Article

Fakultas Ilmu Komputer UNKLAB MOU dengan UPDT Bapenda Sulawesi Utara, Ini yang Akan dilakukan

MANADO. hopechannel.id || Membangun kerja sama dengan instansi SAMSAT Kabupaten Minahasa Utara,  Universitas Klabat Manado Melalui Fakultas Ilmu Komputer  lakukan pembuatan aplikasi smartphone pembayaran pajak kendaraan bermotor, memberi pelatihan kepada pegawai di kantor UPTP Bapenda untuk menggunakan dan mengoperasikan aplikasi, dan memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang aplikasi.

 

Melalui rilis  laporan kegiatan yang diterima media, Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Fakultas Ilmu Komputer Universitas Klabat  Manado  ini dilakukan dari April 2021 hingga Januari 2021. 

 

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Fakultas Ilmu Komputer Universitas Klabat  Manado tersebut melibatkan  Kantor SAMSAT  yang bernaung dalam satu atap  yaitu Kepolisian dalam hal ini Polres Minahasa Utara, Jasa Raharja dan Unit Pelayanan Terpadu Daerah Badan Pendapatan Daerah (UPTD Bapenda) Provinsi Sulawesi Utara. 

 

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Fakultas Ilmu Komputer Universitas Klabat  Manado ini dilakukan dalam bentuk Pembuatan aplikasi Smartphone pembayaran pajak kendaraan bermotor yang ada di Minahasa Utara. 

 

Dalam laporan kegiatan yang diterima media, dikatakan bahwa latar belakang dilakukan kegiatan ini adalah bahwa melihat data tahun 2020 dimana jumlah kendaraan bermotor yang ada di Minahasa Utara Sekitar  100.000 unit kendaraan bermotor, dimana Hasil evaluasi prosentase jumlah partisipasi membayar pajak di kabupaten Minahasa Utara rata-rata sekitar 70%, artinya ada 30% yang tidak membayar pajak, artinya ada 30.000 kendaraan yang belum membayar pajak, ini mengurangi potensi pendapatan pajak yang seharusnya diterima oleh Minahasa Utara sebagai PAD sekitar 5 miliar lebih.

 

Setelah dilakukan penelitian ditemukan bahwa alasan  banyak masyarakat tidak membayar pajak adalah karena kendaraan sudah tidak ada, bisa saja dijual, hilang, atau rusak.  Enggan untuk mengurus pajak kendaraan bermotor, dan lupa membayar pajak karena kesibukan dan masih ada alasan lainnya. 

 

Melihat akan masalah tersebut maka Fakultas Ilmu Komputer Universitas Klabat Manado lakukan kerjasama dengan UPTD Bapenda Provinsi Sulawesi Utara dengan membuat aplikasi pembayaran pajak yang nantinya akan dimiliki oleh semua kendaraan  bermotor yang ada di Minahasa Utara.  Hal ini dilakukan guna meningkatkan persentase wajib pajak dalam melakukan kewajibannya membayar pajak.

 

Pengabdian Kepada Masyarakat tersebut melibatkan   Dosen FIK : Ir. Edson Yahuda Putra, M.Kom, Stenly Ibrahim Adam, S.Kom., MCS., Oktoverano Lengkong, S.Kom., MDs., MM., ACA, Sepuluh mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Klabat Manado, dan Tujuh pegawai SAMSAT – UPTD Bapenda Sulut

 

Adapun  dana yang diperlukan yaitu Rp. 150.000.000  melalui sumber dana Fakultas  Ilmu Komputer Universitas Klabat Manado, Kantor UPTD Bapenda Provinsi Sulawesi Utara, dan Pemerintah melalui program KEDAIREKA tahun 2021. 

 

Diharapkan melalui kerjasama yang telah dilakukan ini akan meningkatkan PAD  Provinsi Sulawesi Utara  di tahun-tahun selanjutnya. (**/red

Kembali ke daftar