Article

Seperti Apa Sosok Presiden Negara Zambia Yang Beragama Advent? Lihat di Sini

JAKARTA. hopechannel.id || Zambia adalah sebuah negara yang berada di Afrika Bagian Selatan.  Negara tersebut tidak memiliki garis pantai dimana bagian utara berbatasan dengan Republik Demokratik Kongo, bagian timur laut berbatasan dengan Tanzania, Bagian timur berbatasan dengan Malawi, bagian selatan berbatasan dengan Mozambik, Zimbabwe, Botswana, dan Namibia,  dan bagian barat berbatasan dengan Angola.  Negara Zambia memiliki sembilan provinsi yang dibagi menjadi 73 distrik. (18/08/2021)

 

Negara Zambia Melakukan pemilihan presiden pada tanggal 13 Agustus 2021 yang akhirnya menghasilkan nama baru pemimpin negara Zambia yaitu Hakainde Hichilema. Kepastian kemenangan tersebut didapat setelah hasil penghitungan yang dikeluarkan komisi pemilihan pada pada Senin (16//08/2021) menunjukkan Hakainde Hichilema mendapat  2.810.757 suara, melampaui presiden petahana, Edgar Chagwa Lungu, yang menerima 1.814.201 suara. Sebanyak 4.858.193 suara diberikan dalam pemilihan nasional.

 

Seperti Apa sosok Presiden terpilih Hakainde Hichilema ? 

 

Dilansir dari situs resmi miliknya https://www.hh-2021.com Hakainde Hichilema (HH) adalah seorang politikus, petani dan pengusaha Zambia. Dia adalah ayah  dari tiga anak. Dilahirkan dari  keluarga sederhana di kota Monze pada tanggal 4 Juni 1962.

Sebagai seorang pemuda, ia menamatkan pendidikan menengah di Kaloma  dan melanjutkan pendidikan di Universitas Zambia yang dibiayai oleh beasiswa pemerintah dan mendapat gelar BA di bidang Ekonomi dan Administrasi Bisnis pada tahun 1986.  kemudian melanjutkan pendidikan lagi  dan mendapat gelar MBA di bidang keuangan dan Strategi Bisnis dari Universitas Birmingham di Inggris.

Di negaranya ia adalah salah satu anggota komunitas bisnis yang aktif di Zambia. 

 

Di situs resmi miliknya ini,  ia mengatakan bahwa  dia adalah anggota  Gereja Masehi Advent Hari ke Tujuh yang berusaha menjalani hidup dengan nilai-nilai Kristen.  Dan telah banyak berpartisipasi dalam membangun berbagai proyek seperti pembangunan sekolah, klinik, dan yang lainnya. 

(“I am also a committed member of the SDA Church and seek to live my life by Christian values. Over the years, I have participated in various community projects, such as building clinics, schools, livestock dip tanks, dams and boreholes, as well as founding a cultural fund that finances the revival of traditional ceremonies in Zambia”/** www.hh-2021.com/about-me).   

 

Hakainde Sammy Hichilema, atau biasanya dikenal sebagai HH,  adalah seorang seorang anggota gereja Masehi Advent Hari Ketujuh. Di tingkat gereja, Hichilema dan istrinya, Mutinta Shepande Hichilema, adalah anggota GMAHK dari Distrik Misi Chilanga di Konferensi Lusaka.

Keduanya dinobatkan  sebagai Master Guide dalam pelayanan pemuda Gereja Advent pada 12 Desember 2020 oleh direktur pemuda Southern Zambia Union Conference Webster Silungwe setelah menjalani pelajaran selama satu tahun.

Hal ini dapat ditemui dalam halaman Facebook miliknya  hakainde.hichilema  yang terlihat mengenakan  pakaian seragam Master Guide dengan tanggal upload foto sabtu 12 Desember 2020. 

 

Anggota dan pemimpin Advent di seluruh dunia mengucapkan selamat kepada Hichilema atas posisi barunya. “Ini monumental dan bersejarah,” tulis direktur pemuda asosiasi Gereja Advent Pako Mokwgane. "Teruslah hidup dengan cita-cita pin Master Guide Anda." (**/adventistreview.org

 

Selama kampanyenya, Hichilema berjanji untuk mempromosikan kebebasan beragama untuk semua agama di negara ini, menambahkan bahwa dia tidak akan memaksa siapapun untuk bergabung dengan gerejanya, seperti yang dituduhkan oleh lawan politiknya.

 

Dilansir dari adventist.news dikatakan bahwa Yang lebih menarik dari perjalanan Kristennya adalah bahwa bahkan pada puncak karir politiknya dan mengejar jabatan publik untuk melayani negara sebagai presiden Republik, dia tidak pernah menyerah pada Tuhannya dan telah menghadiri kebaktian dan menghiasi banyak fungsi gereja. .

 

Postingan terakhir 18 Agustus 2021, dirinya mengutip sebuah ayat Alkitab dalam wahyu 7:16 “Never again will they hunger; never again will they thirst. The sun will not beat down on them, nor any scorching heat. Revelation 7:16

Good morning fellow Zambians. We thank God for blessing us with the gift of life to see another beautiful day. We commit this Wednesday into Your hands, in Jesus’s name” Ungkapnya dalam Postingan yang diunggah 18 Agustus 2021 di akun facebook miliknya.  

 

Setelah terpilih sebagai Presiden Zambia, Hichilema membutuhkan doa-doa orang-orang kudus agar dia mengambil posisi sucinya yang tertinggi di negara tersebut, bahwa melalui kasih karunia Tuhan, dia akan melaksanakan semua tugasnya dengan terhormat. (**/red

Kembali ke daftar