan tips menghindari iri hati.

Bahasa roh seperti apa? Penjelasan Alkitabiah Bahasa Roh

Bahasa Roh menjadi perbincangan di kalangan Kristen. Pro dan Kontra terjadi dalam hal ini. Tapi Alkitab dengan jelas menerangkan seperti berikut ini.

Terburu-buru adalah sifat yang bertentangan dengan Tuhan

Apa benar terburu-buru adalah hal yang tidak disukai oleh Tuhan? Ya benar. Karena terburu-buru melangkahi Tuhan. Tuhan memiliki rencana baik untuk kita. Jadi dengarkan pimpinan Tuhan dengan bersabar