Article

Gempa Mengguncang Kepulauan Salomon Gedung Sekolah Runtuh

JAKARTA.hopechannel.id || Gempa bumi menyebabkan kerusakan signifikan pada Sekolah Menengah Komunitas Advent Bekabeka pada Jumat sore, 15 Oktober, di Provinsi Barat Kepulauan Solomon di sebelah timur Pulau Ngatokae.

Pusat gempa berada antara 25 hingga 30 kilometer dari titik terdekat di daratan dan berdampak besar pada masyarakat.

Direktur ADRA Kepulauan Solomon Stephen Tasker mengirim Raynick Jack, koordinator manajemen darurat ADRA SI, di MV Mariner  untuk menemukan kerusakan  yang terjadi di sekolah dan masyarakat sekitar dan menyusun laporan.

23 dari 28 rumah di kampus rusak , dua bangunan runtuh total, termasuk rumah kepala sekolah dan kantin, dan tujuh rusak parah—lima keluarga staf harus tinggal di ruang makan, satu kelompok di ruang kelas dan kepala sekolah tinggal di flat transit.

Asrama mengalami beberapa kerusakan tetapi masih layak huni, namun enam toilet dan enam kamar mandi juga rusak sehingga menimbulkan masalah sanitasi.

ADRA  telah meminjamkan lima terpal dan berbagai macam tali kepada sekolah untuk membantu membuat tempat berteduh jika diperlukan.

Sebuah tim dari perguruan tinggi kejuruan Batuna terdekat hadir dan memberi bantuan dan memperbaiki saluran air yang dapat diperbaiki. 

“Pemerintah mengucapkan terima kasih atas doanya dan terutama ADRA Solomons yang menjadi yang  pertama merespon positif dengan mengirimkan petugas untuk melihat situasi yang ada.” kata Kepala Sekolah Bekabeka Encie Dionie.

“Kami juga berterima kasih kepada Tuhan bahwa tidak ada korban jiwa  dimana sebuah mahasiswa dan sfaf pendidik dalam keadaan baik.’ Jelasnya

Setidaknya dua rumah perlu dibangun kembali dan lainnya diperbaiki.

Bekabeka adalah sebuah sekolah menengah berasrama dengan 249 siswa, 18 staf pengajar dan sembilan staf pendukung.

Untuk informasi lebih lanjut tentang cara membantu Bekabeka, Anda dapat menghubungi kepala sekolah di edionie@gmail.com. (**/red/tim R.A

Kembali ke daftar