Article

Pemuda Advent. Menemukan Tuhan di Tempat Kerja

JAKARTA.hopechannel.id || Pemuda advent Online  27 Agustus 2021 membahas sebuah topik menarik yaitu Menemukan Tuhan di Tempat Kerja  dengan menghadirkan narasumber bapak Rudy Kapitan (Policy making), dan bapak Guntur Siboro (Ketua Adventist Laymen's Services & Industries) dan dipantu oleh host Host: Kevin Wattimena & Gabrielle Havelaar.

 

Di sesi pertama, diberikan kepada bapak Rudy Kapitan (Policy Making) dengan  membahas mengenai Membahas tentang pekerjaan ( Keamanan dan Keselamatan Kerja) dalam pemaparannya ia mengungkapkan bahwa Dewasa ini industri di Indonesia berkembang pesat hal ini dapat dilihat dengan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dna pemanfaatan teknologi. dan itu memerlukan sumber daya yang mempunyai kompetensi yang tinggi itu semuanya memerlukan K3 (Keselamatan  dan Kesehatan Kerja). semua saling terkait dan kita semua disatukan dalam satu kebijakan yaitu UU nomor 01 tahun 1970. Tentang Kesehatan dan Keselamatan Kerja. 

 

Definisi K3 itu sebagai suatu kegiatan untuk menjamin kesehatan dan keselamatan kerja bagi tenaga kerja kemudian kita juga harus melakukan upaya pencegahan  baik  itu keselamatan kerja dan penyakit akibat kecelakaan kerja.

 

Ia mengungkapkan pula bahwa  negara ikut menjamin dan ada sanksinya bagi perusahaan atau organisasi yang tidak memenuhi akan aturan atau kebijakannya. 

 

UU nomor 01 tahun 1970 sudah dengan jelas memberikan jawaban jelas bahwa ada hak dan kewajiban di sana dan semua pekerjaan itu dilindungi oleh undang-undang dan dilindungi oleh negara. 

 

Di sebuah perusahaan harus ada komitmen dari pemimpin tertinggi  dan juga pekerjanya harus memiliki komitmen.  dan juga manajemen sistem dimana perusahaan dengan resiko bahaya tinggi atau memiliki karyawan 50 itu wajib menerapkan sistem manajemen k3. 

 

 Di segmen kedua menghadirkan narasumber bapak Guntur Siboro Ketua Adventist Laymen's Services & Industries 

 

 

Dalam pembahasannya, bapak Guntur Siboro mengungkapkan jika Topik  Menemukan Tuhan di Tempat Kerja ini boleh dikatakan  bisa salah  kaprah pada diri kita masing-masing artinya bahwa  kalau kita hitung, 40 jam dalam seminggu kita berada di dunia kerja, sementara berapa lama kita berada di gereja  jika kita hitung semua baru 25 jam dalam seminggu. Dilihat dari waktu itu, maka jika kita tidak menemukan Tuhan di dunia kerja,  maka betapa keringnya kehidupan kita ini. (**/red

**Selengkapnya anda dapat ikuti di link ini : 

www.youtube.com/watch

Kembali ke daftar