Article

Hari Kemaritiman Indonesia, PA Online Hope Channel Indonesia Bahas Sesuatu Yang Menarik

JAKARTA. hopechannel.id || Dalam rangka memperingati hari kemaritiman Indonesia, Hope Channel Indonesia  melalui acara Pemuda Advent Online  membahas mengenai Kemaritiman dengan menghadirkan pembicara Hendry Dasmasel, S.Pi., M.S (Staf Dosen Perikanan dan ilmu Kelautan Universitas Papua), Jusuf Kalengkongan (Pemerhati Lingkungan & Praktisi Wisata Bahari), Yovita Ayu Linawuru (1st RU Miss Scuba International 2012 Travel Blogger & Content Creator) Nadhila Dhina Shabrina (Nadhila Dhina Shabrina Miss Scuba Indonesia 2015 Putri Indonesia Gorontalo 2017), .Divers Clean Action (Yayasan Penyelam Lestari Indonesia). adapun tema yang diangkat dalam pembahasan kali ini adalah “Menceritakan Kemuliaan Tuhan Melalui Kemaritiman Indonesia”. (22/08/2021).

 

Pantauan media kegiatan berjalan lancar, dengan menghadirkan narasumber-narasumber  guna membahas akan potensi  kemaritiman yang ada di Indonesia.dimana acara tersebut dibagi dalam 3 segmen.

 

Segmen pertama menghadirkan narasumber Hendry Dasmasel, S.Pi., M.S (Staf Dosen Perikanan dan ilmu Kelautan Universitas Papua) dan Jusuf Kalengkongan (Pemerhati Lingkungan & Praktisi Wisata Bahari). Yang membahas tentang Kemaritiman secara menyeluruh dan juga tentang potensi kemaritiman yang ada di Indonesia.

 

Dalam pemaparannya Jusuf Kalengkongan mengungkapkan tentang potensi kemaritiman yang ada di Indonesia yang mana terdapat juga potensi wisata yang dapat dikelola  dengan sangat baik.

 

Lanjutnya bahwa  selain potensi wisata, vegetasi yang ada di pesisir pantai banyak yang masih belum memanfaatkan contohnya mangrove, atau hutan bakau. Sehingga sebagai manusia,  tanpa merusak akan vegetasi yang ada maka  dengan sendirinya manusia bisa hidup dari sumber daya kemaritiman yang ada.

 

Diungkapkan pula bahwa ada banyak hal yang tidak dapat kita lihat di daratan namun dapat kita temukan di pantai atau di dasar laut.  itulah kemuliaan  Tuhan yang Ia ceritakan dalam alam ini.

 

Hendry Dasmasel, S.Pi., M.S (Staf Dosen Perikanan dan ilmu Kelautan Universitas Papua), dalam pemaparan materinya ia mengungkapkan  untuk menjaga kemaritiman di Indonesia  perlu diketahui juga bahwa laut di Indonesia cukup besar, dimana ⅔ dari seluruh wilayah Indonesia itu  adalah laut. dan kehidupan Indonesia, masyarakatnya 75% cenderung hidup di pesisir dan memanfaatkan laut sebagai potensi untuk meningkatkan pendapatan ekonomi mereka.

 

Sehingga untuk menjaga kelestariannya, yang pertama adalah dengan tidak membuang sampah.”Sarannya adalah marilah kita menjaga laut kita dengan tidak membuang sampah” Ungkapnya.

 

Selain itu perlu menjaga cara penangkapan ikan  dengan menghindari cara penangkapan ikan  yang merusak habitat laut. Sehingga potensi perikanan kita terpelihara dan terjaga dengan baik. Jelasnya.

 

Di Sesi kedua, menghadirkan narasumber Yovita Ayu Linawuru (1st RU Miss Scuba International 2012 Travel Blogger & Content Creator) Nadhila Dhina Shabrina (Nadhila Dhina Shabrina Miss Scuba Indonesia 2015 Putri Indonesia Gorontalo 2017),  Christy Tanjung, Divers Clean Action (Yayasan Penyelam Lestari Indonesia).

 

Dalam penjelasan dari ketiga narasumber tersebut, ditemukan jika keindahan Indonesia dan Kuasa Tuhan dalam  menciptakan  semuanya adalah begitu luar biasa.  Menjaga dan merawat keanekaragaman merupakan hal yang patut dan perlu sebagai  Manusia.  (**/red

 

 (**Selengkapnya anda dapat menonton acara ini di Youtube dan Facebook Hope Channel Indonesia.)

Kembali ke daftar