Article

Penting. Ketua General Conference Ted NC Wilson Imbau Semua Umat GMAHK di Dunia. Apa Itu? Simak Selengkapnya di Sini

JAKARTA. hopechannel.id || Dalam khotbahnya untuk pertemuan Dewan Tahunan 2021, presiden General Conference Ted NC Wilson membuat panggilan yang jelas bagi para pemimpin dan anggota gereja Masehi Advent Hari Ketujuh untuk hidup dan bersaksi sesuai dengan apa yang telah diungkapkan dalam Kitab Suci. 

“Terima dan ikutilah kebenaran hanya menurut Firman Tuhan,” dia menekankan dalam pesannya 9 Oktober 2021, kepada para anggota Komite Eksekutif General Conference. “Rekan-rekan pemimpin dan anggota gereja saya, tetap fokus pada Alkitab. Jangan biarkan suara-suara aneh membingungkan apa yang kita yakini.”

Pernyataan Wilson adalah bagian dari pidato pastoral tahunannya di Dewan Tahunan denominasi tahun 2021 di Silver Spring, Maryland, Amerika Serikat. Karena pembatasan yang sedang berlangsung dan pertimbangan anggaran, sebagian besar anggota dan undangan mengikuti proses 7-13 Oktober secara online.

Hidup sesuai dengan Firman Tuhan bahkan lebih bermakna ketika kita mempertimbangkan mandat misi kita, Wilson menjelaskan. “Kami memiliki kebenaran dasar alkitabiah yang kuat yang diberikan kepada kami oleh Tuhan sejak awal gerakan Advent kami untuk disampaikan ke dunia,” katanya.

Dalam pesannya yang berdurasi 86 menit, Wilson berulang kali mengimbau untuk "memberikan suara terompet tertentu," sebuah gambar alkitabiah yang merujuk pada misi seorang penjaga yang memperingatkan orang-orang tentang bahaya yang akan datang di Israel kuno. Menurutnya, dalam konteks kontemporer, itu menyiratkan tidak menyesal tentang kepercayaan Advent berbasis Alkitab. “Anggota gereja kami rindu mendengar pesan tentang keyakinan dan penegasan untuk kepercayaan alkitabiah dari gerakan Advent kami,” kata Wilson. “Pilar-pilar teologis dari gerakan Masehi Advent Hari Ketujuh Tuhan kokoh dan didasarkan pada Firman Tuhan. Firman-Nya pasti dan kokoh.”

Ajaran Penghancur Keyakinan

Wilson menghabiskan satu bagian dari pesan pastoralnya dengan mendaftar beberapa dari apa yang disebutnya "penyimpangan teologis" yang beredar sebelum mengajukan apa yang seharusnya menjadi alternatif yang alkitabiah.

 

Dia menyebutkan bahwa banyak yang tidak menerima Firman Tuhan sebagai otoritatif, dengan beberapa panggilan bahkan mempertanyakan keandalan kanon Alkitab. Pada saat yang sama, yang lain berusaha untuk mengurangi peran Roh Nubuat. “Roh Nubuat benar-benar dapat diandalkan dan harus dipercaya dan diterima secara keseluruhan,” ia menekankan tentang tulisan-tulisan salah satu pendiri Gereja Advent Ellen G. White. “Jangan meminta maaf karena menggunakan atau mempromosikan roh nubuat dan nasihat surgawinya. Itu adalah hadiah dari Tuhan yang dikirim dari surga.”

Wilson juga menyebutkan penolakan terhadap urgensi zaman ("Jangan memperhatikan suara-suara aneh yang mungkin mengatakan ... pengaturan kita saat ini akan berlanjut"), ekumenisme ("Kita tidak boleh berkompromi dan terlibat dalam kegiatan ekumenis keagamaan"), dan kongregasi ("kami adalah keluarga orang percaya di seluruh dunia yang saling mencintai dan mendukung"). Dia juga merujuk, antara lain, untuk menentang perintah-perintah Tuhan (“Hukum Tuhan adalah kekal”), evolusi (“Tuhan baru-baru ini membuat bumi ini dalam enam hari dan beristirahat pada hari ketujuh”), dan penolakan reformasi kesehatan (“Mengangkat panji kesederhanaan melawan segala bentuk zat pengubah pikiran.”)

Di antara lebih dari selusin ajaran teologis palsu, Wilson merujuk pada perilaku gaya hidup yang bertentangan dengan pandangan alkitabiah tentang seksualitas. “Amoralitas seksual dalam bentuk apa pun harus diubah melalui kuasa Tuhan yang bekerja dalam kehidupan,” tegasnya. “Ideal Tuhan harus diikuti, sekali lagi melalui kuasa-Nya, untuk menempatkan kita dalam hubungan yang benar dengan moral dan hukum alam-Nya.”

Sementara Wilson mengakui ini adalah topik yang rumit, dia mengatakan bahwa kita tidak bisa diam tentang apa yang Alkitab ajarkan sebagai kehidupan dan praktik yang benar. “Kita harus menunjukkan rasa hormat Kristen kepada semua orang, tetapi Tuhan memanggil kita, melalui kekuatan-Nya, untuk mengikuti rencana ciptaan-Nya untuk seksualitas manusia.”

Mengangkat Kristus dan Pesan-Nya

Di bagian terakhir khotbahnya, Wilson mengingatkan para pemimpin dan anggota gereja “apa misi utama kami,” yang mencakup “mengangkat Kristus, kebenaran-Nya, pesan tiga malaikat-Nya, dan kedatangan-Nya yang segera.” Pesan tiga malaikat yang dicatat dalam Wahyu 14 adalah tiga pesan khusus yang dipanggil untuk dibagikan oleh umat Allah kepada seluruh dunia. 

Wilson menekankan bahwa Allah memanggil umat-Nya untuk mewartakan pesan-pesan ini. Masalahnya, dia mengakui, bahwa “banyak orang tidak memahaminya atau mengabaikannya, dan beberapa berusaha untuk mengubah atau bahkan mengubah makna dari pesan-pesan ini.” Dia menekankan, “Untuk mewartakan pesan-pesan yang diberikan Tuhan ini kepada dunia, kita harus memahami dan menerimanya sendiri.” 

Oleh karena itu, Wilson mendorong para pemimpin dan anggota gereja untuk mempelajari secara mendalam dan mempercayai pesan tiga malaikat secara pribadi, memungkinkan mereka untuk juga mengubah hati mereka. Dia juga menyarankan untuk mengizinkan Roh Tuhan memenuhi seseorang dengan kasih yang dalam, seperti Kristus bagi semua orang saat seseorang membagikan pesan-pesan ini, dan menggunakan metode berdasarkan alkitabiah untuk membagikan setiap aspeknya.

Inilah saatnya untuk “merevitalisasi pekerjaan Anda, gereja Anda, organisasi Anda melalui kebangunan dan reformasi, memohon kepada Roh Kudus untuk membawa kehidupan rohani,” kata Wilson. Dia menekankan, “Jangan teralihkan, disibukkan, atau kehilangan fokus pada mengapa kita adalah Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh.” Menjelang penutupan pesannya, Wilson mengulangi, “Saya mendorong anggota kami dan dunia untuk tidak tertipu. Marilah kita mengarahkan pandangan kita pada Yesus, Sabda Kudus-Nya, dan apa yang Dia panggil untuk kita beritakan.”

Kembali ke daftar