Details

5 Tips Keluarga Dalam Menghadapi Tekanan Covid-19

5 Tips Keluarga Dalam Menghadapi Tekanan Covid-19

Terlepas dari tekanan luar biasa yang mana pandemi telah bebankan dalam keluarga, ada hal-hal yang dapat dilakukan orang tua untuk menjaga diri mereka dan anak-anak mereka dalam hal kesehatan emosional selama masa ketidakstabilan dan ketidakpastian ini:

1.     Tanyakan kepada anak-anak Anda apa yang mereka pikirkan dan dengarkan mereka. Bahkan jika mereka mengatakan hal-hal yang mungkin membuat Anda khawatir karena itu bisa saja benar, jangan gusar atau jangan biarkan itu terlihat di wajah Anda. Anak-anak Anda membutuhkan tempat yang aman untuk berbicara dan kesempatan untuk mengekspresikan perasaan mereka, dan tergantung kepada Anda untuk menyediakannya.

2.     Tetapkan teladan yang ingin Anda ikuti di rumah Anda. Jaga diri Anda secara spiritual, fisik, emosional dan sosial. Habiskan waktu pribadi dengan Tuhan setiap hari, makan makanan bergizi, olahraga teratur, minum banyak air, dapatkan sinar matahari setiap hari jika memungkinkan, berlatih kesederhanaan, hirup udara segar secara teratur dengan berjalan di luar jika memungkinkan (dengan tetap menjaga jarak sosial), istirahat yang cukup setiap hari (mencoba tidur minimal 7,5 jam per malam), percaya pada janji Tuhan, berlatih berpikir positif, dan terhubung dengan teman dan orang yang dicintai secara teratur melalui sarana elektronik (e-mail, telepon, WhatsApp atau Zoom).

3.     Berlatihlah menjadi sabar dan baik hati setiap hari (1 Korintus 13:4).

4.     Hidup oleh buah Roh (Galatia 5:22, 23).

5.     Berdoalah bersama anak-anak Anda secara teratur (adakan ibadah keluarga setiap hari). Biarkan pikiran Anda diarahkan kepada Tuhan yang telah berjanji tidak pernah meninggalkan Anda (Matius 28:20), untuk menjaga Anda dalam kedamaian yang sempurna (Yesaya 26:3) dan menyediakan semua kebutuhan Anda (Filipi 4:19).

 

 


Willie Oliver, sosiolog keluarga, konselor pastoral dan pendidik kehidupan keluarga yang bersertifikat, ia adalah direktur Pelayanan Rumah Tangga di General Conference GMAHK.

Elaine P. Oliver, seorang konselor profesional klinis berlisensi dan pendidik kehidupan keluarga yang bersertifikat, ia adalah wakil direktur Pelayanan Rumah Tangga di General Conference GMAHK.

Kembali ke daftar