Article

Editor Majalah Advent Signs of the Times Marvin Moore Tutup Usia, Ini Kisah Lengkapnya

JAKARTA. hopechannel.id || Marvin Leroy Moore, mantan editor Signs of the Times, meninggal pada pagi hari tanggal 27 September, di rumahnya di Caldwell, Idaho, bersama istrinya, Lois, di sisinya. Dia berusia 84 tahun.

 

Dilansir dari Adventist.news Ini Biografi lengkap Marvin Moore

Marvin Moore lahir, 14 Maret 1937, dari pasangan Fred dan Blanche Moore, yang adalah misionaris di Lima, Peru. Saudara perempuannya, Evelyn, lahir satu setengah tahun kemudian. Keluarganya akhirnya pindah ke Argentina dan kemudian ke Kuba. 

 

Moore lulus dari Forest Lake Academy di Florida. Selama di sana, ia memenangkan hadiah pertama memainkan bagian piano "Malaguena" dalam sebuah pertunjukan bakat. Ia bersekolah di Southwestern Junior College (Texas) dan kemudian lulus dari Union College (Nebraska) pada tahun 1959 dengan gelar teologi dan keinginan untuk menjadi guru Alkitab di perguruan tinggi. 

Dari sana Moore menghadiri Seventh-day Adventist Theological Seminary, yang pada waktu itu berlokasi di Washington Missionary College (sekarang Washington Adventist University) di Maryland. Dia magang di Southern California Conference di Pomona, California.

 

Gereja Mojave, California, adalah penggembalaan pertamanya; Westminster, California,  Dari sana dia mengajar kelas Alkitab di Akademi Gunung Ellis di Bozeman, Montana. Moore kemudian memutuskan untuk kembali ke sekolah dan memperoleh gelar master dalam sejarah gereja dari Universitas Andrews di Michigan. 

 

Setelah lulus dari Universitas Andrews, Moore bekerja sebagai pendeta di Texas Conference. Pernikahan pertamanya berakhir segera setelah itu. Selama beberapa tahun, Marvin menghidupi anak-anaknya dengan melukis properti perumahan dan komersial. Selama waktu inilah dia mulai menulis cerita dan artikel untuk majalah Advent. Dia juga mengambil alih penyuntingan dan penerbitan surat kabar komunitas pertama di Keene, Texas — The Penny Gazette. 

 

Untuk mengasah kemampuan menulisnya, Moore kuliah di University of Texas di Dallas, mendapatkan gelar master dalam penulisan kreatif. Sekitar tahun 1974, ia mulai bekerja sebagai penulis lepas dan menerbitkan buku pertamanya, Trial by Fire, kumpulan cerita tentang keberanian. Tak lama kemudian, ia bertemu dan menikah dengan cinta dalam hidupnya, Lois Wilson, pada 20 Desember 1976. Mereka berdua memiliki semangat untuk melayani Tuhan dan sesama.

 

Sambil terus menulis, Moore kembali menjadi pendeta untuk Konferensi Texas, melayani gereja-gereja Alvarado dan Waco. Pada tahun 1985 ia ditawari pekerjaan impiannya di Pacific Press Publishing Association di mana ia menjabat selama 36 tahun, pertama sebagai editor buku dan selama 27 tahun terakhir sebagai editor majalah Signs of the Times.

 

Selain karirnya sebagai editor, Moore adalah seorang penulis dan pembicara yang produktif, menulis hampir 40 buku dan ratusan artikel. Banyak buku dan artikelnya diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa untuk distribusi internasional.

 

 Dia berkeliling dunia untuk membagikan imannya kepada Tuhan dan hasratnya akan Injil Kristen. Dia adalah anggota lama dari Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh Caldwell dan melayani di dewan, mengajar pelajaran Alkitab, memberikan pelajaran Alkitab, dan mendukung pelayanan gereja dengan berbagai cara.

 

Pelayanan penuh dedikasi Moore sangat dihargai oleh gereja dunia dan menjadi inspirasi bagi banyak orang.

“Marvin adalah pembela kebenaran alkitabiah Allah yang teguh dan sebagai seorang sarjana memiliki karunia khusus dalam mendorong pemikiran orang-orang menuju kebenaran abadi,” kata Ted NC Wilson, presiden General Conference of Seventh-day Adventists. “Kami berterima kasih kepada Tuhan karena bekerja melalui Marvin dalam kapasitas ini sebagai editor Signs of the Times selama 27 tahun! Banyak orang akan berada di surga karena kontak mereka dengan Signs of the Times dan karya Marvin.”

 

Penginjil dan penulis Mark Finley mengenang, “Saya pertama kali bertemu Marvin lebih dari 30 tahun yang lalu dan sangat terkesan dengan pemahamannya yang jelas tentang peristiwa akhir zaman yang berpusat di dalam Kristus. Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh akan kehilangan kejelasan suaranya melalui halaman tertulis di Signs of the Times.”

 

“Komitmen Marvin kepada Tuhan dan gereja-Nya dan diungkapkan melalui tulisan, khotbah, dan pengeditannya telah membuat perbedaan abadi dalam banyak kehidupan,” kata Dale Galusha, presiden Pacific Press. “Dia akan sangat dirindukan sebagai teman, rekan kerja, dan editor.”

 

Dia meninggalkan istrinya Lois yang telah menghabiskan 44 tahun bahagia bersama. Dia juga meninggalkan saudara perempuan dan iparnya, Evelyn dan Charles Griffin; putrinya Sheri Moore; putranya Barry Moore; menantu perempuan Lisa Joss-Moore; dan cucunya Mia Moore. (**/red

Kembali ke daftar