Article

Sekolah Bawah Pohon Di Pedalaman Tana Toraja Dapat Bantuan Dari Manna Berkat Sejati Foundation, Simak di Sini

TANA TORAJA. hopechannel.id || Kantor Daerah Misi Luwu Tana Toraja bersama Manna Berkat Sejati Foundation lakukan mission Trip ke Pedalaman Tosik Simbuang pada tanggal 8 - 10 September 2021 guna menyerahkan bantuan untuk sekolah bawah pohon Tosik, berupa tenaga surya, renovasi dua ruangan sekolah, membangun  MCK  dan juga membagikan buku-buku sekolah dan buku-buku rohani  serta membagikan seragam sekolah bagi anak anak yang bersekolah di Sekolah Bawah Pohon Tosik  tersebut.  

 

Pdt. Imanuel Lisupadang, M.Min, Ketua Daerah Misi Luwu Tana Toraja kepada media mengungkapkan bahwa kegiatan yang dilakukan di sana  adalah sebuah kegiatan mendistribusikan bantuan yang diberikan oleh  Founder PT. Manna Berkat Sejati  yang menjadi sponsor adalah keluarga besar Bapak Yanse Darussa. Dengan memberi bantuan kepada sekolah bawah pohon yang berada di Tosik.

“Kita ke sana untuk mendistribusikan bantuan  dari Founder PT Manna Berkat Sejati  yang menjadi sponsor  itu dari keluarga besar  Bpk. Yanse Darussa mereka kasi bantuan untuk sekolah Advent bawah pohon Tosik jadi bantuannya itu berupa  tenaga surya, renovasi dua ruang belajar lalu ada juga pembuatan mck  ada juga buku-buku rohani dan buku pelajaran dan juga ada seragam sekolah yang dikasih  baju dan celana pokoknya kebutuhan anak-anak yang sekolah di sana” Jelasnya. 

 

Lanjutnya bahwa  lokasi atau daerah Tosik adalah sebuah daerah yang berada di perkampungan yang sangat terpencil dengan keadaan masyarakat yang masih menganut animisme.   Dikatakan bahwa lokasi tersebut dapat ditempuh dengan berjalan kaki sejauh 4-5 Jam perjalanan. 

“Jadi memang situasinya sangat memprihatinkan karena memang daerah Tosik itu daerah  atau perkampungan yang sangat terpencil dan   terisolasi  jadi kesana itu kita harus jalan kaki kurang lebih  4 atau 5 jam baru sampai itu harus naik gunung turun gunung dan lewat lembah” Ungkapnya. 

 

Dikatakan pula bahwa dengan adanya bantuan tersebut, disambut  dengan kebahagiaan. Hal ini dapat dilihat dengan antusiasme masyarakat untuk  menjemput bantuan yang diberikan.  

“Mereka senang sekali  dengan bantuan yang diberikan bahkan mereka datang  jemput bantuannya.  di lokasi di mana mobil atau motor bisa jangkau.. Jadi mereka sangat senang. melihat pelayanan yang diberikan selama ini sangat peduli dengan keberadaan sekolah saat itu”. Lanjutnya.

 

 Daerah Misi Luwu Tana Toraja  sering memeperhatikan pelayanan di daerah tersebut  dengan setiap tahun   Daerah Misi Luwu Tana Toraja  mengirimkan   para misionaris untuk ditempatkan di daerah tersebut.  Sehingga sejak sekolah tersebut didirikan, sejak tahun 2007 sudah 22 misionaris yang melayani di tempat itu, dan juga sekolah  bawah pohon yang ada. 

“Sejak sekolah itu berdiri tahun 2007  selalu kita kasih misionaris ke sana tiap tahun  jadi sudah ada 22 misionaris yang pernah  melayani di sana sampai hari ini”.Ungkapnya. 

 

Sejak sekolah itu didirikan hingga saat ini,  sudah banyak anak-anak yang ditamatkan dan telah melanjutkan pendidikan di tingkat yang lebih tinggi hingga perguruan tinggi. 

 

“Jadi mereka sangat senang melihat gereja Advent melalui sarana pendidikan” Ungkapnya. 

 

Harapannya dengan adanya sekolah tersebut ada banyak anak-anak yang dibimbing untuk lebih dekat mengenal Tuhan sehingga nantinya melalui anak-anak tersebut akan memberi pengaruh yang baik di tengah masyarakat dengan apa yang didapat saat melanjutkan pendidikan di luar. 

“Dengan keberadaan sekolah kita ini, anak-anak bisa dibimbing pelan-pelan untuk mengenal Tuhan lebih baik,  dan juga harapan kita dengan anak-anak  nantinya boleh berhasil  di luar dan mereka boleh kembali untuk  membangun kampung mereka” Jelasnya. 

 

Sekolah bawah pohon tersebut masih sangat membutuhkan bantuan dari siapa saja yang ingin berdonasi, masih ada banyak yang harus dilakukan di tempat tersebut, Ungkapnya. 

“Kalau memang ada yang suka membantu ya sangat bagus karena memang disana hanya ada dua ruangan kelas  jadi memang masih perlu ditambah lagi karena ruangan  kelas yang sekarang itu masih kecil,  dan juga fasilitas-fasilitas yang lain  mungkin perlu  ditambahkan” Jelasnya.  

 

Ia juga berterimakasih kepada Hope Channel Indonesia yang telah mengangkat tentang pemberitaan-pemberitaan mengenai sekolah tersebut dan juga kepada keluarga besar Bapak Yanse Darussa melalui PT. Manna Berkat Sejati  yang menjadi sponsor dalam memberikan bantuan  kepada sekolah yang ada di lokasi tersebut. 

 

Semoga melalui apa yang telah diberitakan ini akan memberi dampak yang luas kepada setiap orang untuk berdonasi membantu saudara-saudara yang sangat membutuhkan di pedalaman Pedalaman Tosik Simbuang Daerah Misi Luwu Tana Toraja (**/red 

 

(**/  Anda juga dapat membaca berita sebelumnya di sini hopechannel.id/news/article/go/2021-08-27/ada-sekolah-bawah-pohon-di-pedalaman-tanah-toraja-cabang-sekolah-sabat-tosik-begini-kondisinya/

Kembali ke daftar