Kacang Kedelai dan Kanker Payudara

Kacang Kedelai dan Kanker Payudara

"Semua makanan kedelai meningkatkan risiko kanker payudara." adalah mitos

Jan 26, 2022, 9:12 AM

Jika Anda bertanya-tanya apakah makan tahu, atau minum kopi atau teh dengan susu kedelai dapat meningkatkan risiko kanker payudara, inilah yang harus Anda ketahui. Mengetahui kenyataannya adalah penting, terutama sekarang kedelai lebih umum dalam makanan kita. Kedelai juga merupakan sumber protein rendah lemak yang populer. Hubungan antara asupan makanan kedelai dan kanker payudara telah diteliti dan dipelajari selama lebih dari 25 tahun.

Mitos: Semua makanan kedelai meningkatkan risiko kanker payudara.

Fakta: Tidak. Produk kedelai mengandung isoflavon, yaitu molekul yang mirip dengan hormon estrogen. Kesamaan inilah yang menimbulkan beberapa kekhawatiran teoritis bahwa kedelai dapat meningkatkan risiko kanker yang sensitif terhadap estrogen, termasuk kanker payudara. Namun, penelitian menunjukkan bahwa isoflavon sebenarnya tidak identik dengan estrogen. Isoflavon dan estrogen tidak memiliki preferensi yang sama untuk pengikatan reseptor estrogen. Uji klinis secara konsisten menunjukkan bahwa asupan isoflavon tidak mempengaruhi risiko kanker payudara. Studi pada manusia ini belum mengkonfirmasi hubungan antara makan kedelai alami dan berkembangnya kanker payudara. Sebuah studi di tahun 2010 tidak menemukan hubungan antara konsumsi fitoestrogen yang meliputi produk kedelai meningkatkan risiko kanker payudara. Tidak ada data yang cukup menentukan untuk menunjukkan efek kedelai pada risiko kanker payudara atau jenis kanker apa pun.

Mitos: Semua jenis kedelai memiliki efek yang sama pada tubuh.

Fakta : Tubuh Anda mungkin memproses kedelai alami dalam tahu, miso, dan susu kedelai secara berbeda dari jenis yang ditambahkan ke makanan olahan. Isolat protein kedelai yang ditemukan dalam suplemen, bubuk protein, dan pengganti daging biasanya dihilangkan nutrisinya, seperti serat. Menurut para ahli, itu juga merupakan bentuk kedelai yang lebih terkonsentrasi. Jadi Anda lebih mungkin mendapatkan dosis tinggi jika Anda mengonsumsi protein shake dan hot dog kedelai daripada jika Anda makan edamame.

Para ahli merekomendasikan untuk mengonsumsi kedelai utuh dalam jumlah sedang, atau sekitar 1-2 porsi, sehari. Satu porsi termasuk:

  • ½ cangkir tahu

  • ½ cangkir tempe

  • ½ cangkir edamame

  • ½ cangkir kedelai matang atau kalengan

  • 1 cangkir susu kedelai

  • 1 cangkir yogurt kedelai

  • ¼ cangkir kacang kedelai

  • 1 sendok teh miso

Mitos: Jika Anda menderita atau pernah menderita kanker payudara, hindari semua makanan kedelai.

Fakta: Sama seperti makan kedelai utuh dalam jumlah sedang tidak membuat Anda lebih mungkin terkena kanker payudara, itu juga tampaknya tidak meningkatkan risiko kekambuhan. Namun, para ahli merekomendasikan bahwa pasien kanker payudara sebaiknya menghindari suplemen kedelai atau makanan olahan kedelai.

Mitos: Makan kedelai untuk melindungi dari kanker payudara.

