Article

Bukan Hanya di Zambia, Presiden Beragama Advent Ada Di Negara Palau Baru Dilantik

JAKARTA. hopechannel.id ||  Rupanya Bukan hanya  Negara Zambia yang memiliki Presiden yang beragama Advent, Namun di Negara Palau, Pemilihan pada tanggal 21 November 2020 memunculkan nama  Surangel Whipps Jr  dan dilantik  pada 21 Januari 2021. Surangel Whipps Jr  adalah presiden ke-10 dari negara kepulauan pasifik itu. yaitu negara  Palau. 

 Baca Juga : hopechannel.id/news/article/go/2021-08-18/seperti-apa-sosok-presiden-negara-zambia-yang-beragama-advent-lihat-di-sini/


Surangel Whipps dilantik sebagai presiden pada 21 Januari 2021, dengan upacara pelantikan di Palau National Capitol. upacara pelantikan tersebut dilakukan dengan  menghadirkan  kedua orang tuanya, istri dan anak-anaknya,  anggota jemaat, sekolah Masehi Advent Hari Ketujuh setempat. Pastor Chamberlain Kinsiano. 

Pengambilan sumpah jabatan presiden tersebut dilakukan dengan meletakan tangannya di atas sebuah alkitab yang dipegang oleh Putra bungsunya. 


Pengambilan sumpah jabatan presiden tersebut menggabungkan anggota gereja dan sekolah Masehi Advent Hari Ketujuh setempat. Pastor Chamberlain Kinsiano, pendeta asosiasi dari Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh Koror, yang mengucapkan  doa untuk upacara tersebut. Kemudian sebagai penutup, setelah pidato pelantikan presiden, Pemuda Masehi Advent Hari Ketujuh Koror menyanyikan lagu harapan “Heal Our Land.”

Dalam  Momen Pelantikan tersebut,  Kedua orang tua Whipps menyampaikan pidato untuk memperkenalkan putra mereka. Marilyn, ibu Amerika-nya, berbicara kepada hadirin dalam bahasa Inggris, diikuti oleh ayahnya dari Palauan, Surangel Sr. yang berbicara dalam bahasa Palauan. 


Dengan kehangatan dan humor, mereka menggambarkan kehidupan dan pekerjaan Whipps yang mengarah ke pelayanan publik.


Pengajaran kepada anaknya dimulai dengan pelajaran sekolah sabat, kegiatan-kegiatan gereja seperti pathfinders, tamat dari salah satu sekilah dasar Advent, kemudian melanjutkan pendidikan di Universitas Andrews dan Universitas California, Los Angeles  dan kemudian menjadi senator dua periode Kongres Nasional Palau dan CEO/presiden Surangel and Sons Company.

“That intentional teaching took the form of weekly Sabbath School, church activities such Pathfinders, and formative years attending Adventist elementary school. After graduating from Andrews University and the University of California, Los Angeles (UCLA), Whipps went on to become a two-term senator of the Palau National Congress and CEO /president of the Surangel and Sons Company”. Seperti dikutip dari www.nadadventist.org.


Ungkap kedua orang tuanya, bahwa  kepribadian anaknya tersebut dimulai sejak kecil dengan menunjukan karakteristik tekad, kepemimpinan, dan integritas sejak masa kanak-kanak, menjadi jelas bahwa keluarga dan iman telah menjadi faktor yang kuat dan berpengaruh dalam perjalanannya menuju kursi kepresidenan.


Profil biografis  dalam buklet pelantikan  Surangel Whipps Jr Presiden Palau ini menekankan prinsip-prinsip dasar Whipps. Bunyinya, "Sebagai seorang Advent, dia mempertahankan prinsip ayahnya untuk kebahagiaan - rumah yang berpusat pada Tuhan, selalu waktu untuk keluarga, etos kerja keras, dan mencapai kesempatan pendidikan tertinggi.

 “The biographical profile in the inauguration booklet emphasized Whipps’ foundational principles. It reads, “A Seventh-day Adventist, he maintains his father’s tenets for happiness — a God-centered home, always time for family, hard work ethic, and achieve highest education opportunity.” Dikutip dari  www.nadadventist.org 


Surangel Whipps Jr Presiden Palau adalah  anggota aktif Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh Koror di Palau. Peran kepemimpinannya di gereja adalah  termasuk diaken gereja, anggota Komite Eksekutif Misi Guam-Mikronesia, anggota dewan Klinik Advent Hari Ketujuh Guam, dan ketua dewan Sekolah Advent Palau. (**red/ nadadventist.org . 

 ** artikel ini telah ditayangkan di situs web Misi Guam-Micronesia..

Kembali ke daftar