Berbohong Demi Kebaikan, Boleh?

Berbohong Demi Kebaikan, Boleh?

Oct 21, 2021, 8:00 AM

Di dalam Alkitab kalau membahas tentang ini, pasti akan dihubungkan dengan cerita Rahab...

Yang disangka berbohong kepada penduduk Yeriko tentang 2 orang mata-mata orang Israel yang datang untuk mengintai Kota Yeriko. Cerita ini terdapat dalam Yosua 2.

Rahab mengatakan kepada orang-orang Yeriko bahwa 2 orang itu telah pergi, padahal Rahab menyembunyikan mereka.

Nah, siapakah Rahab? Rahab adalah seorang perempuan sundal. Rahab pernah mendengar tentang Allah tetapi pengetahuan Rahab tentang Allah dan Firman Allah sangat terbatas. Namun, Rahab dipuji karena iman dan perbuatannya yang menyambut pengintai-pengintai itu dengan baik (Ibrani 11:31)

-------------
Kisah yang lain yang terdapat dalam 1 Raja-raja 13 tentang Nabi muda dan Nabi Tua

Ada seorang nabi muda yang disuruh datang oleh Tuhan untuk menegur Raja Yerobeam karena menyembah berhala.

Lalu ada seorang nabi tua menghampiri nabi muda untuk mengajak nabi muda singgah di rumahnya, tetapi nabi muda ini tidak mau singgah.

Nabi tua mulai berbohong, lalu nabi tua ini berkata; atas perintah Tuhan, seorang malaikat telah berkata kepadaku, bawa dia (nabi muda) pulang dan berikan makan roti serta minum air... Karena dia (nabi tua) seorang nabi yang mengetahui 10 hukum dan isi hukum ke 9 mengatakan jangan mengucapkan saksi dusta, tetapi dia malah melakukannya...

1 Raja-raja 13:18
Lalu jawabnya kepadanya: "Aku pun seorang nabi juga seperti engkau, dan atas perintah TUHAN seorang malaikat telah berkata kepadaku: Bawa dia pulang bersama-sama engkau ke rumahmu, supaya ia makan roti dan minum air." Tetapi ia berbohong kepadanya.

Jadi, di sini sangat jelas bahwa Rahab yang memiliki pengetahuan terbatas dan Allah yang Maha Tahu dan Maha Adil mengetahuinya tidak ada catatan dalam Alkitab yang menyebut dia berbohong. Justru, Nabi Tua yang memiliki pengetahuan yang tinggi malah melakukan KEBOHONGAN seperti yang tertulis dalam 1 Raja-raja 13:18.

Continue
Apa Saja Yang Bisa Didoakan?

Apa saja yang bisa kita doakan? Apakah semua bisa kita doakan kepada Tuhan atau hanya hal-hal yang kecil saja?

Apa Itu Doa Yang Sebenarnya?

Buat anda yang belum tahu DOA ITU APA, BAGAIMANA DOA YANG BENAR. Ikuti penjelasan berikut ini

Wanita Pekerja di Alkitab: Dalam Pemerintahan

Wanita yang bekerja di luar rumah merasa dihakimi karena dikira telah kehilangan panggilan keibuan-nya. Wanita yang bekerja di dalam rumah merasa gelisah melihat pencapaian temannya yang bekerja di luar rumah. Jadi, di mana titik idealnya?

Cara Meningkatkan Kesehatan Usus Anda

Sebagian besar dari 40 triliun bakteri di tubuh berada di dalam usus. Dan, mereka sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan.

Wanita Pekerja di Alkitab: Masa Hakim-Hakim

Bagaimana menyeimbangkan hidup sebagai wanita Kristiani yang memiliki keluarga dan bekerja? Mari cari inspirasi dari beberapa tokoh wanita pekerja dalam Alkitab berikut ini.

Cara Menentukan Anggaran Yang Sesuai Untuk Makan Sehat

Harga pangan tentunya makin meningkat di tahun 2023. Dapatkah kita makan sehat sesuai anggaran yang ketat? Ya, ada caranya!

Gambaran Keluarga Bahagia

Keluarga menghadapi rasa sakit yang tak terhindarkan di dalam dunia yang berdosa ini. Bagaimana bisa bahagia jika semua keluarga terdiri dari orang-orang berdosa? Tentu saja ini bukanlah maksud awal dan akhir Tuhan.

Lemak Perut Tanda Bahaya

Kelebihan lemak perut merupakan hal yang tidak baik. Bukan saja mengganggu penampilan kita akan tetapi juga mengganggu akan kesehatan bagi tubuh kita.

Yesus dan Pelayanan-Nya di Perkotaan

Apakah Yesus selalu melayani di pedesaan? Bagaimana Ia menjangkau perkotaan? Apa metodenya masih relevan bagi kita sekrang ini? Semuanya dikupas dari firman Tuhan di dalam Alkitab.

Apa Jenis Beras Yang Paling Sehat?

Nasi adalah makanan pokok di banyak negara yang memberi kita sumber energi. Ada banyak varietas beras yang berbeda dalam warna, rasa, dan nilai gizi.