Lemak Perut Tanda Bahaya

Lemak Perut Tanda Bahaya

Kelebihan lemak perut merupakan hal yang tidak baik. Bukan saja mengganggu penampilan kita akan tetapi juga mengganggu akan kesehatan bagi tubuh kita.

Jan 17, 2023, 8:56 AM

Penulis: dr. Li Zi-Huey, Penang Adventist Hospital; http://www.pah.com.my/

Ban serep. Perut bir (alkohol). Badan berbentuk apel. Apa pun sebutannya, kelebihan lemak di sekitar perut Anda adalah berita buruk. Bukan hanya karena membuat celana jeans Anda tidak nyaman karena terasa sempit tetapi juga tidak sehat. Apalagi mungkin kita telah menikmati perayaan natal dan tahun baru yang identik dengan kegiatan ramah tamah alias makan-makan. Jadi, mari kita perhatikan informasi kesehatan di bawah ini demi tahun baru yang terhindar dari bahaya kesehatan.

Semua Lemak Tidak Sama

Lemak yang terletak tepat di bawah kulit pada sebagian besar tubuh Anda, yang dapat Anda pencet atau cubit dengan tangan disebut lemak subkutan. Khusus pada bagian perut Anda, lemak subkutan itu disebut dengan lemak visceral karena menumpuk di ruang viscera di mana organ-organ dalam seperti lambung dan usus berada.

Karena lemak visceral berada jauh di dalam perut Anda, jadi tidak selalu mudah untuk mengetahui apakah Anda memiliki terlalu banyak lemak atau tidak. Bahkan dengan Indeks Massa Tubuh (IMT) yang normal pun, Anda bisa memiliki lemak perut yang berlebihan. Jadi, jangan hanya perhatikan timbangan saja. Ayo, perhatikan juga lingkar pinggang Anda!

Jika Anda merupakan seorang wanita dengan lingkar pinggang lebih dari 88.9 cm (35 inci) atau seorang pria dengan lingkar pinggang lebih dari 101.6 cm (40 inci), maka menurut Institut Jantung, Paru-Paru, dan Darah Nasional (Malaysia) Anda mungkin memiliki jumlah lemak visceral yang tidak sehat.

Bahaya Perut Buncit 

Salah satu bahaya perut buncit (diabetes)
Salah satu bahaya perut buncit (diabetes)

1. Diabetes

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Asosiasi Medis Amerika, lemak visceral dalam perut menghasilkan sitokin yang merupakan bahan kimia dari sistem kekebalan tubuh yang membahayakan. Sitokin dapat membuat sel tubuh menjadi kurang sensitif terhadap efek insulin yang mengatur kadar gula dalam darah. Alhasi, jika kondisi ini berkelanjutan, maka penyakit diabetes sulit untuk dihindari.

2. Tekanan Darah Tinggi

Sitokin yang diproduksi oleh lemak visceral tidak hanya memengaruhi kadar insulin. Mereka juga dapat memengaruhi kemampuan sel tubuh untuk mengatur tekanan darah. Di antara banyak penelitian yang mengaitkan lemak perut dengan tekanan darah tinggi adalah penelitian yang diterbitkan pada April 2017 di jurnal Heart yang diikuti lebih dari 10.000 orang dewasa Tionghoa selama enam tahun. Ditemukan bahwa peningkatan 5% saja pada lingkar berat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi sebesar 34% pada pria dan 28% pada wanita.

3. Serangan Jantung

Satu studi besar yang diterbitkan dalam Jurnal Asosiasi Medis Amerika, menemukan bahwa orang dewasa yang memiliki lebih banyak berat badan di sekitar perut mereka, lebih mungkin mengalami serangan jantung dibandingkan dengan mereka yang kelebihan berat badan secara menyeluruh. Selanjutnya, menurut penelitian lain yang diterbitkan oleh Jurnal Kardiologi Pencegahan Eropa, menunjukkan bahwa obesitas perut meningkatkan risiko serangan jantung berulang bahkan ketika seseorang sedang menjalani pengobatan untuk mengurangi faktor risiko lain, seperti tekanan darah tinggi dan gula darah tinggi.

4. Demensia

Terlepas dari usia, IMT, tekanan darah, kolesterol, kesehatan hati atau faktor gaya hidup lainnya, orang yang memiliki lemak visceral tinggi berpotensi meningkatkan peradangan di seluruh tubuh. Satu studi yang diterbitkan dalam European Journal of Cancer menemukan bahwa wanita yang lingkar pinggangnya sama dengan pinggulnya memiliki kemungkinan 4 kali lebih besar untuk terkena kanker payudara dibandingkan dengan wanita dengan pinggang yang lebih kecil. Studi lain, menemukan bahwa terlalu banyak lemak perut dapat menggandakan risiko kanker kolorektal.

5. Kanker

Satu studi yang diterbitkan dalam Jurnal Kanker Eropa menemukan bahwa wanita yang lingkar pinggangnya sama dengan pinggulnya memiliki 4 kali lebih besar kemungkinan untuk terkena kanker payudara dibandingkan dengan wanita dengan pinggang yang lebih kecil. Studi lain, menemukan bahwa terlalu banyak lemak perut dapat menggandakan risiko kanker kolorektal.

Tantangannya sekarang adalah menurunkan lemak perut. Berikut adalah 7 cara untuk mengubah segalanya:

Salah Satu Cara Menurunkan Lemak (Olahraga)
Salah Satu Cara Menurunkan Lemak (Olahraga)

1. Skip Jus Buah

Semua serat pengurang lemak dalam buah telah dihilangkan dalam proses membuat jus buah, hanya menyisakan gula buah murni yang langsung masuk ke lingkar pinggang Anda.

