Article

Kantor GMAHK Misi Tonga Ditutup Debu Vulkanik Dan Beberapa Gereja Tersapu Tsunami. ADRA Siap Tangani Kebutuhan di Tonga

JAKARTA. hopechannel.id || Pemerintah Tonga mengeluarkan pemberitaan resminya yang memuat tentang situasi bencana. dimana dikatakan bahwa bencana yang terjadi adalah salah satu bencana yang belum pernah terjadi sebelumnya. Menyikapi hal itu dan beragam kerugian di tengah masyarakat, Adventist Development and Relief Agency (ADRA) siap untuk menanggapi kebutuhan di Tonga. Namun saat ini masih berkoordinasi tentang tingkat kerusakan yang terjadi. 

 

Dilansir dari ABC News, melaporkan bahwa ibu kota Tonga, Nuku'alofa, tertutup lapisan debu vulkanik, yang telah mencemari persediaan air. Seorang wanita Inggris yang tersapu tsunami adalah kematian pertama yang dikonfirmasi .

 

Staf dari kantor Misi Tonga dilaporkan dievakuasi ke Beulah Adventist College setelah tsunami melanda.

 

Hingga saat ini, komunikasi tetap terbatas karena kerusakan yang disebabkan pada kabel komunikasi bawah laut, Sampai saat ini ada tiga kematian yang dikonfirmasi, dan sejumlah cedera juga telah dilaporkan. Beberapa pulau kecil mengalami kerusakan terparah, termasuk pulau Mangga, di mana semua rumah hancur. Hanya tersisa dua rumah di pulau Fonoifua dan kerusakan parah juga terjadi di pulau Nomuka.

 

“Hati dan doa kami untuk semua orang di Tonga yang terkena dampak peristiwa ini,” kata direktur regional ADRA Divisi Pasifik Selatan Greg Young. “ADRA memantau situasi dengan cermat. Kami telah membentuk Tim Tanggap Darurat virtual yang siap mendukung masyarakat Tonga.”

 

Banjir telah merusak rumah, gereja dan infrastruktur publik lainnya. Beberapa bangunan Gereja Advent telah terkena dampak, termasuk markas besar Misi Tonga, yang terletak di daerah tepi pantai ibu kota, Nukuʻalofa, di pulau utama Tongatapu.

 

“Saya telah menerima kabar semalam bahwa kantor Misi Tonga, kediaman presiden Misi dan rumah lain di lokasi itu telah mengalami kerusakan yang signifikan,” kata Tuan Young. “Tetapi kami bersyukur kepada Tuhan bahwa tidak ada nyawa yang hilang dan presiden Misi serta keluarganya selamat.”

 

ADRA meminta sumbangan untuk mendukung upaya tanggapan. Jika Anda dapat membantu, silakan kunjungi www.adra.org.au/project/disasters/ atau  adra.org.nz/respond/ (**/red/AdventistRecord/Tim

Kembali ke daftar