Pemeriksaan Kesehatan Gratis Oleh Mahasiswa Akper Surya Nusantara

Pemeriksaan Kesehatan Gratis Oleh Mahasiswa Akper Surya Nusantara

PEMATANG SIANTAR. hopechannel.id || Perkuliahan semester di Akademi Keperawatan (Akper) Surya Nusantara resmi berakhir pada tanggal (18/05/2024).

Masa libur segera tiba bagi para mahasiswa dan pelayanan kesehatan gratis yang disediakan untuk masyarakat akan berhenti sementara. Selama semester ini, telah diadakan beberapa kegiatan pelayanan kesehatan, termasuk cek tensi, gula darah, dan kolesterol bagi warga Pematangsiantar, yang dilaksanakan di Taman Bunga Pematangsiantar.

Pematang SiantarMay 21, 2024, 5:49 AM

Dengan berakhirnya semester ini, mahasiswa segera memasuki masa libur dan pelayanan kesehatan gratis yang disediakan untuk masyarakat juga akan berhenti sementara waktu.Selama semester ini, beberapa kegiatan pelayanan kesehatan telah dilaksanakan. Pelayanan ini meliputi cek tensi, gula darah, dan kolesterol bagi warga Pematangsiantar, yang diadakan di Taman Bunga Pematangsiantar. Kegiatan ini melibatkan mahasiswa dari tingkat 1 hingga tingkat 3 dan melayani sekitar 150 warga. Warga Pematangsiantar sangat mengapresiasi kegiatan ini karena jarang ada pelayanan kesehatan serupa di daerah mereka.

Proses pemeriksaan gratis
Proses pemeriksaan gratis

Selain itu, mahasiswa tingkat 3 juga memberikan pelayanan kesehatan di Rehabilitasi Rindung Pematangsiantar. Sebanyak 43 mahasiswa melayani 40 warga di sana. Kegiatan yang dilakukan termasuk ibadah bersama, cek kesehatan, dan pendidikan kesehatan. Pelayanan lainnya ditujukan kepada penyandang tuna rungu dan wicara di Dinas Sosial Pematangsiantar pada tanggal (26/03/2024). Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini melibatkan 43 mahasiswa dan melayani 21 orang. Kegiatan meliputi pendidikan kesehatan, olahraga bersama, dan cek kesehatan rutin.

Pelayanan kesehatan Gratis
Pelayanan kesehatan Gratis

Menurut Suryadi Simangunsong, salah satu koordinator kegiatan, respon dari penyandang tuna rungu sangat positif. Mereka merasa senang dengan kehadiran mahasiswa dan bahkan menganggap mereka sebagai cucu sendiri, mengingat keluarga mereka jarang atau bahkan tidak pernah datang menjenguk mereka. Dengan berbagai kegiatan yang telah dilakukan, Akper Surya Nusantara berhasil memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat Pematangsiantar melalui pelayanan kesehatan gratis ini.

Berdoa Bersama
Berdoa Bersama

(**RED/Jhs/HCI

files

Bagikan berita ini...

Pembagian Buku Pada Hari Penekanan BWA Sedunia Jemaat Siloam Kandar

Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh Jemaat Siloam Kandar berhasil melaksanakan Hari Penekanan Bakti Wanita Advent Sedunia pada Sabtu, 08 Juni 2024. Kegiatan ini mencakup ibadah Sabat yang dilayani oleh Bakti Wanita Advent dan pembagian buku gratis kepada masyarakat di Desa Kandar. Tujuannya adalah melatih ibu-ibu untuk aktif dalam pelayanan dan menguatkan iman mereka. Pendeta Hengky Langelo menyatakan bahwa kegiatan ini membantu anggota jemaat berkomitmen penuh dalam pelayanan, baik di dalam jemaat maupun masyarakat.

Aksi Peduli Pemuda Advent Maluku Utara

Pemuda Advent Maluku Utara mengadakan aksi sosial dengan menyalurkan sembako kepada keluarga-keluarga Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh (GMAHK) yang terdampak erupsi Gunung Ibu. Kegiatan yang berlangsung pada Minggu, 09 Juni 2024 di Desa Sangaji Nyeku ini didukung oleh jemaat-jemaat di Maluku Utara. Bertujuan meringankan beban korban bencana, khususnya keluarga GMAHK, aksi ini melibatkan tokoh gereja seperti Ketua Pemuda Advent Maluku Utara Merlin Megawe, penasehat Pemuda Advent Wilayah 10 Pendeta Hesron Sandamo M.Th, dan pendeta dari wilayah 9 dan 10. Megawe mengapresiasi solidaritas pemuda Advent dalam melayani saudara seiman dengan bantuan kasih.

