Article

Wilayah Asia Tenggara Terpecah Menjadi Dua Uni Dan Satu Konferensi

JAKARTA. hopechannel.id || Komite Eksekutif Divisi Asia-Pasifik Selatan memilih pembubaran SAUM menjadi dua Uni baru yaitu Southeastern Asia Union Mission (SEUM) dan Malaysia Union Mission (MAUM), dan bidang terlampir adalah Singapore Adventist Conference (SAC). Misi Uni Asia Tenggara (SEUM) mencakup negara-negara Thailand, Vietnam, Kamboja, dan Laos. Malaysia Union Mission (MAUM) di sisi lain mencakup negara-negara Malaysia dan Brunei Darussalam.

 Acara ini dihadiri oleh President GC Pastor Ted Wilson, SSD Officers yang dipimpin oleh Pastor Sam Saw, dan para leader SAUM. SAUM sekarang dibagi menjadi dua Uni dan satu konferensi 
Ted Wilson, presiden Adventist World Church, Saw Samuel, presiden Divisi Asia Pasifik Selatan, dan para pekerja dari berbagai organisasi dan institusi menghadiri Upacara Pembubaran online yang diselenggarakan oleh SAUM.
 
Ted Wilson mengungkapkan dorongan dan kegembiraannya bahwa meskipun Misi Persatuan Asia Tenggara akan dibubarkan, itu akan dipisahkan untuk tujuan yang lebih besar untuk menjangkau lebih banyak orang di wilayah yang unik dan beragam ini.
 
“Tuhan memiliki tujuan bagi siapa pun dari Anda dan untuk gereja-Nya di semua negara berharga di SAUM… Meskipun Anda (SAUM) akan menjadi entitas yang terpisah, dua persatuan, dan konferensi yang melekat, kami masih menjadi bagian dari keluarga Tuhan di seluruh dunia,” Wilson mengatakan dalam pesannya dalam upacara pembubaran SAUM.
 
“Saat Anda menghadapi tantangan untuk mengatur ulang dan mengkalibrasi ulang bagaimana Anda akan mendekati, tidak hanya kegiatan administratif, tetapi terutama kegiatan yang berorientasi pada misi, saya berharap untuk Anda berkat Tuhan yang melimpah dan kuasa Roh Kudus,” tambah Wilson.
 
 Saw Samuel, dalam pesannya saat upacara pembubaran, juga menyampaikan penghargaannya kepada pimpinan Misi Persatuan Asia Tenggara, baik dulu maupun sekarang, karena dengan berani menerima prestasi mengembangkan mendorong pekerjaan Tuhan di wilayah yang penuh tantangan ini.
 
“Di empat belas negara ini, di mana agama Buddha dan Islam paling dominan, kami masih memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan. Delapan puluh lima persen dari populasi kita di SSD belum mendengar tentang pesan harapan yang diberkati. Kami akan bekerja sama untuk membuat pesan Tuhan didengar di seluruh wilayah ini,” tegas Saw.
Misi Persatuan Asia Tenggara (SAUM), yang diselenggarakan pada tahun 1917, dengan tujuan untuk membawa pesan keselamatan ke tujuh negara yang berbeda di dalam wilayahnya, dipilih pada tahun 2019 untuk dibubarkan dalam tiga organisasi yang secara strategis akan memenuhi kebutuhan rakyatnya dan menciptakan pendekatan kontekstual yang efektif terhadap berbagai budaya, agama, dan etnis di wilayah Asia Tenggara yang luas.
 
Pada tanggal 5 November 2019, Komite Eksekutif Divisi Asia-Pasifik Selatan memilih pembubaran SAUM menjadi dua serikat baru yaitu Southeastern Asia Union Mission (SEUM) dan Malaysia Union Mission (MAUM), dan bidang terlampir yaitu Singapore Konferensi Advent (SAC). Jika disetujui, proses transfer harus selesai pada akhir Desember tahun ini.
 
