Article

Salut...Advent Respon Cepat (ARC) Dipanggil Panglima TNI dan Kapolri Bantu Atasi Hal Ini, Simak Selengkapnya di Sini

JAKARTA|| Biro sosial SSDM Mabes Polri minta ARC untuk membantu anak-anak yang orang tuanya meninggal akibat Covid-19. Kegiatan tersebut dilakukan pada selasa 2 November 2021.

Rilis yang diterima media ini diungkapkan bahwa Total ada 25.000 lebih anak kehilangan orang tua akibat Covid 19

Pada acara seremoni tersebut dihadiri 2300 anak dari 34 Provinsi. Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Kapolri Bpk. Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmavati , dan Menteri Sosial Tri Risma Maharani serta Ketua ARC Indonesia Kak Kurniawan Eko.

Pada awal kegiatan ini, kak Danang dari ARC Indonesia membawakan cerita pendek motivasi untuk peserta anak-anak. Hadir juga kak Seto, psikolog ternama Indonesia, mengajak anak-anak bernyanyi gembira dan mendatangi untuk memberikan semangat.

ARC didaulat untuk menghandle acara di Polda Kalteng dipimpin oleh Kak Fika Senewe, Polda Sumut dipimpin oleh Kak Maruli, dan Polda NTT oleh Kak Vecky. Gubernur Sumut, Pangdam Bukit Barisan dan Kapolda Sumut turut hadir di Medan.

Dalam kegiatan yang diadakan di Lemdiklat Polri Ciputat, ARC Indonesia mendukung kegiatan ini sebagai fasilitator atau pendamping psikososial kepada 3 kelompok anak. Anak-anak balita yang didampingi dengan bermain, mewarnai, bernyanyi, dan bertemu dengan badut.

Anak-anak umur 6–12 tahun didampingi dengan bernyanyi, membuat kelompok, mengikuti permainan anak dan berlomba untuk mendapatkan hadiah. Bagi kakak-kakak remaja umur 13–18 tahun berkumpul di tenda terpisah dan mengikuti games-games seru yang dipandu tim psikososial Mabes.

Terdapat pula adik-adik disabilitas yang juga kehilangan orang-tuanya akibat pandemi Covid-19, yang mendapatkan perhatian khusus oleh Ibu Menteri Sosial karena kondisi kesehatan yang diderita para anak anak disabilitas. Bagi para orang-tua yang hadir, yang juga mengalami kehilangan orang kesayangannya karena covid-19 ini juga diberikan pendampingan khusus oleh tim psikososial Mabes dan ARC Indonesia.

Sebagai pendukung kegiatan psikososial ini, ARC Indonesia juga bekerjasama dengan Rotary Club, Yayasan Ibnu Sina, dan Bank Mandiri dalam pembagian goody bag kepada peserta anak-anak dan orang-tua yang hadir. (**/red/ Sheila, ARC Indonesia

Kembali ke daftar