Article

Simak Disini, 28 Doktrin GMAHK, Yang Dibahas Tuntas Pendeta Ted Wilson

JAKARTA. hopechannel.id || Kami umat Masehi Advent Hari Ketujuh membangun semua kepercayaan kami hanya pada Alkitab. Gereja kami tidak memiliki kepercayaan yang ditetapkan. Sebaliknya, kami memiliki 28 keyakinan dasar yang menyatakan apa yang kami imani yang telah diajarkan Alkitab.

Dalam episode ini, Pendeta Ted Wilson membagikan bagaimana kepercayaan ini berkembang.

Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh adalah sebuah gerakan yang memulai penyingkapan nubuatan Alkitab untuk mempersiapkan orang-orang bagi kedatangan Kristus yang kedua kali. Pada pertengahan abad ke-19, Tuhan menggunakan seorang pengkhotbah bernama William Miller untuk mewartakan pekabaran malaikat pertama dalam Wahyu 14.

Dinyatakan, "Takutlah akan Tuhan dan pujilah Dia karena saat penghakiman-Nya telah tiba‌‌" (ayat 7). Ribuan orang menerima pesan ini dan percaya bahwa Kristus memang akan datang. Namun, beberapa gereja yang mengaku Kristen menolak gagasan itu. Oleh karena itu, "Babel sudah rubuh, sudah rubuh‌‌" (ayat 8).

Ketika Yesus tidak datang seperti yang mereka harapkan pada 22 Oktober 1844, banyak dari mereka meninggalkan gerakan Advent. Untungnya, sedikit umat yang sisa tetap ada. Mereka bertekad untuk rajin mempelajari dan memahami Kitab Suci dengan lebih baik. Akibatnya, mereka melihat bahwa akhir dari nubuatan 2300 hari dalam Daniel 8:14 tidak mencapai puncaknya pada kedatangan Kristus ke bumi. Sebaliknya, hal itu mengantarkan fase baru pelayanan-Nya di Bait Suci surgawi.

Dengan terus berdoa dan belajar dengan hati dan pikiran yang terbuka, orang-orang percaya yang sisa ini menemukan lebih banyak kebenaran. Salah satunya adalah makna penuh dari pekabaran tiga malaikat dari Wahyu 14. Yang lainnya adalah pentingnya memelihara hari Sabat yang kudus. Yang lainnya adalah ketidakbakaan jiwa, keadaan orang mati, dan kedatangan Kristus yang kedua kali.

Sekitar 10 tahun setelah Kekecewaan Besar, sisa kecil telah tumbuh menjadi hampir 1.000 orang percaya. Mereka belum memiliki nama resmi saat itu, tetapi mereka memiliki publikasi resmi bernama The Advent Review dan Sabbath Herald.

 

Di halaman depan terbitan 15 Agustus 1854 dari publikasi ini, ada lima "Ajaran-Ajaran Terkemuka yang Diajarkan oleh Tinjauan" seperti berikut:

 

 "Alkitab, dan hanya Alkitab, adalah dasar iman‌‌"

"Hukum Allah, seperti yang diajarkan dalam Perjanjian Lama dan Baru, tidak dapat diubah.‌‌"

"Kedatangan Kristus terhadap pribadi dan kebangkitan orang benar, sebelum milenium.‌‌"

"Bumi diubahkan kembali kesempurnaan dan kemuliaan Eden, warisan terakhir orang-orang kudus.‌‌"

"Kekekalan hanya melalui Kristus, akan diberikan kepada orang-orang kudus pada saat kebangkitan."

Pada tahun 1863, kelompok tersebut secara resmi menamakan dirinya sebagai Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh. Itu mencerminkan dua kepercayaan yang menonjol—pentingnya Sabat hari ketujuh dan menantikan Kedatangan Kristus yang Kedua.

Pernyataan kepercayaan resmi pertama gereja diterbitkan pada tahun 1872 berjudul "Deklarasi Prinsip-Prinsip Dasar yang Diajarkan dan Dipraktikkan oleh Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh." Terdaftar di sini adalah 25 poin yang diambil dari studi Alkitab, dimulai dengan pernyataan, mengatakan, "Kami ingin dipahami dengan jelas bahwa kami tidak memiliki pasal-pasal iman, kepercayaan, atau disiplin diluar dari Alkitab." Itu menjelaskan bahwa itu adalah "pernyataan singkat tentang apa yang telah, dan telah, dengan kebulatan suara yang besar, dipegang oleh [Umat Masehi Advent Hari Ketujuh].‌‌"

Pada tanggal 4 Juni 1874, deklarasi Prinsip-Prinsip Dasar diterbitkan lagi, kali ini dalam edisi pertama The Signs of the Times. Itu diterbitkan ulang pada tahun 1875, dan lagi pada tahun 1889.

Pernyataan keyakinan kami berikutnya datang 42 tahun kemudian. Beberapa poin digabungkan, menjadi total 22. Mereka diberi nama "Kepercayaan Dasar Advent Hari Ketujuh". Ini diterbitkan dalam Buku Tahunan Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh 1931 dan Pedoman Gereja 1932.

Dalam tahun-tahun berjalan selanjutnya, perubahan dan revisi kecil dilakukan. Pada tahun 1980, kepercayaan dasar mencakup 27 poin dan diadopsi pada Sesi Konferensi Umum 1980 di Dallas, Texas.

Pada tahun 2005, para delegasi ke sesi GC di St. Louis, Missouri memilih untuk menambahkan "Bertumbuh dalam Kristus'' ke dalam kepercayaan dasar, sehingga totalnya menjadi 28. 28 kepercayaan ini adalah apa yang kita miliki sekarang, meskipun bentuknya sekarang adalah hasil revisi lebih lanjut pada tahun 2015.

Memang, Tuhan telah memimpin gerakan Advent selangkah demi selangkah menuju pemahaman yang lebih lengkap tentang siapa Dia itu, siapa kita, dan apa rencana-Nya yang indah bagi kita, sebagaimana diungkapkan dalam Alkitab.

Pendeta Ted akan membahas 28 keyakinan dasar satu per satu.
Ikuti penjelasan beliau disini: 28 Fundamental Beliefs

Kembali ke daftar