Article

Rusak Parah Pasca Badai Seroja GMAHK Jemaat Menia Mulai Berbenah, Masih Butuh Bantuan

SABU RAIJUA. hopechannel.id || Pasca Badai Seroja yang melanda Nusa Tenggara Timur beberapa bulan yang lalu meninggalkan berbagai kerusakan salah satunya Gereja Masehi Advent Hari ke Tujuh yang berada di  Pulau Sabu Raijua. 

 

Kerusakan Gereja yang berada di pulau Sabu Raijua sangatlah bervariasi, dan yang paling parah mengalami kerusakan adalah Gereja Masehi Advent Hari ke Tujuh Jemaat Menia.  Hal ini diungkapkan Pdt.Pdtm. Henry Sulaiman Radja, S.Ag, M.Fil

 

Pendeta yang melayani di jemaat Seba, Menia, Hangaloko,dan Mapupa, Cabang Sekolah sabat  Mesara dan Pos Pelayanan Raijua tersebut mengungkapkan bahwa  kerusakan parah dialami oleh Gereja Masehi Advent Hari ke Tujuh Jemaat Menia  dengan kerusakan diantaranya atap dan lata runtuh, ruangan anak anak runtuh hingga tembok-temboknya, beserta kamar mandi Gereja. 

“Jadi yang rusak itu atap semua kayu kayu lata hancur semua dan juga ruang anak anak  rata dengan fondasi begitu juga kamar mandi hancur semua” ungkapnya pada media. 

 

Sehingga Pasca seroja ini, ungkapnya kebaktian dilakukan   separuh waktu saja dikarenakan di siang hari panas, sehingga kebaktian dilakukan mulai pukul 08:00 WITA hingga pukul 10:00 WITA. 

“Selama ini kebaktiannya  karena panas jadi kami mulai  jam 8 sampai jam 10  karena matahari masih tertutup dengan tembok walaupun belum berjendela tapi masih tertutup sedikit  jadi kalau sudah jam 10 keatas itu sudah sangat panas matahari jadi kami ibadah jam 08 sampai jam 10” Tuturnya.

 

Hal tersebut dilakukan sembari menunggu para donatur menyumbangkan untuk membantu sedikit pengadaan seng, kayu  sehingga dilakukan penutupan atap gereja secara perlahan. 

“Sambil donatur-donatur menyumbang  ada yang bantu sedikit-sedikit kami cicil beli seng, sensor kayu, jadi kami tutup pelan-pelan”. Lanjutnya. 

 

Dikatakan bahwa untuk saat ini sedang mencari donatur untuk pembangunan ruang anak anak yang runtuh  beserta pintu, jendela dan kamar mandi. 

“Untuk saat ini memang pembangunanya  adalah pintu jendela  dan ruang anak- anak. dan juga kamar mandi yang utama”. Tuturnya.

“Jadi di ruang anak anak- itu semua runtuh tidak meninggalkan sisa sedikit juga jadi hanya mau bangun  ruang anak-anak, jendela dan pintu” Ungkapnya.. 

 

Diungkapkan kepada media bahwa dari semua gereja yang hancur, gereja Menia  yang hancur parah akibat badai  Seroja tersebut, dan juga gereja Seba yang tembok gerejanya runtuh akibat terendam air dan tingginya gelombang angin.

“Dari semua gereja yang ada Menia yang hancur parah pasca badai seroja  jadi ada juga yang  gereja di Seba, temboknya roboh semua karena terendam oleh banjir dan  gelombang angin” Jelasnya. 

Dirinya berharap  akan ada donatur yang dapat membantu untuk memperbaiki  gereja-gereja yang ada di Sabu Raijua, yang rusak akibat Badai Seroja yang melanda Beberapa waktu yang lalu.

Kembali ke daftar