Misi Uni Asia Tenggara (SEUM) mencakup negara-negara Thailand, Vietnam, Kamboja, dan Laos. Malaysia Union Mission (MAUM) di sisi lain mencakup negara-negara Malaysia dan Brunei Darussalam.
 
Misi Persatuan Asia Tenggara telah berkembang pesat dalam misi yang diamanatkan oleh gereja dunia sejak diorganisir pada tahun 1917. Dari misionaris resmi paling awal yang tercatat hingga para pemimpin SAUM kami saat ini, orang-orang yang telah menjadi bagian dari pertumbuhan berkelanjutan karya di Asia Tenggara dibagikan dan diekspresikan melalui kesaksian selama upacara.
 
Mantan bendahara Misi Peninsula Malaysia dari 1992-2004, Tom Massenggil, mengenang tantangan memperoleh properti selama masa jabatan mereka untuk memperluas pekerjaan dan memulai misi di berbagai bagian Asia Tenggara. Namun demikian, pekerjaan Tuhan tidak akan pernah terhalang dan cukup benar, melalui orang-orang dan situasi yang Tuhan sediakan, semuanya bekerja pada tempatnya dan fasilitas dan institusi Advent mulai tumbuh seperti jamur di seluruh wilayah.
 
“Kibarkan bendera Anda dari tempat Anda berada dan rangkullah dengan kasih Tuhan,” tegas Massenggil.
 
Misi Uni Asia Tenggara tidak akan ada lagi, tetapi warisannya akan terus hidup. Pengaruh yang diciptakan dan diberikannya kepada orang-orang yang menyaksikan pekerjaan sejatinya untuk misi akan terus membawa cahaya yang akan terang benderang di tempat-tempat lain di mana ia sangat dibutuhkan.
 
Wilayah dan Statistik
Wilayah Misi Uni Asia Tenggara mencakup tujuh negara: Brunei Darussalam, Kamboja, Republik Demokratik Rakyat Laos, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Vietnam. Itu berisi satu konferensi, enam misi, dan satu wilayah. Masing-masing adalah Konferensi Advent Singapura, Misi Advent Kamboja, Misi Advent Peninsula di Semenanjung Malaysia, Misi Advent Sabah di Malaysia, Misi Advent Sarawak di Malaysia, Misi Advent Thailand, Misi Advent Vietnam, dan Wilayah Terlampir Laos.
 
Tiga rumah sakit Advent beroperasi di wilayah ini: Rumah Sakit Advent Bangkok (Bangkok, Thailand), Rumah Sakit Advent Phuket (Phuket, Thailand), dan Rumah Sakit Advent Penang (Penang, Malaysia).
 
Delapan sekolah dasar/menengah berlokasi di wilayah ini: Sekolah Advent Ekamai (Watana, Bangkok, Thailand), Sekolah Advent Kamboja (Khan Sen Sok, Phnom Penh, Kamboja), Akademi Advent Chiang Mai (Maetaeng, Chiang Mai, Thailand), Ekamai Sekolah Internasional (Sukhumvit 63, Bangkok, Thailand), Sekolah Menengah Advent Goshen (Kota Marudu, Sabah, Malaysia), Sekolah Menengah Advent Sabah (Tamparuli, Sabah, Malaysia), Sekolah Advent San Yu (Singapura, Singapura), dan Sekolah Sunny Hill (Kuching, Sarawak, Malaysia).
 
Per 30 Juni 2020, SAUM adalah rumah bagi 391 gereja dengan 97.585 anggota dari populasi 224.501.000 orang. Pada tanggal tersebut, kantor pusatnya berlokasi di 798 Thomson Road; Singapura 298186; Republik Singapura.(Ref. encyclopedia.adventist.org/assets/pdf/article-FASS.pdf)
 
 Edward Rodriguez, Sekretaris Komunikasi SSD(**/red

Kembali ke daftar