Details

Anjuran Berlibur Selama Pandemi COVID-19 (Bagian I)

Anjuran Berlibur Selama Pandemi COVID-19 (Bagian I)

Sebelum Anda bepergian, pertimbangkan pertanyaan-pertanyaan ini:

 

  1. Apakah Anda sudah divaksinasi COVID-19? Tunggu 2 minggu setelah mendapatkan dosis vaksin kedua Anda untuk bepergian.

  2. Apakah Anda berisiko tinggi terkena penyakit parah? Orang dewasa yang lebih tua dan orang-orang dari segala usia dengan kondisi medis tertentu berada pada peningkatan risiko penyakit parah akibat COVID-19.

  3. Apakah Anda tinggal dengan seseorang yang berisiko tinggi terkena penyakit parah? Jika Anda terinfeksi saat bepergian, Anda dapat menyebarkan virus ke orang yang tinggal bersama Anda ketika Anda kembali, bahkan jika Anda tidak memiliki gejala.

  4. Apakah rumah atau tujuan Anda memiliki persyaratan atau batasan untuk pelancong?

 

Perjalanan Udara

Menurut CDC, sebagian besar virus tidak mudah menyebar di penerbangan karena cara udara bersirkulasi dan disaring di pesawat. Pesawat saat ini memiliki filter HEPA di mana udara luar yang bersih serta sirkulasi udara melewatinya.

 

Banyak maskapai penerbangan telah mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan untuk menjaga pesawat mereka tetap bersih dan aman bagi para pelancong.

 

Namun, menjaga jarak sulit dilakukan pada penerbangan yang padat, dan duduk dalam jarak 2 meter dari orang lain selama berjam-jam dapat membuat Anda lebih mungkin terkena COVID-19.

 

Perjalanan udara menghabiskan waktu di jalur pengecekan keamanan dan terminal bandara, yang dapat membuat Anda berhubungan dekat dengan orang lain dan permukaan yang sering disentuh.

 

Perjalanan Mobil

Selama perjalanan dengan mobil, berhenti di sepanjang jalan untuk mengisi bensin, makanan, atau ke kamar mandi dapat membuat Anda dan teman Anda berhubungan dekat dengan orang lain dan permukaan yang sering disentuh.

 

Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan perjalanan darat:

 

  • Rencanakan untuk berhenti sesedikit mungkin, tetapi berhentilah mengemudi jika Anda mengantuk.

  • Pastikan untuk mengemas masker wajah, pembersih tangan, dan tisu desinfektan di tempat yang mudah dijangkau sehingga Anda dapat menggunakannya selama perjalanan jika diperlukan.

  • Siapkan makanan dan air untuk dibawa dalam perjalanan.

  • Setelah mengisi bensin, gunakan hand sanitizer. Setibanya di tempat tujuan, gunakan sabun dan air untuk mencuci tangan minimal 20 detik.

  • Jika Anda memilih untuk mengambil makanan di jalan, gunakan layanan drive-thru jika memungkinkan.

 

Transportasi Darat Lainnya

Bepergian dengan bus dan kereta api untuk waktu yang lama melibatkan duduk atau berdiri dalam jarak 2 meter dari orang lain, yang dapat meningkatkan risiko Anda terkena COVID-19.

 

Jika akan menggunakan transportasi umum, tetap jaga jarak, pakai masker, dan gunakan pembersih tangan atau cuci tangan setelah sampai di tempat tujuan.

 

Jika Anda berencana menggunakan layanan panggilan, jangan duduk di kursi depan dekat pengemudi

Kembali ke daftar