Peringati Adventurer Day, Pemuda Jemaat Henokh Medan Kunjungi Panti Asuhan

Untuk memperingati Hari Adventurer Sedunia, pemuda Jemaat Henokh Medan mengunjungi Panti Asuhan Yayasan Gevariel Jordan di Medan pada Sabtu (18/5/2024). Kunjungan ini melibatkan 20 Adventurer, Pendeta Distrik Pdt. I. Sihotang, Ketua Jemaat Bapak C.K. Simamora, Bapak J. Napitupulu, serta sponsor dan penasehat Bapak B. Panggabean, H. Napitupulu, dan R. Limbong. Mereka mengadakan ibadah singkat, perkenalan, bernyanyi, dan bermain bersama anak-anak panti, serta memberikan bingkisan berupa makanan ringan, perlengkapan mandi, sembako, beras, minyak goreng, dan telur. Ketua Pemuda Jemaat Henokh, Januardi Simanjuntak, berharap kegiatan ini meningkatkan semangat pelayanan dan kepedulian pemuda jemaat terhadap anak-anak yatim piatu.

Erupsi Gunung Ruang di Tagulandang, Korban Setempat Mendapatkan Bantuan Kemanusiaan dari Gereja

Pada Jumat, 10 Mei 2024, GMAHK Daerah Misi Modoinding, Bolaang Mongondow, dan Gorontalo (DMMBMG) menyalurkan bantuan kepada warga terdampak erupsi Gunung Ruang di Tagulandang, Daerah Misi Nusa Utara. Bantuan ini merupakan bagian dari tema gereja “I Will Go” atau “Aku Akan Pergi”. Direktur Misi Global GMAHK DMMBMG, Pdt. Tonny Sutomo, menyatakan bahwa bantuan yang dikirim meliputi kebutuhan pokok seperti beras, minyak goreng, mie instan, dan sayur-sayuran. Bantuan tersebut diangkut dari Bolmong ke Manado dan kemudian ke Pulau Tagulandang menggunakan kapal laut. Pdt. Sutomo berharap bahwa bantuan ini dapat meringankan beban warga yang terdampak bencana.

GMAHK Jemaat Jerusalem Ambia Gelar Olahraga Bersama untuk Hidup Sehat Tanpa Biaya Tinggi

GMAHK Jemaat Jerusalem Ambia di Kabupaten Talaud menyelenggarakan program olahraga bersama pada Minggu, 02 Juni 2024. Inisiatif oleh kelompok Pathfinder ini melibatkan seluruh anggota jemaat. Pdt. Alex Andro Saibulang menjelaskan pada Senin, 03 Juni 2024, bahwa kegiatan dimulai dengan doa subuh diikuti jalan sehat dan renang, bertujuan menunjukkan hidup sehat bisa dicapai secara sederhana dan murah. "Konsistensi dalam jalan pagi cukup untuk kesehatan tubuh," jelasnya. Selain olahraga, suasana hati gembira dan momen kebersamaan juga penting. Setelah berolahraga, peserta menikmati kolak kacang hijau dan ikan bakar. Saibulang berharap kegiatan ini menginspirasi masyarakat untuk konsisten menjalani pola hidup sehat tanpa khawatir biaya.

Wisuda di Perguruan Tinggi Advent Surya Nusantara: 145 Wisudawan Lulus

Pada 2 Juni 2024, Perguruan Tinggi Advent Surya Nusantara (PTASN) di Pematangsiantar menggelar acara wisuda di Chapel kampus, dengan 145 mahasiswa berhasil meraih gelar. Dalam orasi bertema "Ignite your Passion, Pursue your Purpose," Dr. Guntur Siboro mengajak para wisudawan untuk terus bersemangat dan tidak mudah menyerah demi mencapai tujuan mereka. Dr. Sedia Simbolon, Pimpinan SLA PTASN, menyebutkan bahwa 43 lulusan adalah dari program D3 Keperawatan, 46 orang meraih gelar Sarjana Akuntansi, dan 56 orang lulus sebagai Sarjana Filsafat. Alumni PTASN telah bekerja di berbagai wilayah Indonesia, bahkan beberapa lulusan perawat dari Akper Surya Nusantara bekerja di Singapura. Diharapkan semakin banyak generasi muda tertarik melanjutkan pendidikan di PTASN dan meraih kesuksesan di masa depan.