Fakta: Meskipun makan kedelai dalam jumlah sedang tidak masalah, terlalu dini untuk menyarankan makan lebih banyak dapat melindungi payudara Anda. Dalam satu laporan, para peneliti menganalisis data dari survei diet yang dilakukan oleh lebih dari 9.500 wanita Amerika dan Cina. Mereka yang mengatakan bahwa mereka makan kedelai paling banyak 25% lebih kecil kemungkinannya untuk kembali terkena kanker dibandingkan dengan mereka yang makan paling sedikit. Beberapa ahli khawatir bahwa kedelai dapat mengganggu obat kanker payudara yang menurunkan kadar estrogen, seperti tamoxifen. Tetapi penelitian yang sama menunjukkan bahwa kedelai juga melindungi terhadap kekambuhan pada pasien yang menggunakan tamoxifen. Makanan kedelai yang termasuk dalam penelitian ini adalah tahu, susu kedelai, dan kedelai segar. Seperti yang Anda duga, wanita China memakannya jauh lebih banyak daripada di AS. “Hasilnya menjanjikan, tetapi masih belum ada informasi yang cukup,” kata para ahli. Para ahli sekarang percaya bahwa isoflavon kedelai sebenarnya dapat memblokir estrogen agar tidak menempel pada sel kanker payudara alih-alih memacu pertumbuhan seperti yang diperkirakan sebelumnya. Banyak studi ciri khas dilakukan di negara-negara Asia, di mana orang-orang tumbuh dengan makan kedelai dalam bentuk tradisionalnya. Ini dapat mempengaruhi cara tubuh mereka memproses kedelai.

Intinya: Pilih kedelai utuh daripada makanan kedelai olahan. Makanlah dalam jumlah sedang seperti yang disarankan (1-2 porsi / hari). Dalam Studi Kelangsungan Hidup Kanker Payudara Shanghai, mengonsumsi lebih banyak kedelai (lebih dari 2 porsi per hari) , tidak dikaitkan dengan risiko, tetapi juga tidak menunjukkan manfaat kesehatan tambahan. Berbagai makanan kedelai tersedia untuk membuat kebiasaan makan yang berfokus pada tanaman menjadi mudah, lezat dan bergizi. Cobalah beralih fokus untuk melihat makanan kedelai utuh, seperti tahu, tempe, dan edamame, untuk apa yang mereka tawarkan sebagai cara untuk mengurangi daging, daging merah dan makan yang lebih berfokus pada tanaman, untuk diet sehat secara keseluruhan.

Penulis

dr. Li Zi-Huey, Rumah Sakit Advent Penang; www.pah.com.my

Continue
Apa Saja Yang Bisa Didoakan?

Apa saja yang bisa kita doakan? Apakah semua bisa kita doakan kepada Tuhan atau hanya hal-hal yang kecil saja?

Apa Itu Doa Yang Sebenarnya?

Buat anda yang belum tahu DOA ITU APA, BAGAIMANA DOA YANG BENAR. Ikuti penjelasan berikut ini

Wanita Pekerja di Alkitab: Dalam Pemerintahan

Wanita yang bekerja di luar rumah merasa dihakimi karena dikira telah kehilangan panggilan keibuan-nya. Wanita yang bekerja di dalam rumah merasa gelisah melihat pencapaian temannya yang bekerja di luar rumah. Jadi, di mana titik idealnya?

Cara Meningkatkan Kesehatan Usus Anda

Sebagian besar dari 40 triliun bakteri di tubuh berada di dalam usus. Dan, mereka sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan.

Wanita Pekerja di Alkitab: Masa Hakim-Hakim

Bagaimana menyeimbangkan hidup sebagai wanita Kristiani yang memiliki keluarga dan bekerja? Mari cari inspirasi dari beberapa tokoh wanita pekerja dalam Alkitab berikut ini.

Cara Menentukan Anggaran Yang Sesuai Untuk Makan Sehat

Harga pangan tentunya makin meningkat di tahun 2023. Dapatkah kita makan sehat sesuai anggaran yang ketat? Ya, ada caranya!

Gambaran Keluarga Bahagia

Keluarga menghadapi rasa sakit yang tak terhindarkan di dalam dunia yang berdosa ini. Bagaimana bisa bahagia jika semua keluarga terdiri dari orang-orang berdosa? Tentu saja ini bukanlah maksud awal dan akhir Tuhan.

Lemak Perut Tanda Bahaya

Kelebihan lemak perut merupakan hal yang tidak baik. Bukan saja mengganggu penampilan kita akan tetapi juga mengganggu akan kesehatan bagi tubuh kita.

Yesus dan Pelayanan-Nya di Perkotaan

Apakah Yesus selalu melayani di pedesaan? Bagaimana Ia menjangkau perkotaan? Apa metodenya masih relevan bagi kita sekrang ini? Semuanya dikupas dari firman Tuhan di dalam Alkitab.

Apa Jenis Beras Yang Paling Sehat?

Nasi adalah makanan pokok di banyak negara yang memberi kita sumber energi. Ada banyak varietas beras yang berbeda dalam warna, rasa, dan nilai gizi.