Article

Gereja Advent Taman Harapan Lakukan Aksi Sosial Ditengah Pandemi Covid-19, Masyarakat Menyambut Gembira

JAKARTA.HCI ||  Di Tengah Pandemi  covid-19 yang meresahkan masyarakat, dan banyak menyebabkan penurunan ekonomi, Gereja Masehi Advent Hari ke Tujuh Jemaat Taman Harapan, Cawang, Kramat Jati Kota Jakarta melakukan aksi sosial dengan pembagian Sembako dan makanan untuk masyarakat di sekitar gereja dan juga anggota gereja yang terdampak. (20/05/2020)

 

Saat dihubungi media melalui sambungan telepon, Simon Runtu, Pemimpin Humas/ Kebebasan Beragama Gereja Advent Taman Harapan, menyatakan bahwa  setelah pandemi covid-19  ini terjadi,  rencana kerja gereja akhirnya terjadi  perubahan,  sehingga beberapa departemen gereja dialihkan untuk melakukan kegiatan bantuan kepada masyarakat  dan anggota gereja yang terdampak.

 “Jadi karena covid ini, bagaikan segala hal yang berhubungan dengan rencana kerja gereja otomatis berubah, jadi anggaran-anggaran gereja yang  tadinya sudah disusun untuk satu tahun,  akhirnya diadakan perubahan, nah perubahan itu kebanyakan di beberapa  departemen dialihkan untuk kegiatan  bantuan pada masyarakat dan anggota gereja yang terdampak” Ungkap Simon Runtu.

 

Ia melanjutkan bahwa  Gereja Advent Taman Harapan melakukan kegiatan sosial di RW 04 dan beberapa RT, dimana pihak gereja meminta kepada  setiap RT untuk mendata  masyarakat yang  terdampak covid-19  dan yang belum mendapatkan bantuan dari pemerintah

“Jadi kita di lingkungan gereja itu, di tempat itu, RW 04 Kelurahan Cililitan itu ada 6 RT  nah setia RT kita tanya siapa yang terdampak  khususnya yang  belum mendapat bantuan dari pemerintah”. Lanjutnya

 

Setelah didata,  didapat sekitar 92 orang yang akhirnya mendapatkan bantuan sembako dari pihak gereja Advent Taman Harapan,  dan dilanjutkan dengan penambahan sekitar 30  kepala keluarga. 

“ dapatkah sekitar 92 orang  dan 92 orang itu kita bagilah, mereka sembako   dan itu sudah dilakukan minggu lalu,  kemudian datang lagi surat dari PKK  setempat untuk  meminta tambahan sembako sekitar  30 lagi” Ungkap Simon Runtu.

 

terkait antisipasi masyarakat, ia menjelaskan bahwa   masyarakat sangat menyambut baik kehadiran gereja di tengah pandemi ini, apalagi masyarakat yang benar-benar terdampak. 

“Ohh mereka sangat senang  karena apalagi masyarakat yang memang terdampak” tegasnya.

 

 dengan bantuan ini, pihak gereja berharap  bahwa  kedepannya akan terus terjalin hubungan yang semakin erat dengan lingkungan  dimana gereja berada, dan akan selalu ada  pengakuan yang baik terhadap gereja. 

“harapan kami, bahwa karena kita kan berada  di lingkungan RW 04  dan menjadi bagian dari warga  di RW 04 jadi harapan kami kedepannya itu terjalin hubungan yang semakin erat  dengan lingkungan  dan keberadaan kita itu  memang eksisetensi kita diakui oleh  mereka” Tutupnya

 

Untuk diketahui bahwa sekitar 100 paket nasi untuk berbuka puasa dibagikan, dan sekitar 92 paket  sembako dibagikan  kepada masyarakat. dan akan dilanjutkan dengan pembagian  paket sembako di beberapa hari kedepan. 

Kembali ke daftar