2. Makan Sayuran

Sayuran harus mengisi setidaknya setengah piring Anda, setiap kali makan. Cobalah untuk tetap memperhatikan setiap gigitan yang Anda masukkan ke mulut Anda.

  • Pilih lebih banyak ragam sayur non-pati (seperti, sayuran berdaun hijau, brokoli, dan kacang-kacangan) daripada kerabatnya yang mengandung karbohidrat (kentang, jagung, dan wortel).

  • Fokus kepada karbohidrat kompleks (buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian) dan protein tanpa lemak daripada karbohidrat sederhana seperti roti putih dan pasta dari gandum olahan.

  • Mengganti lemak jenuh dan lemak trans dengan lemak tak jenuh ganda. 

3. Serba Alami

Makanan olahan bukanlah teman Anda. Saat Anda sedang terburu-buru, mudah untuk mengabaikan fakta bahwa makanan kemasan sering kali mengandung lemak trans, gula, dan garam. Semua hal ini dijamin dapat mendongkrak lemak perut Anda.

4. Perbanyak Otot

  • Lakukan latihan kekuatan (berolahraga dengan beban) dua kali seminggu.

  • Ditambah aktivitas fisik intensitas sedang, seperti berjalan kaki atau bersepeda, setidaknya 30 menit sehari (atau mungkin 60 menit per hari) selama 5 hari dalam seminggu.

  • Dan, ingat! Olahraga di tempat, seperti sit-up, dapat mengencangkan otot perut, tetapi tidak akan mengurangi lemak visceral.

5. Berdiri dan Bergerak

  • Beristirahatlah sejenak setiap jam dan gerakkan tubuh Anda.

  • Lakukan peregangan di meja Anda atau berjalan-jalan di sekitar kantor.

  • Lewati lift dan naik tangga.

  • Saat Anda tiba di rumah, matikan TV dan lakukan sesuatu yang lebih aktif.

6. Jangan Hemat Tidur

Kurang tidur dapat menyebabkan kenaikan berat badan, diabetes, dan masalah kesehatan lainnya. 4 atau 5 jam semalam saja tidak cukup. Usahakan untuk tidur antara 7-8 jam setiap hari.

7. Tetap Tenang

Hormon stres kortisol dapat mengesampingkan diet dan olahraga Anda. Saat kortisol melewati tubuh Anda, timbunan lemak berpindah ke area perut Anda. Olahraga dan meditasi bisa menjadi cara yang bagus untuk menurunkan stres Anda ke tingkat yang tidak berbahaya.

Jadi, dalam menjalani tahun yang baru ini, jangan hanya pikirkan pekerjaan yang menumpuk, destinasi liburan yang keren, jumlah uang yang keluar atau makanan yang enak. Rencanakan juga waktu untuk beristirahat, berolahraga, belanja buah dan sayuran, dan, beribadah.

Dalam hal menjaga kesehatan, tidak ada sihir. Tidak ada yang instan. Anda hanya perlu mengambil keputusan untuk membuat perubahan demi kesehatan Anda.

Continue
Gambaran Keluarga Bahagia

Keluarga menghadapi rasa sakit yang tak terhindarkan di dalam dunia yang berdosa ini. Bagaimana bisa bahagia jika semua keluarga terdiri dari orang-orang berdosa? Tentu saja ini bukanlah maksud awal dan akhir Tuhan.

Lemak Perut Tanda Bahaya

Kelebihan lemak perut merupakan hal yang tidak baik. Bukan saja mengganggu penampilan kita akan tetapi juga mengganggu akan kesehatan bagi tubuh kita.

Yesus dan Pelayanan-Nya di Perkotaan

Apakah Yesus selalu melayani di pedesaan? Bagaimana Ia menjangkau perkotaan? Apa metodenya masih relevan bagi kita sekrang ini? Semuanya dikupas dari firman Tuhan di dalam Alkitab.

Apa Jenis Beras Yang Paling Sehat?

Nasi adalah makanan pokok di banyak negara yang memberi kita sumber energi. Ada banyak varietas beras yang berbeda dalam warna, rasa, dan nilai gizi.

Tahun Baru 'Mindfulness' Baru

Pada dasarnya ketika tahun baru, kita akan memiliki banyak resolusi salah satunya Mindfulness. Pada artikel ini akan membahas bagaimana manfaat Mindfulness di tahun yang baru.

Perayaan Tahun Baru Yang Alkitabiah

Selain mengadakan ibadah buka tahun, biasanya kita merayakan perayaan tahun baru. Pada artikel ini, kita akan membahas bagaimana perayaan tahun secara Alkitabiah.

Hadiah Natal: Asal-Usul, Penerima dan Cara Memberi

Ketika Hari Natal tiba, seringkali kita bertanya, pemberian hadiah natal, penerima dan cara memberinya itu seperti apa. Berikut ini kami bagikan artikel mengenai Hadiah Natal.

Iri hati berbahaya? Berikut ini tips agar anda bisa menghindari iri hati

Semua kita pasti pernah merasakan iri hati. Tapi tidak tahukah anda bahwa iri hati sangatlah berbahaya. Berikut ini kami bagikan tips menghindari iri hati.

Bahasa roh seperti apa? Penjelasan Alkitabiah Bahasa Roh

Bahasa Roh menjadi perbincangan di kalangan Kristen. Pro dan Kontra terjadi dalam hal ini. Tapi Alkitab dengan jelas menerangkan seperti berikut ini.

Terburu-buru adalah sifat yang bertentangan dengan Tuhan

Apa benar terburu-buru adalah hal yang tidak disukai oleh Tuhan? Ya benar. Karena terburu-buru melangkahi Tuhan. Tuhan memiliki rencana baik untuk kita. Jadi dengarkan pimpinan Tuhan dengan bersabar