Memperingati Hari Anak Beresiko Se-Dunia, Dua Gereja di Maluku Sukses Menyelenggarakan Acara Peduli Kasih

Pada Sabat, 25 Mei 2024, acara anak-anak Sekolah Sabat dari jemaat Bukit Zaitun Latdalam dan desa Lermatang sukses diadakan di gedung gereja GMAHK Bukit Zaitun Latdalam. Kegiatan yang berlangsung dari pagi hingga siang hari ini melibatkan ibadah, pemberian kado untuk anak yatim piatu, janda, dan duda, serta doa khusus bagi anak-anak yang berisiko, dipimpin oleh ketua jemaat, Iwan Lololuan. "Pemberian kado dari anak-anak kepada sahabat-sahabat mereka merupakan kesan terindah dengan tidak memandang bulu," ujar Iwan Lololuan. Ketua jemaat Zhakina Lermatang juga menyampaikan rasa terkesannya terhadap pelayanan jemaatnya. Acara ini ditutup dengan makan bersama dan diharapkan dapat menumbuhkan kerohanian anak-anak agar tetap kuat dan setia dalam Tuhan.

Mapalus Sosial Club Indonesia Berbagi Hasil Pertanian Kepada Masyarakat Tanpa Memandang Perbedaan

Di Kota Manado, Sulawesi Utara, sejumlah pria Advent membentuk Mapalus Sosial Club Indonesia (MSCI) yang aktif dalam berbagi hasil pertanian seperti kangkung, bayam, dan pare kepada masyarakat tanpa memandang suku, ras, dan agama. "Kami hadir untuk berbagi dengan semua orang tanpa dipungut biaya," kata Johns Nangka, salah satu penggagas MSCI, pada Kamis (30/5/2024). Johns menambahkan bahwa kegiatan berbagi ini merupakan bagian dari pelayanan kasih sebagaimana yang Yesus teladankan, dan mereka bersyukur kepada Tuhan yang telah mengizinkan mereka mengikuti teladan ini melalui MSCI. Ia berharap ke depan MSCI bisa lebih eksis lagi sehingga lebih banyak orang dapat merasakan kasih Yesus setiap hari. Anggota MSCI terdiri dari Johns Nangka, Abraham Tingginehe, Stive Lontoh, dan Vendy.

SMP Advent Tongute Goin Melakukan Kegiatan Trauma Healing Untuk Anak-Anak Korban Erupsi Gunung Ibu

Guru-guru dari SMP Advent Tongute Goin mengadakan kegiatan trauma healing pada Rabu, 29 Mei 2024, untuk anak-anak korban erupsi Gunung Ibu di posko pengungsian Gereja Tua GMIH Tongute Sungi. Kegiatan ini dipenuhi keceriaan, dengan aktivitas seperti menyanyikan lagu rohani, menceritakan kisah Alkitab, dan memberikan pelajaran bahasa Inggris sederhana. Anak-anak juga mendapatkan snack di akhir acara, menambah kegembiraan mereka. Ibu Chrisye Ronga Bahute, salah satu guru yang terlibat, menyampaikan bahwa mereka memulai dengan ibadah singkat yang diiringi lagu "Kau Lebih Tahu yang Terbaik Bagiku" dari Melitha Sidabutar, yang membuat beberapa guru terharu. Orang tua yang hadir juga merasakan kebahagiaan melihat anak-anak mereka tertawa dan bersukacita, sehingga kegiatan ini memberikan dampak positif bagi seluruh keluarga yang terdampak erupsi.

Kegiatan Health Expo Pemuda Advent Wilayah Ibu

Health expo yang diselenggarakan pemuda Advent wilayah Ibu pada Minggu, 26 Mei 2024, di Desa Linggua, Kecamatan Loloda, Kabupaten Halmahera Barat, berlangsung sukses dengan dukungan penuh dari jemaat dan pemuda wilayah Ibu. Kegiatan utama meliputi pemberian sembako dan pemeriksaan kesehatan gratis bagi masyarakat setempat. Ibu Fenina Ronga Tewuh, salah satu penyelenggara, menyatakan bahwa acara ini memberikan pengalaman berharga bagi anak-anak muda yang biasanya menghabiskan liburan dengan gadget. Meskipun medan jalan menantang dengan dua sungai yang harus diseberangi, antusiasme dan senyuman tulus dari orang tua yang menerima pelayanan mereka membuat semua usaha terbayar. Masyarakat Desa Linggua berharap kegiatan ini dapat diadakan kembali di masa mendatang.