Article

Dahsyat Letusan Gunung Bawah Laut Di Tonga, Anggota GMAHK Hingga Kini belum Dapat Dikonfirmasi

JAKARTA. hopechannel.id || Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh di Pasifik Selatan dengan cemas menunggu kabar dari keluarga dan teman-teman setelah letusan gunung berapi bawah laut yang besar di dekat Tonga pada hari Sabtu.

Komunikasi dengan Tonga tetap terbatas karena kerusakan pada kabel komunikasi bawah laut utama.  “Hati dan doa saya tercurah kepada orang-orang saya di Tonga,” kata presiden Trans Pacific Union Mission Maveni Kaufononga, yang berasal dari Tonga. “Tidak memiliki komunikasi sama sekali dengan mereka bisa sangat membuat frustasi. Namun, saya percaya pada Tuhan yang ada di mana-mana dan begitu penuh kasih. Dia adalah orang yang merawat mereka lebih baik dari yang kita bisa.”

Letusan gunung berapi Hunga Tonga-Hunga Ha'apai menyebabkan tsunami yang menggenangi sebagian Tongatapu—pulau utama Tonga—dan pulau-pulau terdekat lainnya, serta memicu peringatan tsunami untuk beberapa negara lain. 

Dilansir AFP, tsunami bermula dari erupsi gunung pada Jumat (14/1) waktu setempat. Erupsi berlangsung selama delapan menit dan mengirimkan gas dan asap ke udara sejauh Puluhan kilometer.

Tak hanya itu, erupsi juga terdengar hingga ke sejumlah negara tetangga. Salah satunya Fiji, dengan para pejabat setempat melaporkan bahwa erupsi itu sangat intens hingga suaranya terdengar seperti "suara guntur yang keras" di wilayah Fiji yang berjarak 800 kilometer jauhnya.

Para pemimpin gereja mendorong orang Advent di seluruh dunia untuk terus berdoa bagi orang-orang Tonga.

(**/red/adventist.news

Kembali ke daftar