Article

Aksi Sosial Ke Suku Samin, GMAHK Jemaat Blora dan Cepu Konferens Jawa Kawasan Tengah Lakukan Hal Ini

JAWA TENGAH. hopechannel.id || Gembala Gereja Masehi Advent Hari Ke Tujuh Jemaat Blora dan Cepu  Konferens  Jawa Kawasan Tengah   Pdt.Edwin Sardiana bersama anggota jemaat melakukan pelayanan sosial kepada Suku Samin. (03/08/2021)

 

 Hal ini diungkapkan Pdt.Edwin Sardiana kepada media melalui sambungan telepon. 

ia menuturkan bahwa awal pelayanannya adalah di jemaat  Blora dan Cepu. Dan kemudian di awal tahun 2021, saat ditempatkan di daerah tersebut   ia memiliki pergumulan untuk melakukan pelayanan jangkauan keluar  dan tepat di daerah tersebut terdapat  kelompok masyarakat suku Samin.

 

Lanjutnya bahwa kemudian ia, mendekati kepala suku Samin dan di situlah akhirnya  perkenalan  dimulai dan dengan akrab komunikasi dilakukan.

“Jadi waktu saya disana saya melihat  masyarakat suku samin  kemudian saya mendekati kepala sukunya lalu kemudian di situ saya berkenalan” Ungkapnya.

 

Saat itulah dimulai pelayanan masyarakat berupa pelayanan bahasa Inggris yang awal mula dilakukan oleh  Pdt.Edwin Sardiana  beserta istrinya,namun pelayanan bahasa Inggris untuk saat ini sedang dihentikan mengingat pemberlakuan PPKM.

“Kami juga melakukan pelayanan bahasa  Inggris  istri saya kelas satu sampai kelas empat, saya mengajar kelas lima dan kelas enam lalu jemaat juga membantu  dalam pelayanan yang kami buat.  awalnya setiap selasa dan kamis, tapi karena PPMK ini kita sempat buat dua minggu sekali. kemudian  satu bulan sekali namun karena PPKM maka kami berhenti sebentar” Jelas Pdt. Edwin Sardiana.

 

Adapun selain kegiatan yang dilakukan di sekolah oleh keluarga Pdt. Edwin Sardiana, melalui pembelajaran bahasa Inggris, anggota jemaat juga melakukan pelayanan potong rambut, cek kesehatan,membagikan obat-obatan, dan juga berbagai kegiatan sosial.

“Kami buat pelayanan potong rambut, cek kesehatan, kami berbagi sosial  dan tentunya kita rindu  suku ini bisa  mengenal Allah  suatu saat nanti” Jelasnya

 

Ia juga mengungkapkan bahwa pada Kamis,29 Juli 2021  telah dilakukan pembagian minuman sehat kepada  Suku Samin Klopoduwur Blora Jawa Tengah. Pembagian minuman sehat tersebut dilakukan oleh keluarga Pdt.Edwin Sardiana

 

Mengenai rencana kedepan, dirinya menuturkan bahwa akan diadakan seminar kesehatan, yang mendatangkan klub sehat Solo dan  kemudian rencananya akan mengundang  tim dari Rumah Sakit Advent Bandung.

“Untuk rencana kedepan,  nanti kita akan bawa seminar kesehatan  kita juga sudah janjian dengan klub sehat  Solo  dan kemudian nanti  dari  RSA Bandung” Ungkap  Pdt. Edwin Sardiana

 

 

Untuk diketahui, Samin adalah salah satu suku yang berdiam di Pulau Jawa, tepatnya di daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah. Pemukiman suku Samin ini berada di sekitar Pegunungan Kendeng yang memanjang dari Pati di Jawa Tengah, hingga Tuban di Jawa Timur.

 

Selain disebut Samin atau orang Samin, ada beberapa sebutan lain yang digunakan untuk merujuk pada para penganut Saminisme ini, seperti wong Samin (orang Samin), wong Sikep (orang Sikep) , Sedulur Sikep ataupun orang Kalang.

 

Sejarah Samin tidak dapat dipisahkan dari sepak terjang Raden Kohar. Tokoh politik dan intelektual yang hidup pada masa penjajahan Belanda di abad 18 tersebut adalah tokoh kunci dalam penyebaran ajaran Saminisme  (red/catatannadi.com)

 

 Dirinya berharap melalui kegiatan ini akan lebih mempererat komunikasi antara sesama, dan juga kedepan ini akan menjadi bagian dari pelayanan iman melalui belajar akan Firman Tuhan. (**/red

Kembali ke daftar